Wisata Air Paling Keren di Umbul Ponggok Klaten

Berbicara mengenai wisata di Kota Solo, pastinya cukup banyak. Mulai dari sejarah, budaya serta religi. Namun, perlu Kamu ketahui juga bahwa masih terdapat beberapa destinasi alam menarik lain yang berada di luar daerah ini. Salah satunya ialah mata air di Umbul Ponggok Klaten. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Liburan Wisata Air Terkeren Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok

Saat ini, pariwisata di Klaten sangatlah berkembang dengan pesat. Apalagi kota kecil di dekat Solo ini sedang banyak diperbincangkan mengenai kawasannya. Alasannya, terdapat keindahan di sumber mata air yang dijadikan objek wisata dengan menampilkan pesona alam dan keindahannya tersendiri.

Bukan hanya memiliki satu mata air saja, di Klaten juga terdapat beberapa Umbul yang tersebar di segala penjuru kota tersebut. Salah satu dan yang ternama ialah Umbul Ponggok Klaten dengan pesona tidak ada habisnya. Objek wisata ini konon sudah lama ada, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda.

Penasaran dengan Umbul Ponggok Klaten?

Umbul Ponggok Klaten merupakan destinasi unik serta berbeda dari daerah lain. Dahulu sebenarnya, tempat ini merupakan sebuah sumber mata air berupa kolam. Namun karena keindahan, pengembangan dan pengelolaan yang baik, wisata satu ini menjadi kian populer di berbagai daerah Jawa Tengah.

Tempat ini bukan lagi hanya sebuah kolam renang biasa, di sini Kamu dapat berenang dan berfoto ria bersama berbagai jenis ikan kecil air tawar yang memang sengaja dikembangbiakkan pengelola untuk menarik para wisatawan. Sehingga, ketika berada di dalam wisata air ini, suasana serasa di bawah laut.

Dan konon, Umbul Ponggok Klaten adalah salah satu tempat snorkeling dengan pemandangan terindah yang patut disandingkan dengan wisata laut Bunaken. Sebab, air yang jernih membuat hasil foto dalam air cukup bagus. Tidak heran jika ini menjadi alasan utama wisatawan berkunjung ke sana.

Lokasi dan Jam Buka Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Alamat lokasi wisata Umbul Ponggok Klaten terletak di Jalan Delanggu Polanharjo, Ponggok, Kec. Polan Harjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Dan untuk menuju ke tempat ini Kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada bus yang akan mengantar ke tempat ini.

Tempat Wisata Umbul Ponggok Klaten ini sendiri akan buka pada jam digital pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB untuk hari biasa. Serta jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB di hari weekend.

Bagi Kamu yang hendak melakukan snorkeling dan mengambil foto dalam air, disarankan untuk berkunjung pada hari biasa. Agar tidak mendapat begitu banyak gangguan dari para pengunjung yang membeludak pada hari weekend.

Dan untuk mendapatkan momen yang baik saat melakukan foto dalam air, Kamu juga bisa membawa lighting sendiri. Atau berkunjung pada waktu-waktu khusus dengan porsi cahaya pas, yaitu kisaran pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB pagi. Serta di jam 15.00 WIB – 17.00 WIB sore.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Sewa

Tiket masuk ke Umbul Ponggok Klaten ini dibandrol dengan harga yang anti menguras kantongmu, yaitu hanya 15.000 rupiah saja per orang. Untuk di hari biasa maupun weekend biaya masuknya sama saja.

Ketika berkunjung ke sini, sebaiknya membawa peralatan snorkeling sendiri. Namun jika tidak bawa, Kamu bisa menyewanya di sekitaran wisata. Untuk tarif sewa alat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten ialah seperti berikut:

Masker Snorkeling 13.000 rupiah, Pelampung 7.000 rupiah, Kaki Katak 7.000 rupiah dan ban untuk berenang 5.000 rupiah saja.

Harga Sewa Kamera Underwater

Di tempat ini pun juga terdapat sewa peralatan penunjang untuk pengambilan foto selama di dalam air beserta properti seperti motor, sepeda, tenda dan lain sebagainya. Sebab perlu Kamu ketahui bahwa benda-benda tersebut tidaklah permanen di dasar kolam.

Untuk harga sewa kamera underwater ialah 60.000 rupiah per setengah jamnya dan 100.000 rupiah per satu jam. Namun, bila datang bersama teman atau keluarga, Kamu bisa lebih menghemat dengan menyewa foto underwater bergrub untuk 7 orang seharga 100.000 rupiah per satu jam.

