Mengenal Waduk Cengklik sebagai Primadona Senja di Boyolali

Destinasi wisata di Boyolali memang sedikit underated dan jarang banget disorot Guys, salah satunya yaitu Waduk Cengklik. Nah, maka dari itu Kamu perlu mengenal Waduk Cengklik lebih dekat, biar semakin tau pesona-pesona wisata Indonesia dari berbagai penjuru Nusantara.

Sejarah Waduk Cengklik Boyolali

Sebenarnya, waduk yang berlokasi di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini dulunya dibangun oleh para kolonial Belanda sebagai saluran irigasi sawah-sawah sekitar dan juga lahan-lahan milik Kerajaan Mangkunegaran.

Tapi kemudian, lama kelamaan waduk ini memegang fungsi ganda yaitu sebagai tempat destinasi wisata warga Jawa Tengah, khususnya daerah Boyolali dan sekitarnya. Terlebih untuk menikmati panorama langit sore yang sangat cantik. Bahkan, tidak sedikit pengunjung dari Kota Solo.

Lokasi Waduk Cengklik Boyolali

Bagi Kamu yang berdomisili di Boyolali pasti sudah nggak asing kan sama tempat ini? Yups, bener! Lokasi Waduk Cengklik berada di Dukuh Cengklik ini, lokasinya mudah dijangkau dan dekat dengan keramaian. Tidak heran jika setiap harinya ramai pengunjung terutama para muda-mudi.

Jika Kamu sebagai backpaker atau pengunjung baru baru tempat indah ini, maka harus tahu rute menuju tempat tersebut. Untuk lokasinya sendiri, sekitar  500 sampai dengan 1,5 KM dari Bandara Adi Sucipto. Jika menggunakan mobil, pengunjung bisa datang sembari menikmati keindahan alam di pinggir tol.

Suatu hal unik yang perlu Kamu tahu yaitu, Waduk Cengklik ini terletak di antara dua Desa yaitu Sobokerto dan Ngargorejo. Lokasi sekitar bendungan pun cukup ramai dan mudah dikenali, jadi para pengunjung bisa mengetahui tempat tersebut dengan gampang.

Pesona Waduk Cengklik Boyololali

Pesona Waduk Cengklik Boyololali

Apa sajakah yang membuat Kamu harus berwisata atau sekedar mampir ke Waduk Cengklik Boyolali ini? Nah, tentu saja akan ada banyak keuntungan yang di dapat ketika berada di tempat wisata eksotis Jawa tersebut, salah satunya adalah:

1. Bisa Melihat Sunrise dan Sunset dengan Jelas

Waduk Cangklik Boyolali merupakan spot foto metahari terbit andalan bagi para fotografer. Alasannya, latar belakang panorama keindahan alam akan memanjakanmu dengan pemandangan sunrise dan sunset yang bikin makin ciamik nan keren. Namun, gunakanlah kamera dengan resolusi tinggi.

Kalau Kamu datang waktu pagi, yaitu sebelum pukul 04.00 pasti akan dapat pemandangan sunrise luar biasa tersebut, matahari terbit berlatar belakang danau besar, pepohonan rindang serta langit fajar yang cukup memukau.

Nah, kalau Kamu ingin dapat spot foto matahari terbit dari arah barat, maka akan disuguhkan dengan indahnya panorama Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Sedangkan kalau huntingnya di wilayah timur, pasti akan bertemu dengan megahnya pemandangan Gunung Lawu.

2. Suasana Alam yang Sejuk

Suasana yang disediakan Waduk Cengklik Boyolali ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin liburan selama beberapa hari, terlebih setelah kerja non stop, karena di sini menghadirkan suasana alam yang teduh nan sejuk dan bisa melepas penat atas pekerjaanmu selama weekdays.

Udara di sekiataran Waduk Cengklik pun masih sangat sejuk dan terjaga, Kamu bisa merasakan sejuknya nuansa pagi tanpa polusi dan pencemaran udara lainnya. Selain itu, suara air di pinggiran danau juga menambah kesejukan yang tiada tara.

3. Diperbolehkan untuk Memancing

Ikan air tawar di Waduk Cengklik ini cukup banyak jenisnya, Kamu bisa memancing di tepian untuk mengusir rasa bosan. Selain itu, lingkungan yang masih asri dan terjaga membuat air danau tetap segar dan juga bebas dari polusi.

