Umbul Pluneng Tirtomulyani Pemandian di Klaten yang Menyegarkan

Umbul Pluneng Tirtomulyani merupakan wisata air yang saat ini tengah populer di masyarakat Klaten. Mata air ini sudah ada sejak zaman dulu, bahkan dari zaman Pangeran Diponegoro pun umbul ini sudah ada.

Karena umbul ini berasal dari mata air langsung maka airnya pun jauh lebih jernih dan menyegarkan. Apalagi dengan adanya kolam khusus Wanita dan pria yang menambah keunikan dari umbul ini, untuk lebih lanjut simak informasi berikut.

Wisata
Umbul Pluneng Tirtomulyani
Alamat Karanglor, Karang, Pluneng, Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57486
Kabupaten Klaten
Provinsi Jawa Tengah
Maps KLIK DISINI

Umbul Pluneng Tirtomulyani

Keistimewaan Umbul Pluneng Tirtomulyani

Pada Umbul ini memiliki keistimewaan bagi pengunjung, yaitu kualitas airnya. Menurut warga sekitar kata “Pluneng” memiliki arti “Plung” atau nyemplung yaitu masuk ke air sedangkan “Neng” yaitu senang.

BACA JUGA :  Bukit Pertapan Klaten, Dulu Untuk Bertapa Sekarang Jadi Wisata

Dan “Umbul” sendiri memiliki arti sumber mata air, jadi maksudnya adalah dengan berendam di kolam pemandian ini akan membuat senang.

Mengapa demikian? Karena di Umbul Pluneng memiliki air yang jernih dan segar makanya banyak pengunjung merasa senang setelah berendam.

Kualitas air disini sangatlah bagus sampai air yang ada di umbul ini dapat langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Itu karena kandungan TDS 100 serta PH airnya bernilai 7 sehingga termasuk kategori air sehat.