Waduk Kedung Ombo: Surganya Wisata Boyolali

Tahu gak sih, selain Kota Solo, ternyata Jawa Tengah memiliki destinasi liburan yang wajib dikunjungi, apalagi kalau bukan Waduk Kedung Ombo. Tempat ini cukup terkenal di kalangan wisatawan sebagai surganya wisata kuliner ikan tawar lho..!!

Cikal Bakal dan Sejarah Waduk Kedung Ombo

Waduk buatan yang terletak di desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan Tengah ini menjadi perebutan, karena lokasinya terletak di perbatasan tiga daerah yaitu antara Purwodadi, Sragen dan Boyolali.

  • Awal Mula

Berbicara mengenai sejarah cikal bakal sebelum menjadi objek wisata, Waduk ini dahulu diproyeksikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkekuatan 22,5 Megawatt. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk keperluan irigasi sawah di sekitar yang luasnya mencapai 70 hektar.

BACA JUGA :  Bukit Sekipan, Tempat Rekreasi Seru Nan Sejuk

Waduk Kedung Ombo mulai dibuat pada 1985 sesuai rencana pemerintahan orde baru yang bertujuan untuk “memodernisasi” pembangunan ekonomi dan selesai tahun 1989. Sedangkan biaya proyek ini berasal dari pihak asing dengan sedikit suntikan dana APBN Indonesia.

  • Total Biaya

Berbicara mengenai total biaya yang dihabiskan untuk membangun proyek Waduk ini, total sebesar USD 181,2 juta dengan rincian 156 pendaan berasal dari Bank Dunia serta 25,2 merupakan sumbangan Bank Exim Jepang dan APBN Indonesia.