The Heritage Palace Solo: Tempat Wisata Bernuansa Kuno

Sudah masuk zona libur loh, kok Kamu masih di rumah? Masih bingung pilih destinasi wisata?

The Heritage Palace di Solo ini mungkin akan menjadi jawaban dari kegundahanmu. Pasalnya, tempat wisata tersebut sedang nge-hits dan digandrungi oleh para anak muda. Sebab, destinasi liburan semacam itu bisa memberi nuansa yang ekslusif pada setiap pengunjung.

Mengenal Tempat Wisata The Heritage Palace Solo

Wisata The Heritage Palace Solo

Tempat wisata ini boleh dibilang sebagai negeri Romawi-nya Kota Solo. Nuansa liburan bagaikan di Benua Eropa dapat Kamu rasakan di sini. Lengkap dengan bangunan megah dan atribut jaman dahulu. Sehingga, menampilkan kesan klasik nan eksotis.

Selain di desain kekinian buat anak muda, The Heritage Palace Solo ini juga merupakan destinasi wisata untuk keluarga. Konsep yang diangkat yaitu edukasi terhadap benda-benda antik dengan estetika yang bernilai tinggi.

Memasuki area ini, Kamu bisa menikmati 9 titik destinasi keren yang lengkap hanya dalam satu paket wisata. Ditambah dengan berbagai keasyikkan nostalgia dan berswafoto di berbagai sudut yang instagramable, pasti akan bikin ketagihan untuk kembali mengunjunginya.

Lokasi Wisata

The Heritage Palace Solo terletak di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Rt .02 Rw. 08 Dusun Honggobayan, Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Daerah ini berjarak sekitar 10 km dari Kota Solo atau apabila ditempuh sekitar 21 menit saja. Apabila Kamu masih bingung, bisa langsung buka aplikasi Google Maps di ponsel, maka letak wisata bisa langsung terdeteksi.

Sejarah Berdirinya Destinasi The Heritage Palace Solo

Bangunan-bangunan megah ala Eropa ini sebelumnya merupakan pabrik gula Gembongan yang telah direnovasi. Sehingga, menumbuhkan nuansa dan panorama tempat ini sangat natural. Bahkan, bahan maupun atmosfer bangunan memang benar-benar kuno dan kaya akan seni.

Pabrik gula tersebut merupakan peninggalan dari Kolonial Belanda. Untuk luas bangunannya, sekitar 2,2 Hektar dengan cerobong asap berukuran 20 meter. Sebelumnya, kawasan ini masuk pada area cagar budaya (BCB).

Pabrik ini dahulu dikelola oleh perusahaan perkebunan Belanda bernama Culture Matschappij. Diceritakan, di sinilah banyak rakyat kadipaten Mangkunegaran menggantungkan hidupnya untuk makan.

Kapan The Heritage Palace Solo Mulai Dibuka untuk Umum?

The Heritage Palace Solo merupakan tempat wisata yang masih terbilang baru. Lokasi ini dibuka pada tanggal 9 Juni 2018, bertepatan dengan Hari Besar Lebaran. Meskipun masih baru, namun pengunjungnya telah berdatangan dari berbagai penjuru kota. Bahkan, tidak sedikit dari luar Solo.

Dari beberapa bangunan lawas yang ada, masih 3 buah yang dibuka untuk umum. Selanjutnya akan terus dilakukan pengembangan bagi icon wisata di Kota Solo ini.

Beberapa Fasilitas Menarik di The Heritage Palace

Dengan banyaknya fasilitas di The Heritage Palace Solo, tidak heran jika setiap harinya tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, rata-rata kedatangan mereka terus merangkak naik sejak 2018. Salah satu alasannya yaitu terdapat beberapa keunikan, seperti:

1. Bangunan Bangunan Megah Khas Eropa Klasik

Berada di tempat ini, akan membuat Kamu serasa menjadi para tuan dan noni Belanda. Gedung-gedung tinggi khas bangunan Klasik yang mengelilingi para pengunjung memberikan nuansa Eropa Klasik yang amat natural.

2. Museum Transportasi

Di halaman luar bangunan, Kamu juga dapat menikmati tampilan mobil-mobil klasik dan alat transportasi kuno berbagai macam. Salah satunya adalah mobil pemadam kebakaran Dodge Power keluaran tahun 1963 juga mobil Dodge keluaran 1948 milik Ir.Soekarno.

Selain itu, ada juga mobil antik Playmouth, Chevrolet dan lain- lain. Bagi para penggemar mobil lawas, tunggu apalagi. Nongkrong di sini dijamin seru.

