Home » Kesehatan Kardiovaskuler » Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

by Cah Solo
0 comment
Kadar gula darah normal pada ibu hamil

Kadar gula darah normal pada ibu hamil – Penyakit diabetes yang biasanya sering dikeluhkan orang tua nyatanya juga berpotensi besar diderita oleh seorang ibu hamil. Uniknya, biasanya kasus diabetes ini tidak pernah terdeteksi sebelum masa kehamilan bahkan para ibu hamil biasanya tidak memiliki riwayat penyakit yang serupa.

Biasanya saat masa kehamilan berlangsung, kadar gula pada ibu hamil akan melonjak drastis. Dalam dunia kesehatan, gangguan kesehatan dimana kadar gula darah melambung tinggi dikenal dengan istilah diabetes dan tidak sekedar membahayakan ibu melainkan juga janin yang sedang dikandung.

Cegah Diabetes Gestasional dengan Mengetahui Kadar Gula Darah Normal Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil kadar gula darah tinggi disebut dengan diabetes gestasional yang diakibatkan oleh hormon pada saat masa kehamilan. Hormon yang dihasilkan plasenta disebut sebagai salah satu hormon yang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi ini. Dimana hormon tersebut akan menghambat kinerja insulin di dalam tubuh.

BACA JUGA :  Akibat Gula Darah Tinggi Dan Pencegahannya yang Perlu Anda Tahu

Beberapa hormon plasenta ini ialah seperti hormon estrogen, kortisol, laktogen plasental human, prolactin dan hormon progesteron. Selain gangguan hormon tersebut, faktor penyebab diabetes pada bumil lain ialah karena produksi insulin saat masa kehamilan tidak mencukupi kebutuhan ibu dan janinnya.