Berlibur Asyik di Agrowisata Sondokoro

Pasti pernah kan ke Kota Solo? Atau malah hendak ke sini beberapa hari lagi. Semua destinasi yang ada harus Kamu kunjungi, salah satu wisata yang lagi happening banget yaitu Agrowisata Sondokoro Karanganyar.

Mengenal Wisata Agrowisata Sondoko

Wisata Agrowisata Sondoko

Wisata Sondokoro sendiri ialah sebuah destinasi berlibur keluarga dengan wahana yang cukup lengkap. Tempat ini terletak di Jalan Mangkunegara, desa Bojonegoro, Kecamatan Tasikmandu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lokasi ini sangat cocok untuk Kamu yang sedang mencari alternatif objek-objek wisata berada di sekitaran Kota Solo. Bahkan, destinasi ini pun terletak tidak jauh dari beberapa wisata tawangmangu Jawa Tengah lainnya. Ibarat kata, sekali melangkah dua tiga tempat terlampaui.

Di sini, terdapat berbagai wahana permainan anak-anak dan juga ada pula wisata pabrik gula yang dapat Kamu kelilingi beserta keluargamu menggunakan kereta-kereta lawas sejak zaman kolonial Belanda. Masih penasaran dengan Agrowisata Sondokoro? Yuk baca sampai habis!

Sejarah Wisata Agrowisata Sondokoro

Dulunya, tempat ini murni merupakan sebuah pabrik gula yang sudah beroperasi sejak tahun 1871 hingga sekarang ini. Namun, mulai tahun 2006 area ini resmi dibuka untuk umum menjadi destinasi wisata baru di Karanganyar.

Sejak pertama dibuka hingga saat ini, wisata tersebut terus berkembang dengan begitu pesat. Bahkan, sisa-sisa sejarah dari pabrik gulanya pun tidak dihilangkan dan masih tetap bisa Kamu nikmati hingga saat kini. Terlebih pada masa panen tebu.

Untuk nama Sondokoro itu sendiri, diambil dari sebuah nama desa. Legenda yang disebutkan oleh masyarakat, bahwa dahulu kala terdapat dua orang bertarung selama 40 hari 40 malam. Yaitu, bernama Sondo dan Doro untuk merebutkan seorang wanita calon istri demi menjadi menantu orang ternama.

Alhasil, berakhir dengan seri dan nama kedua orang ini pun diambil menjadi nama sebuah desa tersebut menjadi Sondokoro. Seiring berkembangnya masa, kemudian diganti namanya oleh KGPAA Mangkunegoro IV dengan Tasikmandu.

Pengubahan nama dari Sondokoro menjadi Tasikmandu sendiri ada sebabnya. Mangkunegara IV memiliki tujuan agar pabrik gula yang berada di desa ini menjadi pengharapan dan untuk menghasilkan berkah layaknya madu.

Jam Buka Wisata Agrowisata Sondokoro

Wisata ini bukan hanya menyajikan bagaimana cara membuat gula, namun juga terdapat beberapa pohon-pohon yang menjulang dan bagus untuk spot foto. Sehingga menambah kesan tentram, damai dan asri saat berkunjung ke sini.

Destinasi ini pun bukan hanya untuk orang dewasa saja. Melainkan juga anak-anak, apalagi mereka yang masih belajar agar mereka dapat mempelajari proses pembuatan gula di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Selain itu, juga sebagai wisata edukasi yang cukup bagus bagi generasi muda.

Jika Kamu yang hendak berkunjung dan mampir mampir ke sini bersama keluarga, perlu mencatat bahwa lokasi ini mulai dibuka untuk umum dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Bagi Kamu yang kurang suka keramaian, bisa berkunjung di hari Senin sampai Kamis.

Wahana dan Fasilitas Agrowisata Sondokoro

Bermain dan menghabiskan waktu berlibur di Kota Solo memanglah tiada habisnya. Meskipun Agrowisata Sondokoro merupakan wisata daerah, namun pesona yang disuguhkan tidak kalah dengan destinasi yang ada layaknya di kota-kota besar. Bahkan cenderung lebih mengasyikkan dan lengkap.

