Segarkan Diri di Wisata Umbul Cokro Tulung

Bermain air memang menjadi salah satu kegiatan mengasyikkan kala hawa panas mendera. Sudah banyak kolam renang dibuka pada hampir seluruh kota di Indonesia. Sebagai contoh Umbul Cokro Tulung yang mengandalkan mata air jernih sebagai tempat wisata idaman. Tertarik? Jangan lupa mampir jika berkunjung ke Kota Solo.

Mengenal Umbul Cokro Tulung

Mengenal Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang berasal dari mata air alami. Sumbernya begitu jernih dengan warna biru kehijauan. Ditambah, keadaan sekitarnya masih rimbun oleh pepohonan. Untuk menaikkan minat masyarakat, pihak pengelola membangun waterboom.

Sebelumnya, tempat ini hanya merupakan padusan (pemandian) biasa menurut warga sekitar. Namun, sejak pemerintah ikut membangunnya di tahun 2008, pengunjungnya bertambah banyak. Tidak hanya dari Klaten saja, namun juga bagian lain Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Sejarah Singkat Umbul Cokro Tulung

Tahukah Kamu, dulunya nama mata air ini merupakan Umbul Ingas karena muncul di antara dua pohon yang memiliki nama sama dengan sumber tersebut. Ukurannya besar, rindang serta banyak ditemukan di sekitar pemandian tersebut.

Sebelum dibangun jadi cantik seperti sekarang, banyak sekali warga datang ke Umbul ini hanya untuk membasuh diri mereka. Ritual itu rutin dilakukan saat menjelang Ramadhan. Dengan harapan tubuh orang-orang bisa bersih kembali dari dosa-dosa dan keburukan.

Sekarang ini, warga mengenalnya sebagai Umbul Cokro Tulung, karena disesuaikan dengan letak dari sumber ini sendiri. Selain itu, mereka percaya bahwa airnya bisa membawa pertolongan bagi masyarakat. Bahkan, pihak Keraton Surakarta Hadiningrat juga mengambilnya sebagai konsumsi.

Letak Umbul Cokro Tulung

Pemandian ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Itulah kenapa sumbernya memiliki nama yang sama serta menjadi alasan bahwa mata air di sana telah memberi pertolongan bagi warga sekitar.

Letaknya juga tidak jauh dari Yogyakarta, hanya sekitar 44km atau satu jam perjalanan. Sementara, kalau Kamu tinggal di Kota Solo bisa lebih dekat lagi, jaraknya hanya 25km dengan waktu tempuh selama 30-40 menit saja bisa di tempuh dengan motor, mobil pribadi maupun sewa mobil.

Selama perjalanan ke sana, Kamu tidak hanya disuguhkan dengan kemacetan area kota. Namun, ada hamparan sawah membentang di kanan-kiri ketika hendak sampai ke tujuan. Sebab, letaknya sendiri memang di sekitar pegunungan.

Rute ke Umbul Cokro Tulung

Untuk rutenya sendiri, jika Kamu dari Yogyarkarta coba untuk mengambil arah Kota Solo. Mengarah ke timur perempatan Pakis. Lanjut lagi dengan mengikuti jalan saja hingga ke lokasi. Adapun jalur lain, yaitu lewat Delanggu-Polanharjo, lalu ambil arah Umbul Ingas.

Tidak usah bingung mau naik apa, karena segala kendaraan pribadi bisa diakses ke sana. Kecuali, kalau Kamu naik bis atau angkot. Mintalah untuk turun di perempatan Pakis, lalu pesanlah ojek untuk mengantar sampai ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Buka Umbul Cokro Tulung

Karena sudah dikelola, jadi untuk masuk ke sini pun dikenakan biaya. Tenang saja, tidak mahal kok, walaupun fasilitasnya benar-benar memukau. Tiketnya hanya sebesar Rp.11.500,- saja per orang kalau datang saat hari Minggu atau libur besar. Sementara Senin sampai Sabtu, cuma Rp.8.000,-

Adapun bagi kamu yang datang dari Kota Solo, Klaten dan sekitarnnya. Biasanya membawa kendaraan pribadi. Tarif parkirnya juga masih sama seperti wisata lain. Biaya retribusi untuk sepeda motor dipatok Rp.3.000,- sedangkan mobil ditarik Rp.5.000,-.

