Mengenal Pesona Taman Balekambang Lebih Dekat

Kamu yang berdomisili di Surakarta pasti sudah kenal sama destinasi wisata satu ini? Yup benar, karena pesona Taman Balekambang Solo memang terkenal di segala penjuru Jawa Tengah, karena tempat ini bisa juga dijadikan rekreasi edukasi bagi segala usia.

Keunikan Taman Balekambang Solo

Taman ini sudah dikenal memiliki berbagai macam kalangan pengunjung, mulai dari masyarakat lokal hingga yang berasal dari luar daerah bahkan provinsi. Tempat yang biasa dijadikan area berkumpul tersebut memiliki nuansa sejuk nan damai, sehingga cocok untuk melepas penat.

Masuk kawasan Taman, Kamu pasti akan melihat patung Partinah yang konon katanya memiliki nilai seni dan filosofis yang tinggi. Tepat di depannya juga terdapat panggung yang ukurannya nggak terlalu besar, Nah, ini biasanya dipakai buat pertunjukkan tarian-tarian tradisonal gitu.

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang

Tarif masuk tempat wisata ini dikenal cukup murah dan merakyat , bagaimana tidak? Dengan membayar uang di bawah 10 ribu rupiah saja, Kamu sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas dan pemandangan alam yang sangat natural di sana.

1. Tiket Masuk Umum

Tiket masuk ini sebenarnya berfungsi sebagai pengganti uang parkir, jadi sebenarnya masuk ke lokasi wisata memang gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun. Namun, Kamu semua yang mengendarai kendaraan pribadi harus membayar uang parkir sebagai gantinya.

Untuk yang membawa mobil, maka harus menyiapkan uang sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan. Namun, tetap harus memperhatikan aturan. Hanya mobil keluarga dan bus pariwisata yang dapat parkir di sana, untuk kendaraan berat sekelas fuso dan truk tentu saja tidak bisa.

Jika Kamu seorang bike traveller, maka harus membayar sebesar 2 ribu rupiah pada setiap motor. Biaya parkir ini berlaku tanpa ada batasan jam, jadi cocok buat mode penghematan ketika sedang travelling di Kota Solo.

2. Tiket Taman Reptil

Kalau Kamu pencinta para hewan melata, pasti bakalan excited banget buat mantengin taman reptil ini. Karena di sini surga dunianya, ada cukup banyak binatang mulai dari yang lucu nan menggemaskan sampai dengan menyeramkan lengkap di sini.

Harga masuk ke dalam taman reptil ini cukup murah yaitu sebesar 5 ribu rupiah per orang tanpa ada batasan usia. Jadi, baik itu anak-anak maupun orang dewasa harus membayar tarif masuk tersebut.

Nah, jika masih belum puas lihat-lihat reptil, Kamu juga bisa mengabadikan momen seru dengan mengambil foto yang disediakan oleh petugasnya. Biayanya adalah sebesar 10 ribu rupiah untuk setiap foto dengan 2 hewan (dijamin aman).

3. Tarif Sewa Kapal dan Becak

Kalau sudah puas menjalajahi dunia reptil, Kamu bisa geser sebentar ke wahana air alias Danau dan Taman Air Balekambang nan sejuk. Di sana terdapat jasa sewa becak dan juga kapal air yang bisa digunakan sebagai kendaraan untuk berkeliling melihat pemandangan.

Tarif sewa kapal biasanya dalam kisaran 10 ribu rupiah per kapal setiap 10 menit, jadi Kamu bisa patungan sama teman-temanmu untuk menyewa kapan mungil ini. Namun jangan lupa, durasinya hanya 10 menit berkeliling.

Sedangkan untuk biaya jasa becak sedikit lebih mahal, Kamu harus menyiapkan uang sebesar 25 ribu rupiah untuk dapat menikmati pemandangan darat nan apik tersebut. Untuk durasi persewaan becaknya, sekitar 5 belas menit untuk berkeliling.

Lokasi dan Jadwal Buka Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang terletak di Jl. Balekambang No. 1 Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah 57139. Kamu bisa travelling ke sini ramai-ramai barengan teman ataupun sendiri karena lokasinya cukup ramah dan aman.

