Taman Sriwedari: Ikon Budaya Kota Solo

Liburan bingung mau kemana dan ngapain? Jika Kamu sedang berada di Kota Solo dan sekitarnya, mampir yuk ke Taman Sriwedari. Selain liburan, di sini juga bisa belajar banyak mengenai sejarah, budaya dan kesenian. Simak baik-baik ya penjelasannya.

Lokasi Taman Sriwedari

Lokasinya Taman Sriwedari mudah dijangkau, yakni hanya sekitar 1,5 sampai 2 jam dari Yogyakarta. Melalui jalur Jogja-Solo kendaraan bisa langsung diarahkan ke Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Taman ciamik ini terletak dekat dengan stasiun Purwosari di sebelah kanannya.

Tepatnya, terletak di kota Solo di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Daerah ini merupakan sebuah komplek yang dilengkapi dengan berbagai macam lokasi wisata menarik. Jika masih binggung, bisa menggunakan bantuan Google Map.

Wayang Orang merupakan salah satu ikon yang diunggulkan dengan cerita-cerita berbahasa Jawa namun mudah dipahami dan dikemas apik dalam wisata ini. Dengan kata lain, kamu bisa liburan sekaligus belajar, karena wisata yang disediakan sangat kental akan kesenian dan kebudayaannya.

Orang-orang bisanya akan mengunjungi Taman Sriwedari pada malam hari. Sebab, di waktu itu Taman wisata ini lebih eksotis untuk spot-spot foto. Selain itu, karena pagelaran Wayang Orang juga rutin dilakukan pada malam hari.

Apa Saja Nilai Edukasi dalam Wisata ini?

Saat mengunjungi wisata ini, Kamu juga bisa mendapatkan buku-buku kuno hingga modern yang dapat menambah wawasan mengenai sejarah. Taman Sriwedari pun juga menyediakan wahana bermain untuk anak hingga orang dewasa.

Wisata satu ini menonjolkan sisi sejarah dari Ramayana dan Mahabarata yang sering diangkat dalam pertunjukan Wayang Orang. Bahkan, bisa dikatakan Kota Solo merupakan ajang unjuk gigi bagi para seniman, khususnya Taman Sriwedari.

Untuk jam operasi, dibuka setiap hari pada pukul 10:00 sampai 22:00 WIB. Namun, untuk Gedung Wayang Orang  (GWO) memiliki waktu sendiri, yaitu mulai jam 20:00 sampai 23:00 WIB dan libur di hari Minggu.

Berapa Kocek yang Harus Dirogoh?

Haraga Tiket Taman Sriwedari

Sebelum liburan, pastinya Kamu akan berpikir nih tentang biaya yang harus disiapkan. Taman Sriwedari sendiri menyediakan beberapa tiket murah dan sangat terjangkau. Jadi, bisa menentukan berapa anggaran yang harus disiapkan.

1. Biaya Tiket Masuk

Tiket masuk Taman Sriwedari ini tergolong murah meriah, hanya dihargai sebesar Rp.7.000,- saja. Sedangkan untuk tiket ke dalam GWO sendiri sebesar Rp.3.000,-/orang. Jadi, cocok banget buat liburan rame-rame sekeluarga nih. Harga tiket ini umumnya tetap sama untuk hari biasa maupun di akhir pekan.

2. Biaya parkir

Nah, untuk biaya parkir sendiri di Taman Sriwedari sangat murah meskipun di sana telah disediakan gedung parkir. Namun, area parkir di sini dibagi 2, yaitu TKP Pemkot dan TKP swasta. Untuk TKP Pemkot, untuk sepeda motor yaitu 1.000 rupiah/2 jam sedangkan mobil 2.000 rupiah/2 jam.

Sedangkan TKP swasta, untuk sepeda motor 2.000 rupiah/2 jam dan mobil 4.000 rupiah/2 jam. Masing-masing tarif parkir memiliki batas waktu hingga 2 jam saja. Apabila melebihi batas tersebut, maka oleh juru parkir akan dikenakan biaya tambahan, yaitu sebesar 50% dari harga awal.

3. Harga Makanan

Untuk harga makanan di Taman Sriwedari inipun bervariasi, namun masih tetap cukup terjangkau bagi Kamu yang ingin liburan dengan budget terbatas. Makanan khas yang disediakan juga bermacam-macam.

Warung-warung tersebut umumnya menyediakan nasi liwet, selat Solo, bistik Solo dan lain-lain. Harganya berkisar antara 10.000 rupiah hingga 15.000 rupiah saja. Untuk minuman sendiri bervariasi mulai dari 5.000 rupiah, murah bukan?