3. Berbagai Macam Spot Foto Unik

Bagi kalangan instagramable, jangan khawatir. Di sini dijamin banyak spot foto yang akan memanjakan lensa kamera. Foto dengan background bangunan-bangunan Eropa tentu akan membuatmu seakan-akan liburan di Eropa beneran. Iya kan?

4. Museum 3D Art

Museum ini merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi para wisatawan. Selain itu, Kamu akan disuguhkan karya-karya Art 3 Dimensi yang luar biasa. Pengunjung bebas berfoto sesuka hati atau sekedar menikmati estetika yang menawan.

5. Wahana Omah Kwalik

Ini merupakan spot foto yang sangat menarik dan anti-mainstream. Kamu dapat berselfie ria dengan konsep rumah terbalik. Keseruan berfoto pun menjadi semakin terasa bersama teman-teman.

6. Kids Town

Namanya wisata keluarga tentu ramah terhadap anak- anak. Di The Heritage Palace Solo juga terdapat wahana bermain yang dijamin seru dan membuat si kecil betah. Tentu liburan akan menyenangkan apabila si doi tak rewel bukan?

7. Food Street

Setelah lelah berjalan-jalan mengelilingi miniatur kota Eropa kuno, paling pas adalah berburu kuliner. Kamu bisa mengobati kurang energi sebab tour seharian dengan jajanan-jajanan khas Solo yang wajib dicoba di Foot Street.

8. Retro Paradise Island

Di bagian belakang Museum Transportasi, Kamu bisa menemukan tempat foto ini. Bahkan, juga dapat digunakan untuk pre-wedding dengan berlatar belakang benua biru. Nuansanya keren dan menenangkan.

9. Wahana Menarik Lainnya

Sisi menarik lain dari The Heritage Palace Solo yaitu, juga terdapat Museum Industri dan Convention Hall yang tak boleh luput untuk dilewati saat berlibur kemari. Minimal Kamu bisa menikmati view menarik dan sedap dipandang mata.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk Harga Tiket Masuk (HTM), standart adalah Rp.20.000,- per orang. Kamu sudah bisa menikmati Museum angkut dan fasilitas-fasilitas di dalamnya. Bagi rombongan yang datang beramai-ramai, juga bisa mendapat tambahan tiket gratis

Adapun untuk tiket paket terusan yaitu seharga Rp45.000,- (weekday) dan Rp.65.000,- (weekend). Dengan harga ini, Kamu sudah tidak perlu membayar kembali untuk bisa masuk ke museum 3D Art.

Pada hari libur Nasional, Harga Tiket Masuk (HTM) naik menjadi Rp.75.000,-. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi pihak pengelola di nomor ini, 0822 3310 6999.

Jam Operasional The Heritage Palace Solo

Adapun jam operasional nya adalah sebagai berikut:

  • Senin-Kamis (Weekday) buka mulai pukul 10.00 โ€“ 18.00 WIB
  • Jumโ€™at โ€“ Minggu (Weekend) buka mulai pukul 09.00 โ€“ 21.00 WIB

Kapan Waktu Paling Tepat Berkunjung ke The Heritage Palace Solo?

Jawabannya, Kamu bisa datang kapanpun pada jam-jam operasional di atas. Tidak perlu khawatir hasil jepretan-jepretan foto tidak memadai atau kurang memuaskan. Sebab di siang ataupun malam, lokasi ini dijamin akan tetap terlihat keren.

Kamu bisa datang di pagi hari dan berfoto dengan suasana yang sedang cerah-cerahnya. Atau bisa datang sore hari untuk berpose dengan merah sinar matahari menjelang tenggelam. Dan di malam hari, bersiaplah terpesona dengan indahnya lampu-lampu. Namun jika kamu bersama teman-teman dengan jumlah banyak lebih enak jika menggunakan mobil sendiri atau menghubungi fasilitas sewa mobil di solo yang ada banyak sekali sehingga bisa melanjutkan perjalanan wisata solo lainnya.

Jadi, di waktu apapun Kamu akan tetap nyaman dan leluasa bersua foto. Tergantung kebutuhan dan kesukaan masing- masing. Hal yang terpenting yaitu, momen-momen keren dapat terdokumentasi dengan baik.

Demikian ulasan terkait destinasi wisata The Heritage Palace Solo . Mulai dari sejarah, deskripsi tempat hingga kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Apakah Kamu sudah menentukan tujuan berlibur sekarang? Temtu saja Kota Solo menjadi salah satu tujuannya. Happy Holiday…..

Bagikan di :