Pesona Kebun Teh Kemuning yang Tiada Duanya

Penat dengan aktivitas sehari-hari? Ingin berlibur dengan sensasi yang berbeda, nah Kamu bisa refreshing menikmati pesona keindahan alam dengan berkunjung ke objek wisata Kebun Teh Kemuning ketika berada di Kota Solo.

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Kemuning

 Wisata Kebun Teh Kemuning

Agrowisata kebun teh ini berada tidak jauh dari pusat Kota Solo, yakni hanya berjarak kurang lebih 25 kilometer saja. Lokasinya tepatnya beralamatkan di Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di daerah Solo dan banyak diminati wisatawan baik lokal maupun asing, karena menyuguhkan pemandangan yang sangat indah berlatar pegunungan dan perkebunan.

Lokasi objek wisata kebun teh sendiri berada di kaki gunung Lawu, sehingga suhu udara kawasan tersebut cukup sejuk kurang lebih 21,5 derajat celcius. Selain itu, disini juga terdapat Kali Pucung yang terkenal memiliki wahana permainan lengkap.

Pesona keindahan dari pegunungan gunung Lawu serta hamparan perkebunan teh yang asri dan membentuk piramida-piramida memang tiada duanya. Belum lagi ditambah dengan udara sejuknya menjadi daya tarik tersendiri.

Kamu juga dapat menikmati pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Bukan hanya itu saja, di sini para wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan teh secara langsung mulai dari awal pemetikan hingga akhir.

Ragam Aktivitas Liburan yang Bisa Dilakukan

Kebun Teh Kemuning karanganyar

Ada rencana untuk berlibur ke wisata Kebun Teh Kemuning? Sebelum itu, Kamu bisa membuat beberapa rencana kegiatan menarik yang akan dilakukan di sana. Seperti camping, ngeteh, bersepeda atau outbond.

1. Camping

Camping, wah sepertinya kegiatan ini menyenangkan, dimana Kamu bisa melakukannya saat berlibur ke Kebun Teh Kemuning. Karena kawasan agrowisata ini menyediakan area perkemahan yang dikelilingi pepohonan pinus.

Bagi wisatawan yang hendak camping di area perkemahan Segara Gunung ini, bisa menggunakan akses jalan melalui pusat desa Kemuning yang mengarah ke Candi Sukuh. Tenang saja jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 5 meter saja.

2. Ngeteh

Kegiatan lain yang dapat dilakukan ketika berlibur ke agrowisata ini yakni ngeteh. Di sini, Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk sambil menyeduh secangkir teh hangat khas gunung Lawu lho.

Selain itu, kawasan agrowisata kemuning ini terdapat beberapa kedai yang menjual berbagai jenis the. Di antaranya seperti green, peach, mint, black, chamomile, passion fruit tea¸dan masih banyak lainnya. Dimana masing-masing memiliki kenikmatan rasa berbeda-beda.

3. Olahraga

Buat wisatawan yang hobi berolahraga, objek wisata kebun teh ini menjadi pilihan tepat sebagai destinasi liburan. Di lokasi ini, Kamu bisa memacu adrenalin dengan bersepeda sambil menyusuri medan ekstrim.

Selain itu, terdapat beberapa jalan yang bisa Kamu tempuh saat bersepeda, di antaranya trek menuju Dusun Sumbersari, dimana terkenal dan biasa dilewati karena lumayan landai. Sedangkan rute lain yaitu, medan ke arah Padepokan Segara Gunung.

4. Outbound

Selain menikmati pemandangan pegunungan, wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan outbond juga. Bahkan, Kamu juga bisa mencoba permainan paralayang dengan membayar sebesar Rp.350.000,- per orangnya untuk menikmati sensasi berkeliling di atas langit.

Wahana outbond lain yang bisa Kamu lakukan rame-rame yaitu paintball. Permainan ini bisa dilakukan secara berkelompok masing-masing maksimal berisikan 10 orang. Dimana setiap pemain dikenakan biaya sebesar Rp.40.000,-, harga tersebut sudah include baju, senjata serta 25 butir peluru.

Di wisata kebun teh juga tersedia flying fox dengan panjang sekitar 70 meter serta ketinggan 9 m. Game ini cocok dimainkan bagi Kamu pecinta tantangan yang memicu adrenalin. Untuk merasakan sensasi wahana tersebut tarifnya cukup terjangkau, yakni hanya Rp.10.000 saja per orang.

