Didi Kempot Sang Godfather of Broken Heart

“AMBYAR tresnaku kesasar, salah nggonku milih pacar…” lantunan nada ini merupakan cuplikan lirik lagu ‘Ambyar’ karya Didi Kempot. Jika membaca kalimat tersebut sambil menyanyi, maka Kamu pasti bagian dari Sobat Ambyar.

Nah, buat Kamu yang masih penasaran bagaimana perjalanan hidup dan karir beliau, hingga bisa menjadi seseorang seperti saat ini yang begitu digandrungi anak-anak muda, mari simak uraian berikut:

Latar Belakang Pakdhe Didi

Sobat Ambyar sendiri merupakan julukan dari penggemarnya Pakdhe Didi. Belakangan ini, karyanya begitu diminati semua kalangan, mulai dari tua, muda bahkan anak-anak. Jadi, sudah pasti tahu siapa itu sosok Didi Kempot.

BACA JUGA :  Perjalanan Perjuangan Slamet Riyadi di Kota Solo dalam Kemerdekaan NKRI

Kerap disapa oleh penggemarnya sebagai Pakdhe Didi atau Lord Didi ini, ternyata memiliki nama asli Dionisius prasetyo. Didi Kempot sendiri merupakan nama panggung yang berasal dari singkatan Kelompok pengamen Trotoar.

Pelantun lagu-lagu berbahasa Jawa ini memang berasal dari kota yang terkenal akan kebudayaan dan keseniannya, yakni Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Kota Solo. Beliau lahir pada 31 Desember 1966 (usia 53 tahun).

Kehidupan Pribadi Lord Didi

Ayah seorang Didi Kempot adalah Ranto Edi Gudel yang merupakan seorang seniman juga, yakni pelawak di zamannya. Sapaan akrabnya lebih dikenal sebagai Mbah Ranto. Sosok ibunya ini bernama Umiyati Siti Nurjanah.