Belajar dan Bereksplorasi di Taman Satwa Taru Jurug

Tuntutan pekerjaan di kantor, penatnya tugas kuliah maupun sekolah kadang mengundang rasa jenuh tiap harinya. Ingin berlibur bersama keluarga tetapi low budget? Mungkin Taman Satwa Taru Jurug yang penuh kenangan dapat menjawab kegelisahanmu. Tertarik?

Sejarah Taman Satwa Taru Jurug

Didirikan pada tahun 1972, tempat rekreasi di Kota Solo ini menampung cukup banyak hewan seperti jenis-jenis primata dan berbagai jenis burung. Dengan konsep mirip hutan yang natural disertai pohon besar yang rindang, taman ini seringkali dijadikan lokasi penelitian beberapa universitas.

Taman Satwa Taru Jurug digunakan sebagai tempat perlindungan hewan-hewan dan flora. Di sisi lain, juga seringkali dipakai sebagai destinasi wisata siswa-siswi yang melakukan pembelajaran di luar kelas. Tidak heran jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi Taman Satwa Taru Jurug

Tempat wisata ini terletak di bagian timur Kota Solo, lebih tepatnya di jalan Ir. Sutami No. 40, Kentingan, Jebres, Kota Surakarta, dekat Universitas Sebelas Maret (dekat perbatasan Karanganyar). Begitu terkenal karena pernah menjadi penyumbang devisa andalan untuk kota.

Sempat kehilangan nama karena banyaknya destinasi baru yang lebih menarik perhatian. Namun setelah melalui banyak perbaikan, pengunjung mulai datang kembali sambil bernostalgia dengan keluarganya. Sebab, menjadi kenangan banyak orang hadir dengan tampilan baru.

Wahana di Taman Satwa Taru Jurug

Saat Memasuki Taman Jurug, Kamu akan dimanjakan dengan dua lokasi yang bisa dijadikan tempat mencuci mata dan berfoto ria. Dengan begitu, akan menghilangkan rasa stres dan bosan saat menjangkau tempat tersebut. Seperti:

1. Kolam Keceh

Pada tanggal 31 bulan Juli tahun 2019 lalu, dibuka wahana baru yang tersedia untuk bermain dan bereksplorasi dengan alam, Kolam keceh namanya. Lokasi ini dibangun dengan tujuan agar lebih menambah wisata edukasi dan permainan.

Antusias anak-anak ingin belajar tentang flora dan fauna pun dapat dijawab lewat kolam keceh ini. Karena, merupakan sesuatu yang pas untuk mereka belajar, bermain serta mengeksplorasi kehidupan biota bawah laut.

Kolam seluas 3.500 meter persegi ini dapat menampung 200.000 ribu orang. Tidak terbayangkan bukan, betapa serunya bermain bersama teman-teman di sana sambil belajar hal baru serta pengalaman seru yang tak terlupakan?

Harga tiket masuk ke dalam Kolam Keceh ini sebesar Rp.10.000,- pada hari biasa dan Rp.15.000,- pada akhir pekan atau hari libur. Sangat pas untuk Kamu yang ingin liburan tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

2. Taman Pelangi Seribu Lampu

Di Taman Wisata ini, terdapat juga sebuah tempat yang dikenal dengan Taman Pelangi. Dimana, berisi lampu lampu cantik serta lampion yang berbentuk bunga, hewan ataupun benda lainnya.

Mulai dibuka pada Desember tahun 2017 yang lalu, taman ini menyuguhkan nuansa lampu berdaya listrik 180.000 watt dan 80.000 watt. Sehingga Kamu akan dimanjakan dengan keindahan lampu dibarengi dengan dentuman air mancur setinggi 30 meter dan lebar kolam 18 meter.

Ada seribu lampu dan lampion dalam berbagai bentuk yang siap membuatmu terpana di antara air mancur yang dapat menari-nari. Pemandangan ini dapat Kamu lihat dengan durasi waktu penampilan 10 menit pada pukul 19.00, 20.00 dan  21.00.

Untuk masuk ke dalam wahana ini Kamu harus merogoh harga tiket sebesar Rp.20.000,- saat weekday dan Rp.25.000,- pada saat weekend. Dengan tiket ini, banyak fasilitas yang dapat digunakan. Namun, di hari libur biasanya pengunjung semakin banyak.

