Mendalami Budaya Jawa Beserta Keunikanya di Keraton Solo

Pernahkah Kamu berkunjung ke Keraton Solo? Jika belum, yuk mari segera rencanakan kunjunganmu ke sana untuk mendalami budaya Jawa. Di sisi lain juga bisa melihat keunikan-keunikannya sambil berswafoto ria, bisa membuat teman sosmedmu merasa iri dan takjub lho.

Ulasan Singkat Keraton Solo

Keraton Solo didirikan pada tahun 1974 oleh Susuhunan Pakubuwana II dalam rangka untuk menggantikan hancurnya Kartasura akibat adanya Geger Pecinan setahun sebelumnya.

Keraton ini memiliki gaya arsitektur yang unik, yakni memadukan antara ciri khas budaya Jawa dan juga bangunan Eropa dalam setiap sudut ruangannya. Lokasi ini dibangun di area tanah cukup luas, tepatnya berada di Kelurahan Buluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta Propinsi Jawa tengah.

Tempat wisata budaya ini buka setiap hari dengan penjadwalan Senin sampai Kamis buka pada pukul 09.00-14.00 WIB dan untuk hari Jumat sampai Minggu buka pada jam 09.00-15.00 WIB.

Bagian Bangunan Wisata Keraton Solo

Wisata Keraton Solo atau yang juga biasa disebut dengan Kasunanan Surakarta ini terdiri dari beberapa bagian bangunan, dimana setiap pengunjung akan disuguhi dengan berbagai barang-barang antik peninggalan kerajaan. Seperti:

1. Pelataran Keraton Surakarta

Saat Kamu mulai menginjakkan kaki dan memasuki gerbang Keraton Solo, maka pelataran yang sangat luas akan menyambutmu dengan keindahannya. Bahkan, seakan-akan menggambarkan betapa berwibawanya bangunan Kasunanan Surakarta kebanggan masyarakat di sekitarnya tersebut.

Di pelataran itu, penglihatanmu akan difokuskan pada keberadaan sebuah meriam besar yang diberi nama Kyai Rancawara. Benda bukti perjuangan kerajaan pada masa lampau itu dibuat dengan perunggu. Sehingga, kesan klasik terpancarkan dengan indah.

2. Museum Kasunanan Surakarta

Di museum Kasunanan Surakarta ini, tersimpan barang-barang antik peninggalan kerajaan beserta cerita perjuanganya jaman dahulu. Bagian ini paling banyak digemari pengunjung untuk berfoto atau berlama-lama dalam belajar sejarah.

Satu hal yang perlu Kamu tahu ketika masuk museum ini yakni, tidak diperbolehkan memakai topi, kacamata hitam atau celana pendek untuk menjaga kesopanan. Jika memang tidak sengaja mebawa larangan itu, maka bisa diberikan ke petugas penitipan barang.

3. Sasana Sumewa

Sasana Sumewa konon katanya merupakan sebuah tempat yang digunakan para raja untuk berinteraksi serta berkomunikasi dengan abdi dalem serta bawahannya. Biasanya, hal tersebut dilaksanakan pemimpin dalam rangka menyampaikan berbagai macam informasi penting.

Nah, di sini Kamu tidak boleh masuk dan naik ke lantai bangunannya, karena hal itu dianggap sakral. Sehingga, tidak diizinkan dijamah siapapun kecuali pihak keluarga Kasunanan Surakarta serta pengelola.

Jadi, ketika sampai di area bangunan ini, Kamu bersama rombongan akan didampingi para pemandu wisata dan hanya diperbolehkan mengintip area dalam Sasana Sumewa dari luar saja.

4. Bangunan Kori

Di Keraton Surakarta ini Kamu juga akan menemui 3 bangunan lain yang bernama Kori Mangu, Kori Rentang dan Kori Brojonolo. Karena menampilkan kesan klasik, pasti memberi kesan tidak terlupakan.

Bangunan tersebut sangatlah kuno, terlihat dari tanda tiang-tiang penyangga khas Jawa. Lantainya juga masih sangat antik dengan motif kecil-kecil abstrak untuk memberikan kesan unik serta elegan. Siapkan kamera terbaik agar momen berhargamu tidak terlupakan.

Harga untuk Berwisata di Keraton Solo

Ketika Kamu ke Kota Solo, dan ingin  berwisata di Keraton Solo merupakan sesuatu yang sangat terjangkau. Di jamin, setelah pulang dari liburan di sini kantong atau dompetmu nggak akan bolong. Informasi tentang harga tiket masuk atau keperluan wisata lainnya akan diuraikan berikut ini:

1. Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berjalan-jalan atau berfoto mempelajari budaya di Keraton Solo, maka Kamu harus membayar tiket masuk dengan harga Rp.10.000,- saja, untuk lama waktu kunjungan tidak terbatas selama jam wisata masih dibuka.