Wisata ini buka mulai pukul 08.00-18.00 setiap harinya. Sudahkah Kamu mencoba kesana saat pagi hari? Kalau belum, silahkan coba dan rasakan airnya yang dekat sumber benar-benar sejuk dan masih segar. Opsi lainnya ketika menjelang sore, karena cuaca tidak terlalu panas.

Wahana di Umbul Cokro Tulung

Beberapa wahana yang wajib Kamu coba di antaranya:

1. Kolam Arus Alami

Biasanya, kolam arus hanya ditemui pada waterboom modern yang begitu besar dengan fasilitas sangat lengkap. Untuk membuat gelombangnya pun diperlukan alat khusus, sehingga air bisa digerakkan layaknya ombak. Tapi di Umbul Cokro Tulung, lain lagi ceritanya.

Di sini, air mengalir langsung ke aliran yang sudah membentuk sungai irigasi alami. Tidak terlalu kencang dan masih terbilang aman untuk bermain. Karena berasal dari sumbernya sendiri, jadi benar-benar jernih. Bahkan, sampai bisa melihat bebatuan di dasarnya.

Bagi yang ingin bermain air tapi takut tenggelam, tenang saja. Pihak pengelola menyediakan penyewaan ban pelampung. Jadi, Kamu bisa menyusuri aliran sungai dengan nyaman atau kalau mau berenang mengikuti arusnya pun juga boleh.

2. Menantang Adrenalin di Umbul Cokro Tulung

Bagi Kamu yang suka adrenalin, Umbul Cokro Tulung ini juga telah menjelma sebagai tempat rafting seru. Kontur sungainya cukup berbatu dengan pemandangan alam begitu indah dan hijau. Arusnya pun cukup deras kalau dekat sumbernya.

Kamu akan diberi ban besar single maupun double serta jaket pelampung oleh pengelola. Setelah itu, para staff mengajak ke tengah sungai dan mulai menghanyutkan satu persatu pengunjung. Nikmatilah arus yang tenang dan serunya bertabrakan dengan bebatuan.

Alirannya juga lumayan panjang serta tidak membosankan sama sekali. Di ujungnya, Kamu akan diajak melihat air terjun dengan ukuran sedikit rendah namun melebar ke samping. Meskipun begitu, pemandangannya sangat indah dan jangan lupa segera abadikan di ponselmu.

3. Bermain Bersama Keluarga di Waterboom Umbul Cokro Tulung

Selain mata air alami dengan sungai-sungainya, tempat ini  juga menyediakan waterboom di dekatnya. Salah satu yang paling menarik dari tempat ini adalah seluncurannya. Ukurannya lumayan besar dan tinggi. Jadi, saat di atas bisa melihat pemandangan sekitar.

Ada banyak jenis seluncuran di sini dan yang paling tinggi hanya bisa dimainkan satu orang dengan rute seru dan berputar-putar. Sementara, kalau Kamu ingin berseluncur bersama teman, ada Race Slide di sebelahnya.

Bagi anak-anak serta balita, tenang saja karena ada kolam kecil juga di sini. Dengan seluncuran pendek serta ember tumpah berisi air yang siap ditumpahkan kapanpun. Arenanya sendiri diberi bola warna warni dan bisa dimainkan.

4. Foto Dalam Air

Pernahkah Kamu berfoto dalam air? Kalau belum, cobalah datang ke Umbul Cokro Tulung, terutama di saluran alaminya dengan dasar bebatuan. Sudah banyak pengunjung mencoba melakukannya dan hasilnya benar-benar bagus.

Pastikan untuk selalu membawa kantong waterproff untuk ponsel, agar bisa eksis di dalam air karena di sana belum ada yang menjualnya. Dengan begitu, Kamu bisa bagikan foto pada sosial media agar semakin banyak orang mengetahui Umbul Cokro Tulung ini.

Lihat destinasi umbul lainnya :

5. Terbang di Flying Fox Umbul Cokro Tulung

Ada juga salah satu wahana yang peminatnya masih banyak. Flying fox termasuk permainan baru di kawasan Umbul Cokro Tulung. Dengan tinggi lebih dari 20 meter, Kamu bisa melihat pemandangan sekitar sembari terbang menyusuri kabel.

Saat Kamu mencari gabungan dari wisata alam dan modern, Umbul Cokro Tulung bisa menjadi alternatif wisata menarik daripada harus pergi ke kota besar. Namun, tetap jaga keindahan alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta jangan merusak fasilitasnya.

Bagikan di :