Fasilitas Lain di Taman Satwa Taru Jurug

Jika Kamu mengunjungi tempat menarik satu ini, akan menemukan beberapa fakta menarik. Antara lain:

Taman Satwa Taru Jurug ini merupakan pilihan tepat untuk Kamu yang membawa anak kecil. Selain sambil berlibur, mereka akan belajar mengenali alam sekitar. Pastinya hal ini tidak dapat ditemui saat pelajaran di sekolah.

Jika Kamu lelah berjalan,di sana disediakan tempat untuk duduk dan beristirahat dikelilingi hewan dan tanaman asri sekitar. Di sini, penggunjung juga dapat memberi makan beberapa hewan yang nantinya akan didampingi oleh pengawas untuk mengenalkan beberapa jenisnya.

Makanan yang dijual di Taman Satwa Taru Jurug ini juga relatif murah. Jadi untuk Kamu yang lupa membawa bekal makanan dan minuman ke sini dapat membeli jajan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Di dalam Taman Satwa Taru Jurug ini juga disediakan wahana bermain untuk anak-anak seperti bom bom car, trampolin, komedi putar serta air mancur dan water screen berisi video yang menceritakan dongeng dan cerita rakyat.

Koleksi flora juga semakin bertambah banyak, seperti burung beo, kakak tua, merak serta unggas lainnya. Ada karnivora seperti buaya, komodo, harimau. Bahkan herbivora gajah, kijang, kera dan lain-lain.

Kamu juga bisa menikmati sensasi naik hewan di Minggu dan hari libur lainnya, seperti gajah atau unta di area kebun binantang.

Untuk Kamu yang ingin menikmati fasilitas Taman Satwa Taru Jurug secara menyeluruh, pihak manajemen menyediakan biaya paket edukasi minimal 25 anak dengan paket lengkap. Seperti tiket masuk, kereta dan souvenir.

Biaya Masuk Taman Satwa Taru Jurug

Untuk masuk ke wanaha ini tidaklah gratis, pengunjung dikenakan beberapa biaya, di antaranya:

1. Harga Tiket Masuk

Tak perlu merogoh biaya yang mahal untuk masuk ke Taman Jurug ini. Cukup dengan biaya Rp.20.000,- untuk orang dewasa dan bebas biaya untuk anak di bawah 80cm. Sehingga, Kamu bisa mengajak teman-teman serta keluargamu untuk menikmati keindahan alam nan indah asri di tempat wisata ini.

2. Paket edukasi anak

Disediakan untuk pengunjung siswa yang ingin belajar bersama teman-temannya. Dengan minimal peserta 25, sudah bisa menggunakan paket edukasi ini dengan diskon rombongan 10% pelajar dan 20% pengunjung PAUD.

Saat ini, Taman Satwa Taru Jurug memiliki koleksi fauna yang cukup lengkap. Mulai dari gajah, harimau, burung merak, jerapah, kuda nil, unta, burung beo dan masih banyak lagi beberapa jenis hewan lain yang sangat disukai oleh anak-anak.

Lihat juga : Museum Radya Pustaka

Jam Buka Taman Satwa Taru Jurug

Tempat wisata ini dibuka mulai jam digital menunjukkan pukul 07.30 WIB pagi hingga 16.00 WIB. Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Solo kiranya berangkat pagi-pagi ataupun sehari sebelumnya, agar bisa puas saat bermain di lokasi ini dan beberapa wahana menarik lainnya. Jika ingin bermalam, di sekitarnya juga terdapat beberapa hotel.

Sayangnya, para pengunjung yang kurang bertanggung jawab sering kali meninggalkan sampah. Sehingga kelestarian alamnya tidak terjaga dan menjadi sedikit kotor. Padahal sudah disediakan tempat untuk membuang sisa bungkus makanan.

Sudah sebaiknya sebagai pengunjung yang baik hendaknya menjaga keasrian dan keindahan alam yang ada di sini, sebagai bentuk penghargaan pada pihak pengawas serta wujud kasih pada flora fauna di Taman Satwa Taru Jurug.


Bagikan di :