Taman Lampion: Wisata Murah dan Ngehits di Klaten

Jika Kamu sedang mencari wisata murah, ngehits dan Instagramable, maka Taman Lampion Klaten menjadi pilihan yang tepat. Ketika malam hari, pengunjung akan disuguhi berbagai warna-warni dari lampu yang sangat indah. Terlebih jika setelah berwisata dari Kota Solo.

Mengenal Taman Lampion Klaten

Taman Lampion merupakan salah satu wisata di Klaten yang cukup menarik untuk dikunjungi. Wisata ini berlokasi di gang Tidar, Barenglor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Tergolong kawasan baru dan mulai dibangun pada tahun 2014.

Pemerintah Daerah setempat sendiri sedang merencanakan pembangunan karena terdapat kemajuan di sektor ekonomi khususnya wisata. Bahkan, terdapat wacana yang akan dibentuk Kota Klaten dengan tiga kecamatan, yakni Klaten Utara, tengah dan Selatan.

  • Awal Mula Taman Lampion

Awalnya tempat ini memang terkenal dengan sebuah taman yang tidak terurus, bisa dibilang terbengkalai. Namun, masyarakat setempat akhirnya merombak menjadi sebuah taman yang cocok untuk destinasi wisata.

Selain itu, dengan adanya proyek memajukan sektor ekonomi, area yang memiliki luas 3 hektar ini direncanakan akan terus dilakukan pembangunan untuk semakin mempercantik, serta menambah fasilitas seperti tempat bermain anak.

  • Ciri Khas Taman Lampion

Sesuai namanya, taman ini memiliki banyak lampu lampion yang berdekatan dan akan terlihat lebih menawan ketika di malam hari. Semenjak diresmikan, tempat ini langsung populer di masyarakat setempat karena selain murah juga sangat Instagramable dikalangan anak muda.

Suasanannya yang sejuk dan rindang akan membuatmu semakin betah. Sehingga cocok sekali digunakan untuk sekedar refreshing dan mencari inspirasi ketika lelah dengan sibuknya aktifitas.

Tiket Super Murah

Ketika berwisata, biaya merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan. Maka, cocok sekali buat Kamu yang hanya ingin mencari spot-spot foto kekinian namun murah meriah. Di Taman Lampion ini, tidak ada biaya tiket masuk alias gratis untuk siapa saja.

Untuk jam bukanya sendiri, taman ini tidak menyediakannya dengan fasilitas buka 24 jam. Jadi, Kamu bisa datang ke sini sepuasnya dan kapanpun. Apalagi ketika akhir pekan, bisa dibilang lokasinya tidak tidur karena ramainya pengunjung.

Namun, di sini Kamu hanya akan dikenai biaya parkir, yaitu untuk sepeda motor Rp.2.000,- dan mobil Rp.5.000,-. Kalaupun lapar, di sekitar taman juga tersedia banyak pedagang atau angkringan yang terkenal menyajikan makanan enak dengan harga terbaik. Maka, tidak heran jika wisata ini menjadi salah satu kebanggan warga Klaten.

Akses Menuju Lokasi

Lokasinya pun dapat diakses dengan mudah, jika membawa motor, membawa mobil pribadi atau rental mobil yakni dari Jalan Raya Kota Solo-Jogja setelah melewati lampu lalu lintas Bareng dan berjarak kurang lebih 200-300an meter. Jadi, untuk Kamu yang melewati jalan tersebut bisa singgah sejenak sekedar melepas penat.

Jika menggunakan transportasi umum seperti bus, maka Kamu bisa berhenti di terminal Tironadi, Kota Solo atau di Giwangan, Yogyakarta. Selanjutnya untuk mengarah ke taman bisa dengan naik ojek online atau angkot kota.

Nah, bagi yang menggunakan fasilitas kereta api, apabila naik dari stasiun Balapan Solo atau stasiun Tugu Yogyakarta, Kamu bisa turu di stasiun Klaten dengan harga tiket kereta api prameks hanya Rp.8.000,- saja. Murah bukan?

