Destinasi Wisata Tawangmangu yang Wajib Kamu Kunjungi

Pernah tidak Kamu berkunjung ke Kota Solo? Dan singgah di Tawangmangu? Tawangmangu sendiri merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di lereng barat Gunung Lawu tidak jauh dari Kota Solo. Di sini terdapat pemandangan hijau khas pegunungan indah dan menyejukkan mata juga terdapat banyak destinati wisata Tawangmangu yang menarik.

Rekomendasi Wisata di Sekitar Tawangmangu

Dengan kemasyhuran keindahan wisata Tawangmangu yang terkenal, destinasi wisata ini perlu juga Kamu jadikan salah satu tujuan tempat berliburmu bila berkunjung ke Kota Solo. Sebab, hanya diperlukan waktu sekitar satu setengah jam saja.

Tidak perlu khawatir, di sini Kamu dapat mengeksplorasi lebih dari lima tempat wisata. Sehingga, perlu mengosongkan jadwal beberapa hari ketika berkunjung ke sini. Dan berikut beberapa destinasi wisata Tawangmangu yang wajib untuk dikunjungi:

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu pertama dan paling populer yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Destinasi ini dapat dijadikan tujuan favorit wisatawan ketika datang ke Karanganyar, karena udaranya sejuk dan memiliki keindahan pemandangan alam yang mempesona.

Untuk lokasinya, terletak di lereng Gunung Lawu. Jika ingin mancapainya, Kamu harus menyelesaikan rintangan berupa menaiki 1250 anak tangga, walupun tujuan dibuatnya untuk mempermudah akses wisatawan menuju ke titik tertinggi dari destinasi tersebut.

Saat pertama kali ke sana, Kamu pasti akan terkejut dengan penampakan beberapa kera yang kerap kali lalu lalang di lokasi wisata. Walaupun tidak menganggu, namun harus tetap berhati-hati. Nikmati hal tersebut sembari berfoto ria dengan pamandangan hijau nan asrinya.

Dengan kata lain, Kamu pun dapat bermain dengan kera-kera yang berlalu lalang. Dan di sekitar air terjun ini juga disediakan beberapa fasilitas menunjang wisatawan. Di antaranya kolam renang dan penginapan. Sehingga, membuat betah semua pengunjung di destinasi ini untuk berlama-lama.

2. Taman Balekambang Tawangmangu

Ketika mendengar kata balekambang, tentunya sudah tidak asing bagi Kamu. Sebab sebenarnya nama ini diambil dari taman yang berada di Solo. Namun untuk di Tawangmangu sendiri, diberikan konsep objek wisata baru berbeda dengan taman di Kota Sekitarnya.

Konsep wisata Tawangmangu yang baru ialah wisata foto. Sehingga, di tempat ini terdapat banyak spot-spot untuk berfoto kekinian. Area mengambil gambarnya pun sangat lah keren, bahkan ketika memasuki taman lebih dalam Kamu akan disuguhi berbagai landmark dunia terkenal.

Mulai dari Mumi Mesir, Spinx dan Piramida, Menara Pisa, Eiffel, Merlion, Tembok Besar China. Tulisan Hollywood, Colloseum, Candi Borobudur, Arc de Triomphe, Patung Liberty dan London Bridge. Ditambah lagi spot foto yang paling baru yaitu air mancur Trevi.

Hal tersebut menjadikan taman Balekambang di Tawangmangu ini dicap sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan. Karena lokasinya pun masih berada di sekitaran air terjun Grojokan Sewu.

3. Air Terjun Jumog

Tidak mau kalah dengan Grojokan Sewu, di Tawangmangu juga terdapat destinasi lain berupa air terjun Jumog. Uniknya, setiap pengunjung bisa bermain di bagian bawah, karena tidak dalam dan terkesan dangkal. Spot keindahan yang ditawarkan berupa tingkatan kecil yang indah dan membentuk kucuran air.

Lokasi air terjun Jumog sendiri berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya ada di Desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso. Untuk mencapai destinasi wisata tersebut, Kamu tidak perlu berjuang cukup berat, karena harus menapaki sejumlah 116 anak tangga untuk mencapainya.

Jarak antara Grojokan Sewu dan Air Terjun Jumog hanya 4 kilometer saja, bisa dikatakan sekali malangkah dua tempat wisata terlampaui. Jika Kamu menginjakan kaki di sini, akan mendapat suasana yang sejuk dan tata letak rapi. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung.