Harga penyewaan properti di wisata Umbul Ponggok Klaten di antaranya ialah:

  1. 000 rupiah untuk jet sky atau ayunan double.
  2. 000 rupiah untuk becak, ayunan, set love, tenda, montor atau set kursi.
  3. 000 rupiah untuk TV, Laptop atau set taman.
  4. 000 rupiah untuk sepeda.

Tarif Fasilitas Lainnya

Jika menginginkan foto keren, namun tidak punya dasar fotografi, di Umbul Ponggok Klaten sendiri Kamu dapat memilih paket jasa foto, baik untuk pribadi maupun digunakan prewedding. Dan tentunya sudah lengkap dengan fasilitas berupa pemandu, fotografer, beserta kru yang akan membantumu.

Ada pula beberapa paket lainnya seperti, Paket Diving Umbul Ponggol 250.000 rupiah (fasilitas sudah termasuk dokumentasi, perlengkapan snorkeling serta bimbingan sebelum menyelam).

Paket Power Dive terbagi menjadi 2 paket harga yaitu 150.000 rupiah (fasilitas termasuk dokumentasi berupa foto) dan 200.000 rupiah (untuk fasilitas dokumentasi foto dan video).

Selain itu, masih ada juga paket prewedding buat Kamu yang hendak menikah. Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan masalah harga. Karena terdapat beberapa jenis paket yang dapat dipilih sesuai dengan budget serta kebutuhan, yaitu sewa tempat prewedding saja 300.000 rupiah dan paket prewedding standar 2.000.000 rupiah.

Dengan waktu pemotretan dilakukan selama sehari. Didampingi oleh 3 crew fotografer profesional serta sudah termasuk biaya sewa tempat, kamera, dokumentasi sangat pengambilan foto. Selain itu, terdapat juga paket prewedding full dengan biaya 3.000.000 rupiah.

Untuk paket full, waktu pengambilan foto dilakukan selama sehari. Didampingi oleh 3 crew fotografer profesional, seorang make artis handal serta sudah termasuk biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi yang disimpan dalam CD maupun dicetak dan kostum pengantin dengan ukuran umum.

Lengkap bukan? Jadi ketika ke sini tidak perlu lagi khawatir, sebab penyewaan fasilitasnya sangat lengkap dan menunjang untuk mengambil foto. Selain itu, sudah disediakan pula seorang pemandu yang akan mengajarkan snorkeling, meskipun Kamu tidak bisa berenang.

Lihat juga : daftar kolam renang di Solo

Rute dari Arah Kota Solo ke Wisata Umbul Ponggok Klaten

Jarak antara Kota Solo dengan Umbul Ponggok Klaten ini tidak begitu jauh. Dengan menempuh sejauh 25 kilometer atau perkiraan sampai sekitar 39 menit dari pusat Kota Solo, Kamu sudah bisa sampai ke destinasi wisata ciamik ini.

Untuk rutenya sendiri bila berasal dari Kota Solo, Kamu perlu melewati jalan tol Solo-Semarang dan keluar lewat pintu tol Boyolali ke Selatan. Hingga memasuki Jalan Raya Solo Boyolali. Kemudian putar ke arah kiri Jalan Randusari Klaten sampai Lapangan Kopen.

Lanjut langsung berbelok kiri menuju Jalan Kopen Janti dan berganti arah kanan ke Jalan Tegalgondo Janti hingga Cokro Tulung. Lanjut putar arah kanan sampai lapangan Karanglo dan terakhir menuju arah jalan Delanggu Polanharjo sampai desa Ponggok.

Lokasi Umbul Ponggok Klaten berada di pinggir jalan Delanggu Polanharjo. Perjalanan dari rute ini tepat apabila Kamu mengendarai motor atau mobil pribadi. Sebab, biasanya jalanan akan sedikit macet pada pertigaan di desa Janti dan Cokro. Sehingga kurang cocok bila hendak menggunakan bis yang besar.

Lihat juga : wisata Pura Mangkunegaran

Nah, tertarik untuk datang ke sini? Jangan lupa mampir pula ke Umbul Ponggok Klaten bila berada di Kota Solo. Sebab jarak dan waktu tempuhnya tidak begitu lama. Serta Kamu akan menikmati pemandangan yang luar biasa ketika berkunjung ke wisata ini.


Bagikan di :