Grojogan Sewu: Air Terjun Eksotis di Kaki Gunung Lawu

Grojokan Sewu merupakan air terjun yang berlokasi di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Berdekatan dengan wisata Bukit Sekipan, sehingga menjadi destinasi menarik selanjutnya yang harus dikunjungi ketika berada di Kota Solo.

Menilik Pengetahuan Tentang Grojogan Sewu

Grojokan Sewu atau air terjun seribu akan menjadi destinasi alam yang menarik dan eksotis. Bisa dibilang, lokasi ini merupakan wisata puncak selanjutnya bagi warga Solo dan menjadi Kawasan paling mempesona.

Seribu yang artinya ternyata bukan jumlah air terjunnya, akan tetapi tinggi yang lebih dari seribu Pecak. Pecak merupakan satuan jarak yang digunakan pada jaman dulu. Jika sekarang, maka ketinggiannya sekitar 81 meter.

Lebih menantangnya adalah jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi. Terdapat dua pintu masuk yang disediakan memang, salah satunya dekat dengan terminal Tawangmangu. Fantastisnya, pintu tersebut akan mengarahkan pengunjung untuk menuruni sekitar 1200an anak tangga.

Berjarak sekitar 42,5 km dari Kota Solo dan dapat ditempuh selama 60 sampai 75 menit dengan kendaraan bermotor. Namun, untuk menuju air terjunnya sendiri pengunjung harus berjalan kaki serta wisatanya akan dibuka mulai pukul 07:00 sampai 17:00 WIB.

Nah, buat Kamu yang sangat penasaran lebih jauh mengenai tiket masuk serta fasilitas yang tersedia, bisa simak penjelasan berikut:

Tiket  Masuk di Grojogan Sewu

Untuk tiket masuk menuju Grojogan Sewu dapat diakses oleh kalangan umum dengan tarif sebesar 17.000 rupiah saja. Namun, berbeda untuk wisatawan asing, mereka akan dikenai harga sekitar 160.000 rupiah/orang. Wow, fantastis ya perbedaannya? Panorama alam yang disajikan pun enggak main-main.

Selain panorama alam, juga tersedia tempat-tempat istirahat, spot foto menarik, warung makan, toko buah-buahan, souvenir, mushola, toilet, taman binatang hutan, bahkan waterpark mini. Begitu memanjakan mata bagi para penikmatnya.

Penginapan yang tersedia pun juga cukup banyak di sekitar lokasi. Buat Kamu yang takut kemalaman, maka tidak perlu khawatir. Di sekitar wisata, akan banyak ditemui hotel-hotel dengan kisaran harga mulai 200.000 rupiah per malam.

Setelah melewati loket pembayaran tiket, Kamu akan diarahkan ke pintu masuk yang memiliki dua jalur, di antaranya:

1. Pintu Masuk Pertama

Pintu masuk yang pertama ini berada dekat dengan Taman Balekambang dan terminal Tawangmangu. Sehingga lebih dekat dan paling dikenal oleh masyarakat. Namun, tantangannya ketika lewat jalur ini Kamu harus menuruni sekitar 1200an anak tangga.

Jalur tangga ini memang mudah dan aman, bahkan mungkin untuk turunnya akan terasa mudah serta tidak terlalu Lelah. Akan tetapi, ketika kembali Kamu harus menaiki tangga sebanyak itu, di sinilah tantangannya dimulai.

Kamu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menaikinya. Bahkan, lebih susah lagi jika sedang ramai pengunjung, karena akan dituntut untuk istirahat secepat mungkin sebab antrean jalan. Jadi, sebelum ke sini ada baiknya siapkan fisik dan kesehatan yang ekstra ya!

Menariknya, selain dekat dengan lokasi pemberhentian atau terminal, di sini akan disuguhkan pemandangan berupa kuda-kuda yang berjajar. Sehingga akan memberikan kesan tersendiri dan berbeda bagi tiap orang.

2. Pintu Masuk Kedua

Nah, buat Kamu yang tidak mau capek-capek bisa melewati jalur kedua. Di pintu masuk kedua, jalannya lebih friendly dan cukup landai, meskipun penuh bebatuan. Jadi, cocok untuk jalan santai dan para lansia yang masih bersemangat menikmati pemandangan alam.

Lokasi pintu kedua terletak dekat dengan River Hill, sehingga memiliki pesonanya tersendiri. Oleh karena itu, Kamu bisa memilih mau melewati jalur yang mana, karena masing-masing memiliki tantangan dan keindahan yang berbeda pula.