4. Biaya penginapan

Apabila Kamu datang dari luar kota dan ingin menginap di Kota Solo, maka berikut daftar biaya yang harus dikeluarkan untuk penginapan di sekitar Taman Sriwedari. Untuk hotel mulai 95.000 rupiah/malam, sedangkan indekos mulai 15.000 rupiah/malam.

Wisata Kesenian dan Kebudayaan di Taman Sriwedari

Beberapa Wisata yang bisa Kamu nikmati di antaranya:

1. GWO (Gedung Wayang Orang)

Gedung wayang orang ini merupakan ikon ternama di Taman Sriwedari, karena kesenian ini sudah sangat jarang ditampilkan dimanapun. Akan tetapi, di wisata ini bisa Kamu menikmati setiap hari mulai jam 20:00 sampai 23:00 WIB.

2. Musik Tradisional

Di tempat ini, telingamu akan dimanjakan dengan adanya berbagai pertunjukan musik setiap harinya. Kamu akan semakin betah berlama-lama di wisata yang katanya Taman Surga tersebut. Kebanyakan para seniman akan memainkan lagu tradisional di sini.

Untuk jadwal pertunjukannya yaitu, Musik Koes plus setiap hari Senin dan Kamis, Musik Rock Klasik di hari Selasa, Musik Dangdut hari Rabu dan Sabtu, Lagu Kembang Kenangan saat Jumat dan Apresiasi seni dan keroncong saat Minggu tiba.

3. Buku Edukasi

Di tempat ini, Kamu juga akan menemukan penjual buku-buku menarik, yakni deretan buku kuno hingga modern. Bahkan setiap harinya pasti ada diskon 20%, menarik bukan? Selain berwisata di sini juga bisa belajar.

Beberapa Wisata Dekat Lokasi

Nah, di dekat lokasi Taman Sriwedari sendiri juga banyak terdapat wisata-wisata tak kalah unik dan berbau sejarah. Di antaranya yaitu:

1. Museum Keris

Museum ini terletak 0,2 km dari Taman Sriwedari, tepatnya di Jalan Bhayangkara No. 2 Kota Solo. Bagi Kamu yang menyukai dunia keris, wajib untuk mampir ke sini. Apalagi lokasi yang hanya berseberangan.

Nah, bagaimana? Menarik bukan untuk dikunjungi? Bahkan di Taman ini, Kamu tidak akan kesulitan untuk mengakses koneksi internet, karena telah disediakan akses free WiFi bagi mereka yang ingin bersantai sambil belajar.

2. Museum Radya pustaka

Nah, museum Radya pustaka ini sangat unik dan katanya termasuk yang tertua loh. Di sini Kamu bisa berwisata menikmati karya para seniman, yaitu wayang. Cocok sekali jika Kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia perwayangan.

3. Museum Batik Dinar Hadi

Di dalam museum ini, Kamu akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis batik, cara pembuatan hingga sejarahnya. Rata-rata merupakan koleksi yang sudah puluhan tahun, akan tetapi masih terpelihara dengan kualitas yang sangat bagus.

Jika berkunjung ke Museum Batik Dinar di Kota Solo, Kamu harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 35.000 rupiah untuk umum dan 15.000 rupiah untuk pelajar. Selama di dalam juga akan ditemani oleh seorang guide tour selama satu jam.

Lihat juga : Eloknya wisata Tawangmangu

Berbagai Oleh-oleh di Taman Sriwedari

Selain hal di atas, terdapat pula penjaja souvenir dan aneka mainan anak. Di kawasan inipun juga dekat dengan berbagai macam toko lainnya. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir mau mencari oleh-oleh jika berkunjung ke Taman Sriwedari .

Di samping itu, Kamu juga bisa menemukan penjual-penjual aneka benda kesenian hingga budaya. Kios-kios tersebut menjajakan berbagai lukisan, wayang, kuda lumping, hingga bermacam kerajinan dari bambu dan yang lainnya.

Sudah jelas bukan, buat Kamu yang lagi kebingungan liburan mau kemana? Selain kental akan budaya dan kesenian, di taman ini juga bisa belajar berbagai hal. Mulai dari sejarah melalui pertunjukan maupun dengan buku-buku yang dijual di sana.

Terdapat juga celotehan yang terkenal dikalangan warga Solo, yaitu ‘Belum ke Kota Solo namanya kalau tidak berkunjung ke Taman Sriwedari’. Jadi, jangan lupa siapkan liburanmu buat datang ke ikon budayanya ya!


Bagikan di :