Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Resepsionis Hotel

Resepsionis hotel adalah orang pertama yang ditemui oleh tamu saat mereka tiba di hotel. Mereka bertindak sebagai duta hotel dan bertanggung jawab atas pelayanan yang memuaskan semua tamu. Tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis hotel sangat luas dan beragam. Dalam artikel ini, kami akan membahas tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis hotel dalam lebih detail.

I. Penerimaan Tamu dan Check-In

Tugas utama seorang resepsionis hotel adalah melayani tamu yang datang ke hotel. Resepsionis harus memberikan informasi yang akurat dan jelas tentang kamar yang tersedia, tarif kamar, fasilitas hotel, dan aturan hotel. Selain itu, resepsionis juga bertanggung jawab untuk mendaftarkan tamu dan memberikan kunci kamar. Resepsionis harus meminta kartu identitas tamu untuk memastikan identitasnya dan memenuhi persyaratan hukum.

II. Check-Out

Setelah tamu selesai menginap, resepsionis bertugas untuk memeriksa kembali kamar tamu dan mengumpulkan kunci. Selanjutnya, resepsionis mengeluarkan tagihan akhir kepada tamu dan meminta pembayaran. Resepsionis harus memastikan bahwa pembayaran dilakukan dengan benar dan menyerahkan tanda terima yang jelas kepada tamu.

BACA JUGA :  7 Hotel Terbaik Hemat Biaya di Indonesia untuk Liburan

III. Reservasi

Resepsionis harus siap menerima panggilan dari tamu yang ingin melakukan reservasi. Resepsionis harus menjawab panggilan dengan sopan, memberikan informasi tentang ketersediaan kamar dan tarif kamar, serta membantu tamu untuk memesan kamar. Ketika tamu selesai memesan kamar, resepsionis harus memberikan nomor reservasi kepada tamu dan menjadwalkan ulang jika perlu.

IV. Respon Panggilan Telepon

Resepsionis juga bertanggung jawab untuk membantu tamu dengan panggilan telepon masuk dan keluar. Resepsionis harus menjawab panggilan dengan mengucapkan salam dan nama hotel. Selain itu, resepsionis harus memastikan bahwa panggilan tersebut diarahkan ke departemen yang tepat atau mengambil pesan untuk tamu yang tidak tersedia.

V. Membuat dan Menjaga Arus Kas

Resepsionis juga bertanggung jawab untuk membuat dan menjaga arus kas di hotel. Mereka harus mengumpulkan pembayaran kamar dan biaya tambahan lainnya dari tamu dan mengecek apakah pembayaran dilakukan dengan benar. Selain itu, resepsionis harus memastikan bahwa uang yang diterima disimpan dengan aman dan rekening hotel disesuaikan.

BACA JUGA :  Hotel Terbaik di Solo dengan Harga Terjangkau

VI. Melayani tamu dengan berbagai kebutuhan

Tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis hotel tidak hanya mencakup hal-hal teknis seperti check-in dan check-out. Mereka juga harus mengecek kebutuhan tamu dan siap membantu. Jika tamu memiliki permintaan khusus seperti pesanan makanan atau permintaan spa, resepsionis harus mengkoordinasikan permintaan tersebut dengan departemen yang tepat.

VII. Menjaga keamanan hotel

Resepsionis juga berkewajiban untuk menjaga keamanan hotel. Mereka harus memverifikasi identitas tamu yang masuk dan keluar hotel serta memastikan bahwa tamu hanya mengakses area yang dibenarkan. Jika ada tamu yang misalnya tidak memiliki akses ke kamar atau fasilitas lainnya di hotel, resepsionis harus memastikan tamu tersebut ditangani dengan benar.

VIII. Melakukan Pelaporan

Resepsionis hotel biasanya bertanggung jawab untuk melakukan pelaporan. Mereka harus membuat laporan kinerja, arus kas, dan perbaikan dan pemeliharaan. Resepsionis harus memastikan semua data terkumpul dan diolah dengan benar.

BACA JUGA :  10 Hotel dengan Pemandangan Terbaik di Bali

IX. Memastikan Standar Pelayanan Hotel Terpenuhi

Resepsionis harus memastikan bahwa semua standar pelayanan hotel terpenuhi ketika melayani tamu. Mereka harus memastikan bahwa tamu dilayani dengan sopan, ramah, membantu, dan profesional. Selain itu, resepsionis harus memenuhi semua permintaan tamu dengan cara yang memenuhi standar pelayanan hotel.

Dalam kesimpulannya, tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis hotel sangatlah penting dalam menjaga kepuasan tamu dan kemajuan hotel. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas teknis seperti pengecekan tamu dan pengelolaan kas serta melayani tamu yang membutuhkan bantuan.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan hotel dan memastikan semua standar pelayanan terpenuhi. Sebagai resepsionis hotel yang baik, diperlukan rasa tanggung jawab yang besar dalam semua tindakan yang dilakukan, kompetensi dan keahlian dalam melayani tamu, serta kemampuan untuk bekerja sama dengan staf hotel dan departemen lain.

BACA JUGA: situs cari hotel terbaik