Walaupun harga sangat terjangkau, kenyamanan pengunjung selalu diutamakan dengan memberikan fasilitas menarik serta tempat nyaman dan sejuk. Nuansa adem bersama alunan musik klasik di dalamnya menambah kesan klasik nan eksotik.

2. Harga Mengabadikan Foto Langsung Jadi

Jika Kamu dan teman-temanmu ingin memiliki kenangan tersendiri di sini, maka bisa mengabadikan momen dengan menggunakan layanan foto langsung dicetak, jadi seketika bertuliskan “Keraton Solo Hadiningrat” pada gambar yang disuguhkan.

Dengan hanya membayar uang sebesar Rp.20.000,- saja per fotonya, maka Kamu akan mendapatkan foto cetak kualitas baik dengan berbagai gaya dan spot tempat sesuai keinginan pribadi. Sang fotografer siap melayani permintaan pengunjung secara ramah.

3. Harga Parkir

Untuk harga parkir kendaraan, maka pihak pengelola Keraton Solo telah menetapkan tarif seperti berikut. Parkir bus seharga Rp.25.000,-, parkir mobil jenis apapun Rp.15.000,- dan parkir sepeda motor Rp.10.000,-.

Biaya parkir tersebut lumayan terjangkau untuk ukuran tempat wisata kawasan Jawa Tengah. Bahkan, pihak penjaga telah menjamin kendaraan aman dan bebas kerusakan akibat kesalahan parkir atau gesekan dengan alat transportasi lain di sana.

4. Harga Penginapan Sekitar Keraton

Jika Kamu ingin menginap di sekitaran Keraton Solo ini, ada cukup banyak penginapan yang tersedia. Mulai dari hotel berbintang sampai kamar kos dengan harga yang cukup terjangkau. Tinggal sesuaikan saja dengan ketersediaan anggaran serta kebutuhanmu untuk berapa orang.

Untuk hotel, harga mulai dari Rp.200.000,- bagi setiap kamar per malam bergantung pada fasilitasnya, Losmen    memiliki tarif mulai dari  Rp.100.000,-  per malam untuk setiap kamarnya dan kos hanya Rp30.000,- per malam untuk setiap orang.

Semua itu, tergantung pada letaknya yang strategis atau tidak serta fasilitas di dalamnya. Cukup terjangkau bukan?

5. Harga Makanan di Sekitar Keraton

Biasanya, setelah keliling-keliling area Keraton Solo, perutmu sudah mulai protes. Nah, solusinya adalah makan di warung atau restoran yang ada di sekitaran lokasi tersebut. Harganya terjangkau dan rasanya maknyus.

Jika uang kamu pas-pasan, jangan pesimis dulu. Harga makanan di sini cukup cocok untuk kantong siapa saja, mulai dari pelajar hingga orang dewasa. Dengan uang Rp.10.000,- saja, perutmu sudah bisa kenyang dengan menu lezat sederhana lengkap dengan minumannya.

Lihat juga : Pura Mangkunegaran

Fasilitas Umum di Keraton Solo

Keraton Solo menyediakan fasilitas umum yang akan memudahkan para pengunjungnya, seperti toilet dengan kebersihan dan kenyamanan terjaga. Namun, jagalah norma kesopanan dan kebersihan ketika menggunakannya.

Janganlah membuang sampah di dalam closet, karena bisa mengakibatkan sumbatan pada saluran pembuangan. Selain itu, matikan kran saat selesai menggunakan toilet tersebut.

Jika Kamu membawa barang-barang terlarang yang tidak boleh dibawa masuk ke area dalam keraton, maka titipkanlah di tempat penitipan barang. Atau jika membawa mobil sendiri atau sewa mobil Solo, barang bisa di tinggalkan di mobil dan di jaga supir. Fasilitas ini dapat dinikmati siapa saja tanpa membayar biaya sepeserpun. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi.

Demikianlah pembahasan tentang Keraton Solo yang bisa Kamu jadikan referensi. Segera bisa pergi ke sana ya! Terlebih untuk mengobati rasa penasaran yang ada dalam hatimu selama ini. Jangan lupa menabung untuk transportasi dan beli tiket masuknya. Selain itu, persiapkan uang lebih.

Bagikan di :