Tidak hanya itu, ketika melewati pintu masuk, Kamu akan disuguhkan sebuah taman mini dengan patung ular dan katak yang seolah-olah sedang bertengkar. Tiap mulut patung tersebut difungsikan untuk air mancur.

Selanjutnya, ketika sudah sampai di tempat, akan terdapat larangan untuk berenang bahkan dekat-dekat air terjunnya. Sebab, angin berhembus disertai arus yang kencang. Jadi, perlu berhati-hati. Tetapi, jangan khawatir, di antara bebatuan tersebut ada cekungan yang bisa digunakan untuk berenang.

Wisata Alam dengan Kera-kera yang Berkeliaran

Saat berjalan menuju air terjun akan banyak disuguhkan pemandangan alam dengan pohon-pohon hutan yang masih segar dan rindang. Sehingga, membantu pengunjung sebagai tambahan asupan oksigen ketika kelelahan.

Selama di perjalanan, juga akan ditemui kera-kera berkeliaran, tetapi mereka sangat ramah kepada pengunjung. Bahkan, bisa diajak untuk berfoto dan berpose ketika sedang duduk bersantai di jembatan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga ketika Kamu ketahuan membawa makanan, kera-kera tersebut akan mengambil secara paksa. Jika menolak, kawan-kawannya akan datang membantu untuk merebut. Bahkan siap melukai dengan kuku-kukunya yang panjang. Jadi, jangan melawan ya kalau ketahuan!

Kuliner Unik dan Khas

Tidak perlu khawatir kelaparan ketika di sini, karena akan banyak ditemui warung-warung makan. Makanan yang tersedia pun cukup unik, yaitu sate kelinci. Namun, rasanya lezat bahkan tidak kalah dengan sate-sate pada umumnya.

Bukan hanya itu, warung-warung tersebut juga menyajikan sate kambing yang memanjakan lidah. Sate ini terkenal dengan dagingnya yang lembut dan bumbu kaya rempah. Jadi, ketika Kamu berkunjung ke sini pastikan mencoba makanan ini ya.

Wahana Outbond

Wisata di sini juga tidak kalah menariknya. Pengunjung akan disuguhkan bukan hanya pemandangan alamnya yang eksotis. Akan tetapi terdapat arena outbond yang dapat memacu adrenalinmu. Di antaranya, flying fox, mini rafting dan kolam renang.

Wisata ini dilengkapi dengan berbagai pohon hutan yang menjulang serta menyejukkan, akan memberikan efek menenangkan bagi para pengunjung. Sehingga, cocok sekali sebagai tempat refreshing dan Kamu akan terbuai dengan keindahannya.

Begitu indahnya wisata air terjun Grojogan Sewu ini, sehingga Kamu wajib menyiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen dengan foto maupun video. Karena sangat sayang rasanya apabila hanya dilewati begitu saja.

Lihat juga : Candi Cetho yang menakjubkan

Rute Lokasi Grojogan Sewu

Lokasi air terjun Grojokan Sewu ini berada di Desa Sepanjang dan sangat mudah dijangkau. Bagi Kamu yang membawa kendaraan pribadi dari Kota Solo, cukup arahkan ke jalur Solo menuju Karanganyar melewati Palur. Ketika sampai kota akan menemui Terminal Tawangmangu, berarti kalian sudah tiba.

Namun, perlu diingat jalan dekat lokasi akan menanjak, menurun dan berkelok-kelok. Sehingga sebelum berangkat baiknya cek dulu kendaraan untuk keamanan dan siapkan dengan baik. Ketika sampai sana, akan banyak papan penunjuk jalan, jadi tidak perlu khawatir tersesat. Jika membawa mobil pastikan supir juga berpengalaman, sebagai alternatif bisa memakai jasa sewa mobil yang pastinya lebih pengalaman akan medan jalan.

Nah, lantas bagaimana bagi kalian yang menggunakan kendaraan umum seperti bus? Karena lokasi yang dekat terminal, maka Kamu tinggal naik bus dengan tujuan Terminal Tawangmangu. Kemudian dilanjutkan naik angkot atau ojek dengan biaya 10.000 rupiah menuju pintu masuk pertama.

Akan tetapi, jika ingin berjalan menuju pintu masuk juga bisa, karena hanya berjarak sekitar 1 km. Sedangkan untuk jalur masuk kedua sekitar 1,5 km. Cukup mudah bukan jalur menuju wisata Grojogan sewu?

Jadi, tunggu apalagi? Daripada liburan gabut dan nggak ngapa-ngapain mending berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kota Solo, terlebih Grojokan Sewu. Selain bisa untuk refreshing, juga dapat membuat kita semakin bersyukur akan indahnya ciptaan Sang Maha Kuasa.

Bagikan di :