Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Duty Manager Hotel

Seorang Duty Manager Hotel adalah seseorang yang bertanggung jawab atas operasional sehari-hari dari sebuah hotel. Tugas dan tanggung jawabnya meliputi pengawasan dan koordinasi departemen-departemen dalam hotel, termasuk front office, housekeeping, engineering, dan food and beverage.

Tugas lainnya meliputi memastikan kepuasan tamu, mengelola biaya operasional, dan mengantisipasi kebutuhan dan perubahan dalam industri perhotelan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Duty Manager Hotel.

1. Mengawasi dan mengkoordinasi departemen-departemen dalam hotel

Salah satu tugas utama seorang Duty Manager Hotel adalah mengawasi dan mengkoordinasi departemen-departemen dalam hotel. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua departemen bekerja secara harmonis dan dalam koordinasi yang baik.

Duty Manager bertanggung jawab atas pengawasan kinerja departemen-departemen tersebut, termasuk melakukan inspeksi terhadap kebersihan, keamanan, dan kerapian seluruh area hotel. Menjaga kualitas dan standar layanan hotel juga menjadi tanggung jawab utama seorang Duty Manager.

BACA JUGA :  Perbedaan Antara Hotel Bintang Rendah dan Hotel Murah

2. Menjaga kepuasan tamu

Tugas lainnya yang penting dari seorang Duty Manager Hotel adalah menjaga kepuasan tamu. Dalam posisi ini, seorang Duty Manager bertanggung jawab atas seluruh pengalaman tamu selama mereka menginap di hotel.

Hal ini termasuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan dan permintaan tamu dipenuhi dengan cepat dan efisien, serta mengambil tindakan jika ada keluhan atau ketidakpuasan tamu. Untuk memastikan kepuasan tamu, Duty Manager bisa menerapkan program pelatihan dan pengembangan karyawan dalam hal pelayanan tamu, serta melakukan evaluasi pada kinerja karyawan.

3. Mengelola biaya operasional

Sebuah hotel adalah bisnis yang harus membuat keuntungan. Seorang Duty Manager bertanggung jawab untuk mengelola biaya operasional hotel dan memaksimalkan laba perusahaan. Hal ini dilakukan dengan memantau anggaran harian untuk memastikan penggunaan sumber daya yang tepat dan efektif.

BACA JUGA :  Peranan Organisasi Hotel Indonesia dalam Mengembangkan Pariwisata Nasional

Seorang Duty Manager juga harus memahami berbagai macam alat pembukuan, termasuk laporan profit and loss, laporan kas, dan laporan persediaan. Dalam mengelola biaya operasional, seorang Duty Manager juga harus memastikan kesesuaian harga kamar dengan tingkat permintaan tamu, sehingga hotel bisa selalu menghasilkan profit yang optimal.

4. Mengantisipasi kebutuhan dan perubahan dalam industri perhotelan

Tugas terakhir dari seorang Duty Manager adalah mengantisipasi kebutuhan dan perubahan dalam industri perhotelan. Seperti bisnis lainnya, industri perhotelan terus berubah dan berkembang, dan seorang Duty Manager harus selalu up-to-date dengan tren dan perubahan tersebut.

Dalam mengantisipasi perubahan, seorang Duty Manager harus memahami pasar persaingan, dan memperkirakan kebutuhan tamu di masa depan. Dalam hal ini, Duty Manager harus dapat mengambil keputusan yang tepat terhadap program-program hotel yang akan diterapkan, seperti renovasi atau upgrade, untuk mengikuti tren pasar.

BACA JUGA :  Mengetahui Lebih Jauh Tentang Departemen-Dapartemen di Hotel

Kesimpulan

Dalam rangka menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seorang Duty Manager Hotel terbaik harus memiliki keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang baik, serta kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat. S

eorang Duty Manager harus mampu menjaga hubungan baik dengan karyawan, tamu, dan juga pemilik hotel. Selain itu, seorang Duty Manager harus selalu siap menghadapi tantangan dan perubahan dalam industri perhotelan, untuk menghasilkan profit dan kepuasan yang optimal.