Kamu juga bisa memancing di danau ini, karena Pemerintah tidak akan melarang aktivitas pemancingan, selama masih menggunakan alat-alat yang aman dan nggak ngerusak lingkungan seperti bom ikan dan pukat harimau.

Sebagai warga yang baik, Kamu harus bisa menjaga ekosistem danaunya, agar generasi masa depan nanti tetap bisa menikmati keasrian Waduk Cengklik yang masih alami dan terjaga.

4. Foto untuk Prewedding

Karena punya panorama alam yang bagus, tempat Waduk Cengklik ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding bagi pasangan-pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Bagi Kamu yang jomblo, gak tertarik nih?

Latar belakang danau dilengkapi pemandangan gunung serta pohon-pohon pinggiran hutan, bisa menambah suasana alami pada sesi pemotretan di sana. Selain itu, udara sekitar Waduk Cengklik juga dirasa cukup segar sehingga bisa membuat nyaman ketika sesi foto berlangsung.

Kamu juga bisa melakukan prewedding di sini secara gratis alias tidak berbayar sama sekali. Namun, Kamu harus hati-hati serta jaga-jaga dengan segala resiko alami bisa seperti mendung, hujan dan kendala cuaca lainnya.

5. Penelitian Ekosistem Danau

Bagi Kamu para pelajar ataupun mahasiswa sekitaran Boyolali dan Kota Solo, bisa membuat penelitian tentang alam dan ekosistem Danau Cengklik. Selain akan menyumbang prestasi di garis pendidikanmu, hal ini juga akan memberikan manfaat pada alam dan lingkungan di sekitar.

Kamu pasti diperbolehkan melakukan penelitian di sini selama itu tidak mengganggu kelangsungan hidup ekosistem sekitaran Danau Cengklik. Akan tetapi, jangan lupa untuk meminta izin kepada pihak pengelola setempat.

6. Banyak Spot Instagramable

Apakah Kamu yang lagi nyari bahan postingan atau sedang rapihin feeds? Pas banget! Waduk Cengklik ini punya cukup banyak spot paling ciamik nan edgy untuk diupload di media sosial. Lokasi foto yang paling diminati oleh generasi millenial adalah menghadap Timur tepat di depan danau.

Selain itu, karena berada di alam terbuka maka lighting pada lokasi ini sangat bagus. Jadi, tidak perlu repot-repot mengatur cahaya dan exposure di handphone ataupun DSLR Kamu. Cukup mengambil foto dan voila! hasil jepretan bagus sudah di tangan.

Lihat juga : pesona indahnya Umbul Pengging

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik

Tarif masuk untuk bisa menikmati panorama Waduk Cengklik nan eksotis ini sudah nggak perlu dipikirkan lagi Guys. Pasalnya, harga tiketnya cukup murah untuk tiap orangnya yaitu hanya Rp.2.000,- saja per masuk tanpa batasan usia baik anak-anak maupun dewasa.

Sedangkan kalau Kamu membawa kendaraan pribadi maka harus membayar sebesar Rp. 2000,- untuk motor dan Rp.5.000,- jika yang dibawa adalah kendaraan roda empat seperti mobil, minibus ataupun bus pariwisata.

Harga tiket tersebut nantinya akan dijadikan sebagai dana pengembangan dan perawatan Waduk Cengklik, agar kebersihan serta kelangsungannya bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Jam Operasional Waduk Cengklik

Waduk Cengklik akan terus buka selama 24 jam setiap harinya tanpa libur. Jadi, buat Kamu yang kurang memiliki waktu luang di akhir pekan bisa menyempatkan diri buat mampir untuk menenangkan pikiran sebentar di sini.

Meskipun pada umumnya selalu buka setiap hari, terkadang ada perbaikan besar yang membuat Waduk Cengklik harus ditutup sementara. Ini dilakukan demi keselamatan kerja para pegawai dan juga masyarakat atau pengunjung sekitar. Namun jangan khawatir, hal tersebut sangat jarang terjadi.

Jadi, itulah penjelasan ringan tentang pesona untuk mengenal Waduk Cengklik. Dengan begitu, membuatmu semakin tahu betapa destinasi wisata lokal yang murah meriah juga memiliki berbagai ragam daya tarik mengagumkan. Kamu harus mencoba sensasi sunrise dan sunset di sana, terlebih untuk warga Kota Solo.

Bagikan di :