Buat Kamu yang masih bingung, jadi Taman Balekambang Solo ini posisinya tepat di belakang Stadion Manahan dan juga dekat dengan Terminal Tirtonadi, jadi mudah sekali  untuk dijangkau. Jika kamu dari luar kota dan turun di Terminal Tirtonadi bisa menggunakan jasa sewa mobil atau motor menuju lokasi.

Nah, untuk jam operasionalnya Kamu nggak perlu khawatir, karena Taman Balekambang Surakata akan tetap buka tanpa libur, mulai dari hari Senin sampai Minggu dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Lihat juga : Heritage Palace, tempat wisata nuansa klasik

Fasilitas Taman Balekambang Solo

Pesona Taman Balekambang nggak cuma di wisata alamnya saja, wahana permainan di sini juga seru-seru abis. Ada cukup banyak fasilitas unik yang bisa Kamu coba buat main dan seru-seruan bareng teman-temanmu. Seperti:

1. Taman Kelinci

Sama kayak namanya, taman ini menghadirkan banyak kelinci lucu yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi buat adik-adik dan juga Kamu sendiri. Di sini semua pengunjung boleh mengusap, mengelus dan juga memberi makan hewan imut tersebut.

Untuk masuk ke taman ini nggak gratis ya, Kamu harus membayar tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah setiap orang. Tiket tersebut berlaku bagi seluruh pengunjung tanpa batasan usia minimal ataupun maksimal.

2. Kolam Renang Keceh

Waterboom khusus anak-anak ini cocok banget kalau adik Kamu rewel karena nggak betah sama udara panasnya Kota Solo. Di kolam ini, mereka bisa bermain sepuasnya tanpa khawatir dengan kedalaman kolam.

Agar bisa menikmati fasilitas ini, maka pengunjung khususnya para anak-anak harus membayar tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah saja, tanpa batasan waktu mulai pukul 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Silahkan lihat : rekomendasi kolam renang Solo

3. Outbound Park Area

Satu ini pasti cocok buat Kamu yang punya jiwa petualang tinggi. Tempat ini pas banget buat seru-seruan bareng circle maupun organisasi Kamu, agar dapat kesan menyenangkan dan punya momen nggak terlupakan ketika sedang berkunjung di Taman Balekambang Solo.

Lokasinya cukup luas, jadi nggak bakalan kehabisan tempat. Selain itu, di sini Kamu juga bisa menikmati wahana flying fox dan juga paket outbound lain bareng teman-temanmu. Caranya gampang, tinggal daftar dan pilih paketnya di bagian registrasi.

4. Area Pemancingan Ikan Candak Colke

Meskipun tempat ini terkesan buat para bapak dan om-om, namun Kamu juga boleh untuk mengunjunginya. Di sini, semua pengunjung akan merasakan kenikmatan memancing tiada tara, karena area kolam yang cukup luas dan tenang.

Selain itu, Kamu juga akan diajari teknik dan teori memancing yang benar, jadi nggak asal lempar-lempar kail saja. Dengan begitu, ilmu serta wawasanmu di dunia pemancingan bisa bertambah baik.

5. Berkeliling dengan Becak dan Perahu

Apakah Kamu merasa letih jika berjalan kaki menelusuri Taman Balekambang? Pas banget, di tempat wisata tersebut terdapat jasa bapak-bapak becak yang bisa Kamu manfaatkan. Cukup membayar tarif sewa sebesar 25 sampai 35 ribu rupiah sudah bisa berkeliling selama satu putaran.

Sedangkan untuk sewa perahu beserta kemudinya, Kamu bisa membayar 10.000 ribu rupiah dengan durasi selama 10 menit, atau sekitar 35 ribu rupiah tiap satu putaran keliling danau. Wahana ini banyak diminati karena selain menenangkan juga menyajikan berbagai spot foto menarik.

So, itulah penjelasan ringan tentang pesona Taman Balekambang yang dijamin bakalan bikin Kamu tertarik buat nyobain segala wahana, serta pengen ngerasain suasana damai nan sejuk untuk melepas berbagai kepenatan hidup.

Bagikan di :