Mendaki Pesona Bukit Cumbri

Pesona alam Indonesia memanglah tiada habisnya. Mulai dari pegunungan, bukit, danau dan pantainya selalu membuat semua orang yang melihat itu takjub serta mengagumi ciptaan Tuhan yang Maha Esa ini. Salah satu bukit yang ada yaitu Bukit Cumbri Jawa Tengah. Apakah Kamu pernah ke sana? Terlebih jika berwisata ke Kota Solo.

Sejarah Bukit Cumbri

Masih tidak lepas dari wisata di sekitaran Kota Solo, kini Kamu pun perlu sekali mampir ke Wonogiri. Meski namanya belum begitu terkenal dengan aneka destinasi berliburnya. Jangan salah, sebab di sini terdapat waduk terbesar di Jawa Tengah yang selalu ramai pengunjung yaitu Waduk Gajah Mungkur.

Setelah dari sana, Kamu dapat melanjutkan perjalanan ke wisata alam yang menyejukkan di sebuah lokasi bernama Bukit Cumbri. Unik bukan namanya? Konon dahulu kala pemberian nama Cumbri sendiri berasal dari seekor burung besar ‘Cok-Bri’.

Burung tersebut diduga mendiami kawasan bukit ini. Namun, sering memangsa hewan hewan ternak milik warga sekitar. Sehingga diburu menggunakan umpan tikus untuk memakan sayap-sayap dari Cok-Bri. Sehingga tidak bisa terbang serta akhirnya jatuh mati dan punah.

Entah itu tadi merupakan kisah asli atau hanya legendaris masyarakat saja. Namun, keindahan pesona Bukit Cumbri memanglah sangat menakjubkan. Selain itu, tempat ini juga cocok buat Kamu yang masih pemula dalam hal pendakian sebab perjalanan menuju puncaknya yang tidak terlalu tinggi.

Menikmati Pesona Bukit Cumbri

Tempat ini menjadi salah satu tujuan wajib para pencinta Alam ketika berada di sekitar Kota Solo, Jawa Tengah. Sebab, berkat sosial media Bukit Cumbri semakin populer dan terkenal di kalangan masyarakat.  Tidak heran jika mereka ingin mendaki di sini.

  • Pemandangan 7 Kabupaten

Bukit Cumbri sendiri memiliki ketinggian 638 meter dari permukaan laut. Dengan memperlihatkan hamparan pemandangan alam hijau khas pegunungan yang berada di sekitar Ponorogo dan Wonogiri. Ketika Kamu mencapai puncak pada malam hari, akan dapat melihat indahnya gemerlap lampu dari tujuh kabupaten.

Mulai dari kabupaten Ponorogo, Wonogiri, Karanganyar, Madiun, Pacitan, Ngawi serta Magelang. Di sini, juga terdapat dua puncak bukit yang mempesona. Salah satunya menghadap ke arah barat dan memiliki tinggi lebih rendah dari yang menghadap ke timur.

Meskipun terbilang memiliki ketinggian lebih rendah daripada bukit-bukit lainnya. Kamu tidak akan kecewa dengan pesona menawannya. Sebab, di tempat ini para pengunjung akan terkagum-kagum berkat keindahannya bagaikan di dongeng negeri atas awan.

  • Pemandangan Atas Awan

Kamu tidak perlu lagi mendongak ke atas untuk melihat keindahan awan. Sebab, awanlah yang akan berada di sekelilingmu. Hal tersebut akan menjadi spot menarik yang bisa membuat teman Instagrammu iri melihatnya.

Apasih alasan sebagian orang mengunjungi wisata ini? Yaitu, untuk berburu sunset ataupun sunrise tanpa terlalu lelah. Sehingga, bisa melihat momen terbaik untuk menikmati keindahanya.

Untuk datang ke sini disarankan pada musim hujan. Karena pada saat kemarau kawasan ini akan terlihat gersang. Namun, mendaki lah ketika hari-hari biasa, sebab di hari weekend Bukit Cumbri sangat ramai, sehingga Kamu akan berdesak-desakan untuk mendapatkan foto dengan panorama terbaik.

Persiapan Menuju Bukit Cumbri

Memiliki rencana berlibur yang mengasyikkan, tentunya perlu persiapan yang matang. Sebab, Kamu pasti tidak ingin terjadi hal kurang menenakkan di perjalananmu. Begitupun ketika akan menapaki pendakian di Bukit Cumbri ini.

Kamu perlu menyiapkan berbagai aspek diketahui dan dimengerti. Salah satunya yaitu, kesehatan fisik dan mental yang prima. Sebab, ini akan menjadi kendala yang kurang mengenakkan ketika mendaki bersama temanmu dan tiba-tiba jatuh sakit.