Fasilitas Taman Lampion

Sesuai namanya, saat berkunjung ke sini Kamu akan menemui berbagai fasilitas menarik selain lampu-lampu lampion yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat. Semuanya pun masih tergolong bagus dan terawat karena termasuk wisata baru. Seperti:

1. Suasana Gerbang

Saat memasuki Taman, Kamu akan disambut dengan gerbang bertuliskan Taman Lampion yang akan bercahaya ketika malam hari. Setelah itu, terdapat ornamen-ornamen khas yang terbuat dari besi serta di bagian bawah ada sungai dengan berbagai jenis ikan kecil.

Taman ini mengusung tema keindahan kota, namun tetap tidak merusak alam. Sebab, di sekitarnya masih banyak ditumbuhi pohon-pohon maupun tanaman kecil yang membuat tempat ini semakin asri dan sejuk.

2. Suasana di Dalam

Suasana yang ada sangat cocok untuk menikmati akhir pekan ataupun menghabiskan sore bersama teman maupun keluarga. Saat menjelang maghrib, view di sini akan menjadi semakin menarik dengan cahaya-cahaya senja dari langit.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini memang pada sore hari, selain pemandangan yang lebih bagus, namun juga udara semakin sejuk dan rindang. Matahari pun juga tidak terlalu menyengat. Bahkan, Kamu bisa menggelar tikar di sini.

Kemudian, di bagian tengah taman terdapat kolam dengan air mancur bertingkat. Di tengah kolam tersebut ada patung kera besar (Hanoman) atau manusia kera yang dikelilingi oleh 12 patung monyet kecil serta berhiaskan lampu warna-warni.

3. Mainan Anak

Wisata ini pun sangat terjaga kebersihan dan keasariannya. Sebab, di setiap sudut taman telah tersedia banyak tempat sampah. Di sini juga telah disiapkan toilet umum bagi pengunjung, jadi tidak perlu repot lagi jika sedang kebelet.

Selain itu, bagi yang membawa anak-anak juga tersedia berbagai macam permainan seperti jungkat-jungkit, ayunan dan lainnya. Di sekitarnya terdapat banyak pohon-pohon besar nan rindang, sehingga bisa bersantai di bawahnya sambil mengawasi anak yang sedang bermain.

Daya Tarik dari Taman Lampion

Meskipun wisata ini murah meriah, namun sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atuapun teman, walaupun untuk sekedar berbincang atau melepas lelah. Di sini juga tersedia banyak kursi untuk bersantai, bahkan menjadi spot foto menarik untuk mengabadikan momenmu.

Membicarakan Taman Lampion sudah pasti yang menjadi daya tariknya adalah lampu warna-warni. Walaupun belum terlalu banyak variasi warna maupun bentuk yang tersedia, namun suasana asri dan rindang menjadi pilihan terbaik apalagi jika bersama keluarga.

Di sisi lain, sekitar kolam terdapat jalan setapak yang dapat digunakan untuk jalan-jalan maupun jogging. Sehingga membuat aktifitas olahragamu semakin menyenangkan. Ada juga gazebo-gazebo berarsitektur China yang sangat nyaman untuk beristirahat.

Terkadang, lokasi ini sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk aktivitas anak-anak, seperti lomba menggambar, mewarnai dan sebagainya. Orang dewasa pun juga memanfaatkannya untuk berolahraga, bersepeda maupun hanya sekedar jalan-jalan saja.

Lihat juga : sensasi warung apung Rowo Jombor

Tips Bagi yang Sedang Perjalanan Kota

Nah, buat Kamu yang sedang melakukan perjalanan antar Kota untuk berlibur maupun urusan yang lain, saat di jalan pasti ada saja kendala. Meskipun hal tersebut tidak diharapkan terjadi, misalnya saja seperti jalanan macet.

Apabila Kamu sedang berada di Jalan raya Solo-Jogja, ada baiknya ketika macet mampir dulu ke taman ini, untuk refreshing melepas penat, daripada kalian stres karena jalanan yang padat ditambah fisik yang sudah lelah.

Bagaimana? Setelah jauh-jauh dari Solo maupun Yogyakarta atau bagi Kamu warga lokal yang hanya ingin refreshing, maka dijamin tidak akan menyesal saat memilih untuk berkunjung ke Taman Lampion Klaten ini. Saksikan warna-warni lampu cahayanya pada malam hari.

Bagikan di :