Di lokasi wisata ini, terdapat berbagai wahana dan fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga, cocok untuk dijadikan tujuan destinasi berlibur bersama keluarga. Di samping itu, Kamu juga dapat mengetahui tentang tahap-tahap dalam pembuatan gula dari awal sampai siap saji.

Adapun beberapa wisata permainan yang dapat Kamu temui di sini yaitu flayingfox, mini futsal, panjat tebing, arena pasir, taman air, taman lalu taman lalu lintas, rumah pohon, jembatan gantung serta masih banyak lainnya.

Adapula wahana permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak seperti, perahu ayun dan bianglala. Satu lagi yang menarik yaitu, bisa berkeliling pabrik gula ini menggunakan kereta uap ataupun diesel dari masa kolonial Belanda.

Bagi Kamu yang menginginkan sensasi pijat kaki dan hobi jalan-jalan, di tempat ini pun terdapat taman yang bisa digunakan untuk pijat refleksi. Menariknya lagi, juga terdapat area untuk terapi kaki menggunakan ikan. Selain sehat juga menyenangkan.

Sedangkan untuk fasilitasnya pun cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, warung makanan, toilet, gazebo, live music, toko souvenir dan homestay. Nah, itu tadi hanya beberapa wahana serta fasilitasnya dan tidak lengkap bila belum mengetahui harga masuknya. Penasaran kan?

Harga Tiket Masuk Agrowisata Sondokoro

Untuk masuk ke Agrowisata Sondokoro tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu mahal. Sebab, banderol tiket masuknya sangatlah terjangkau yaitu senilai 5.000 rupiah saja.

Namun, harga itu hanya untuk biaya masuk saja dan tidak bisa menikmati semua wahana permainan lainnya. Berikut merupakan harga-harga tambahan jika ingin mencoba semua wahana yang ada:

  • 5.000,- untuk salah satu permainan dari motor listrik, air cerdas dan taman air.
  • 6.000,- untuk salah satu permainan dari bianglala, perahu ayun, saccacinema, spoor clasic dan sepor atau kereta gula.
  • 7.000,- untuk arena berenang, argo sehat dan flying fox.
  • 8.000,- untuk sepor Sakarosa dan teboe.
  • 12.000,- untuk wisata pabrik gula.
  • 150.000,- untuk penyewaan area keluarga hall tennis lapangan dan kegiatan ruang meeting.

Bagaimana, cukup terjangkau bukan? Semua wahana di tempat ini bisa kamu coba satu per satu pada jam buka wisata. Serta jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman dan anak anak. Serta buat yang berangkat dari Kota Solo pasti perlu tahu rutenya.

Lihat juga : Ajak keluarga ke Pandawa Water World

Rute dari Kota Solo ke Agrowisata Sondokoro

Buat Kamu yang hendak berangkat dari Solo, perjalanannya cukup dekat yaitu hanya kisaran 15 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh selama kurang lebih 30 menit saja. Berikut adalah alternatif rute yang dapat dilewati bisa melalui Kota Solo.

Pertama, Kamu perlu melalui jalan untuk menuju kabupaten Karanganyar. Pada setelah melewati sungai Bengawan Solo terdapat pertigaan palur, namun hanya perlu lurus saja ke arah jurusan Tawangmangu. Kemudian ambil jalur kiri yang merupakan arah untuk ke Surabaya.

Sebelum memasuki Karanganyar, Kamu akan menemui perempatan panahan yang ditandai dengan dua buah tugu warna hitam. Di sana, terdapat papan nama bertuliskan Agrowisata Sondokoro berbentuk lokomotif. Tinggal putar kiri mengikuti petunjuk arah jalan.

Sekitar 500 meter setelah perempatan tersebut, Kamu akan sampai di Kawari Wisata Agrowisata Sondokoro satu komplek dengan pabrik gula Tasikmandu. Perlu diperhatikan, sebelum sampai ke tujuan, dari kejauhan sudah dapat dilihat cerobong-cerobong asap putih sebagai pertanda destinasi ini.

Nah, itulah tadi beberapa informasi terkait destinasi wisata yang berada di dekat Kota Solo yaitu Agrowisata Sondokoro. Dengan letak yang tidak begitu dan cukup lengkap, Kamu perlu dan wajib sekali untuk berkunjung ke sini saat liburan atau akhir pekan tiba.


Bagikan di :