Selain kesehatan fisik, Kamu juga perlu mengecek kembali kendaraan yang hendak digunakan menuju ke wisata tersebut. Meski kondisi jalannya tidak perlu dikhawatirkan alias masih bagus, tetaplah harus berjaga-jaga. Namun, area lain memiliki tanjakan-tanjakan yang cukup menantang.

Perlu diketahui juga, dari tempat parkir menuju ke puncak Bukit Cumbri Kamu harus berjalan kaki. Bagi mereka yang sudah terbiasa mendaki gunung, Bukit ini bukanlah apa-apa. Namun, bagi pemula perlulah untuk melatih fisik terlebih dahulu sebelum mencoba pendakian.

Tidak lupa yang terpenting, Kamu harus menyiapkan bekal serta air minum yang cukup. Karena pendakian menuju puncak cukup menguras tenaga dan konsentrasi yang tinggi. Sebab, di jalur pendakian melewati jalur setapak dengan sisi-sisi jurang.

Selama pendakian, Kamu juga perlu berhati-hati pula sebab struktur tanah yang berada di Bukit Cumbri ini tidak rata dan dapat membahayakan diri saat lengah. Ditambah lagi banyaknya batu-batu besar, sehingga jalanannya curam baik sisi kiri maupun kanan dengan hembusan angin cukup kencang.

Jalur Pendakian Menuju Bukit Cumbri

Bagi Kamu hendak menuju ke puncak Bukit Cumbri ini, pasti perlu tahu arah atau rute pendakian di sini. Untuk mencapai puncaknya, terdapat dua jalur yang bisa dilewati yakni jarum Biting dan jalur Kepyar.

Bila melewati jalur Biting, Kamu harus ekstra hati-hati dan berkonsentrasi. Sebab akan melewati jalan setapak menanjak dan curam dengan sisi-sisi berupa jurang dalam. Namun, melalui jalur ini sepanjang jalanannya akan menyajikan pemandangan yang jauh lebih indah.

Apabila Kamu tidak mau bersusah payah dan melewati jalur yang mudah. Bisa nih memulai rute satunya yakni jalur kepyar. Untuk lama perjalanannya sendiri berkisar antara 1 hingga 1½ jam berjalan kaki.

Rute ke Kawasan Bukit Cumbri

Sebenarnya, lokasi Bukit Cumbri sendiri terletak di dua kota berbeda yakni Ponorogo dan Wonogiri. Sehingga, terdapat beberapa rute yang dapat digunakan untuk menuju ke kawasan ini. Di antaranya dapat ditempuh dari Wonogiri, Kota Solo dan Madiun.

Untuk yang pertama jalur Wonogiri, Kamu dapat melintasi jalanan Purwokerto atau Ponorogo dengan kondisi jalan yang sangat baik. Sehingga, tidak perlu terlalu takut apabila perjalanannya sulit. Namun tetap harus berjaga-jaga dengan keadaan kendaraan yang prima.

Kedua, bila Kamu berasal dari Kota Solo dapat melalui jalur Solo – Wonogiri menggunakan jalan Purwanto menuju daerah Biting. Apabila hendak menggunakan bis umum bisa memanfaatkan bis AKDP jurusan Solo – Jawa Tengah ke Purwanto dan dilanjutkan dengan ojek ke Bukit Cumbri.

Itulah tadi beberapa rute jalan menuju ke Bukit Cumbri yang dapat Kamu lalui, dan masih ada lagi jalur lainnya yang bisa dicari melalui Google Maps di smartphone Androidmu.

Lihat juga : Rekreasi seru di Bukit Sekipan

Lokasi, Harga Tiket dan Jam Buka Bukit Cumbri

Tadi sudah membahas banyak mengenai keindahan wisata alam Bukit Cumbri dan rute perjalanannya. Namun, Kamu belum mengetahui letak pasti dimana sih Bukit ini berada, bukan?

Bukit Cumbri terletak di antara Wonogiri dan Ponorogo lengkapnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwanto, Wonogiri. Lokasi ini dibuka untuk 24 jam penuh. Untuk harga tiketnya pun cukup terjangkau yakni Rp.3.000;- untuk motor dan mobil sebesar Rp.5.000;-.

Nah, gimana terlihat mengasyikkan bukan? Segera jadwalkan perjalananmu ke destinasi Bukit Cumbri ketika berada di Kota Solo. Karena akses bus dari Solo ke bukit Cubri tidak mudah bisa memakai fasilitas sewa mobil saja. Selain pemandangan yang indah, Kamu dapat pula mengabadikannya untuk daftar foto Instagramable.

Bagikan di :