Fasilitas Wisata

Buat wisatawan yang berasal dari luar Kota Solo, tidak perlu khawatir berkunjung ke sini, karena di lokasi wisata Kebun Teh Kemuning disediakan fasilitas berupa hotel, penginapan dan homestay yang range harganya variatif mulai dari murah hingga mahal. Kamu tinggal pilih sesuai budget saja.

1. Villa

Saran aja sih, kalau mau berlibur di kawasan wisata ini ramai-ramai bersama rombongan keluarga atau teman, Kamu bisa menyewa sebuah villa khusus agar privasi terjaga keamanannya dan lebih nyaman.

Wisata kebun teh ini juga menyediakan area parkir yang sangat luas, sehingga pengunjung tidak perlu berdesak-desakan. Untuk menitipkan kendaraan, biayanya sangat murah, yakni Rp.2.000,- untuk motor sedangkan mobil cukup membayar Rp.5.000,- saja.

Buat wisatawan yang sedang berkeliling area kebun, disarankan agar menjaga kebersihan lingkungan. Jadi, jangan buang air kecil sembarang karena kawasan tersebut telah disediakan toilet umum yang letaknya menyebar. Untuk menggunakan fasilitas ini, Kamu cukup membayar Rp.2.000,- saja.

2. Musholla

Di kawasan objek wisata Kebun Teh Kemuning juga dilengkapi fasilitas musholla, jadi saat jam sholat tiba Kamu tidak perlu khawatir dan kesulitan untuk menemukan tempat sholat di sela-sela asyiknya berjalan-jalan menikmati pemandangan pegunungan.

Wisatawan juga tak perlu membawa bekal terlalu banyak karena takut kelaparan, karena di kawasan objek wisata juga terdapat banyak warung teh atau kopi yang menyajikan berbagai macam menu makanan nusantara.

3. Kolam Pemancingan

Terdapat juga beberapa rumah makan yang memiliki kolam pemancingan. Jadi, wisatawan dapat memancing dan mengolah hasil tangkapannya agar bisa disantap langsung di lokasi tersebut, asyik sekali bukan?

Pulang berlibur tanpa membawa buah tangan rasanya kurang afdhol ya. Kamu tak perlu khawatir jikalau ingin membeli oleh-oleh khas daerah ini. Karena di dalam objek tersebut, juga terdapat beberapa toko yang menjual berbagai macam souvenir mulai dari makanan hingga kerajinan tangan.

Harga Tiket Masuk

Berbicara soal harga tiket masuk, para wisatawan tak usah khawatir jika hendak berkunjung ke Kebun Teh Kemuning, karena tidak ada penarikan HTM alias gratis. Namun, Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

Sama seperti destinasi wisata lainnya, di sini akan ramai dikunjungi pada akhir pekan atau saat libur panjang. Agrowisata tersebut dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Dengan begitu, Kamu bisa puas berwisata.

Lihat juga : Cemoro kandang, suasana pegunungan yang indah

Rute Menuju Wisata

Rute perjalanan untuk mencapai lokasi wisata Kebun Teh Kemuning ini akses jalannya cukup mudah dijangkau baik dari arah Jogja, Wonogiri, Boyolali, Sragen atau kota lainnya. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Namun, jika Kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi harus berhati-hati dan melakukan beberapa persiapan sebelum perjalanan. Karena mengingat ciri khas jalan di pengunungan itu naik turun serta berkelok-kelok. Jika ingin aman maka memakai jasa sewa mobil maka supir pasti sudah berpengalaman.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota yang hendak berlibur ke kebun teh ini, ambil lajur yang menuju kota Karanganyar selanjutnya tempuh rute ke Karang Pandan. Telusuri saja hingga menemukan papan petunjuk arah dan ikuti jalan utama tersebut hingga menemukan plang selamat datang.

Jika Kamu hendak berkunjung ke sini menggunakan transportasi umum, pilih saja bis jurusan Tawangmangu kemudian turun di Terminal Karang Pandan. Selanjutnya oper kendaraan lain atau bisa memakai jasa ojek agar lebih cepat sampai tujuan.

Demikianlah informasi seputar objek wisata Kebun Teh Kemuning. Semoga ulasan tersebut bisa menjadi sumber referensi Kamu saat kebingungan memilih destinasi liburan yang pas ketika berada di wilayah Kota Solo.

Bagikan di :