Wisata Budaya Pura Mangkunegaran di Kota Solo

Apakah Kamu belum kenal dengan Pura Mangkunegaran? Situs ini dulunya merupakan kediaman keluarga penguasa Surakarta bernama Mangkunegara. Kini, Pura telah dibuka untuk umum dan digunakan sebagai sarana wisatawan belajar mengenal sejarah budaya Kota Solo. Jadi, apakah Kamu tertarik mencoba history travel di Pura Mangkunegaran ini?

Mengenal Pura Mangkunegaran

Pura berasal dari Bahasa Jawa Klasik yang artinya ‘istana’. Adapun istilah ini digunakan untuk menyebut kompleks bangunan tempat kediaman keluarga raja. Kota Surakarta sendiri berada di bawah naungan pemerintahan Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran kini terbuka sebagai tempat wisata masyarakat umum. Baik warga Surakarta maupun luar kota. Di sini, pengunjung akan diajak menyusuri sejarah kehidupan para raja dan keluarganya.

BACA JUGA :  Apa Perbedaan Solo dan Surakarta? Berikut Penjelasannya

Alamat Pura Mangkunegaran

Adapun Pura Mangkunegaran ini terletak di Jl Ronggowarsito, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Apabila menggunakan transportasi kereta api, Kamu dapat turun di stasiun Jebres. Selanjutnya, naik kendaraan umum, menyewa mobil, gojek dan menuju lokasi

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Pura Mangkunegaran ini memakan waktu perjalanan sekitar dua jam dari Jogjakarta. Kamu dapat mengakses rute dengan menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan perjalananmu.

Sejarah Pura Mangkunegaran

Pura ini didirikan oleh penguasa Mangkunegara I pada tahun 1757. Bangunan  dibuat menggunakan tata letak keraton. Yaitu terdiri dari pamedan, pendapa, pringgitan, dalem dan kaputren. Beberapa ruang tersebut kini dibuka umum untuk wisatawan.

BACA JUGA :  Waduk Kedung Ombo: Surganya Wisata Boyolali