4. Rumah Atsiri Indonesia

Kamu pencinta tanaman bunga? Dan hendak pergi ke Solo? Wisata Tawangmangu yang sangat perlu untuk dikunjungi ialah Rumah Atsiri Indonesia. Tempat ini merupakan komplek rekreasi edukasi hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria yang ditransformasi menjadi destinasi liburan.

Saat Kamu mengunjungi tempat ini, tersedia berbagai macam paket wisata tour yang menarik perhatian. Beberapa di antaranya bisa melihat beberapa jenis tanaman seperti Mawar, Marigold, Serai, Rosmarin, Cendana, Arum Dalu, Pala, Lavender, Kayu Putih Dan Jinten.

Untuk lokasinya sendiri terletak di Jl. Watusambang, Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Atau bisa Kamu cari di Google Maps dengan kata kunci “Rumah Atsiri Indonesia”.

Harga tiket masuk untuk berwisata edukasi di Rumah Atsiri ini sebesar 50 ribu rupiah per orang, dan memiliki jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

5. Wisata Bukit Sekipan

Kawasan wisata Bukit Sekipan terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jika Kamu berangkat dari Kota Solo, perlu menempuh waktu selama ± 1 jam 22 menit perjalanan bila tidak menemui kendala.

Wisata Tawangmangu ini juga merupakan salah satu tempat perkemahan paling terkenal yang menyajikan pemandangan pohon pinus menyejukkan. Di sini juga terdapat berbagai tanaman hutan, sehingga sering dijadikan sebagai objek penelitian mahasiswa.

Selain terkenal sebagai lokasi favorit untuk berkemah dan karena fasilitasnya yang lengkap, wisata Bukit Sekipan ini juga menawarkan berbagai wahana permainan unggulan. Di antaranya waterboom, taman mini, kampung Helloween dan juga area outbond yang seru.

Harga tiket masuknya dibandrol 50.000 rupiah per orang untuk sekali masuk dengan fasilitas beberapa wahana saja. Namun, bila Kamu ingin menikmati seluruh permainan yang ada tersedia tiket terusan seharga 100.000 rupiah per orang.

Jika Kamu beserta keluarga ingin menghabiskan malam di Bukit Sekipan, tersedia pula penginapan dengan berbagai pilihan tipe kamar. Mulai dari wisma small room seharga 350 ribu rupiah per malam hingga Titanic room dengan harga 550 ribu rupiah per malam.

Lihat juga : Umbul Ponggok tempat berfoto di dalam air

6. Wisata Alam Gunung Lawu

Jika Kamu ingin merasakan sensasi pegunungan yang begitu sejuk, tidak ada salahnya mengunjungi gunung Lawu. Tempat ini cocok untuk berkemah dan melakukan berbagai macam petualangan yang cukup menantang. Kemudian bisa mampir ke Kota Solo.

Gunung Lawu sendiri memiliki ketinggian 3.265 mdpl, akan memberikan suasana alam secara menyeluruh untukmu. Ketika berada di puncak, maka Kamu dapat merasakan indahnya pemandangan serasa di negeri atas awan.

Saat mencapai titik tertinggi, Kamu akan disuguhkan dengan panorama menarik dengan pemandangan jelas menuju Kota Solo. Seperti pada umumnya, saat pagi tiba, bisa melihat penampakan terbitnya matahari dengan indah. Sembari menyeruput kopi, kegiatan ini pasti menjadi keinginan sebagian orang.

Keindahan puncak Gunung Lawu memang tidak perlu diragukan lagi. Dengan bentang alam hijau khas pegunungan, pemandangan selama Kamu mendaki akan terasa begitu menyejukkan. Namun, untuk itu perlu menyiapkan stamina yang kuat dan persiapan cukup matang.

Di sisi lain, Gunung selalu erat dengan nilai-nilai spiritualnya masing-masing, begitu juga Gunung Lawu. Tapi, yakinlah bahwa keindahan puncaknya akan menghapuskan semua susah dan lelahmu selama pendakian yang dilalui.

Nah, Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Tawangmangu yang wajib untuk Kamu kunjungi. Ketika Kamu di Kota Solo dan ingin mencari destinasi lainnya di sekitar. Meskipun masih daerah pegunungan, tapi akses jalan menuju tempat tersebut cukup mudah dan dalam kondisi jalan baik.


Bagikan di :