Sisi Menarik dari Candi Sukuh

Indonesia dulunya bukanlah sebuah negara republik seperti saat ini. Sebelumnya, cukup banyak kerajaan besar dan kecil didirikan, utamanya di daerah Jawa. Sehingga, pada pulau tersebut mudah ditemukan peninggalan mulai dari prasasti, arca, atau Candi Sukuh yang lumayan kontroversial.

Penemuan Candi Sukuh

Candi ini sebenarnya sudah ditemukan pada masa penjajahan. Saat itu, kerajaan Inggris Raya yang menduduki tanah Jawa tahun 1815. Pasukan ini dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles, kemudian mengutus seseorang untuk pergi ke kota Solo, bernama Johnson.

Dia ditugaskan untuk mengumpulkan data-data, sebagai bahan bagi buku atasannya berjudul The History of Java. Akhirnya Johnson berkeliling sekaresiden Surakarta. Di tengah perjalanannya, ia menemukan sebuah candi. Namun, lelaki itu hanya melaporkan tanpa menindak lanjuti.

BACA JUGA :  Menikmati Serunya Liburan Keluarga di Pandawa Water World

Tahun 1842, ketika itu masa pemerintahan Inggris Raya telah berakhir dan digantikan oleh koloni Belanda. Pada 1928, Van der Lis, arkeolog dari negara tersebut melakukan penelitian di sekitar Surakarta. Ketika menemukannya, ia langsung melakukan pemugaran pertama.

Letak Candi Sukuh

Kalau Kamu warga Jawa Tengah, pasti sudah familiar dengan lokasi candi ini, kan? Letaknya berada di lereng kaki Gunung Lawu dengan ketinggian 1.186 meter di atas permukaan laut, Dukuh (dusun) Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.