Daftar Tempat Wisata di Surakarta Paling Recommended

Surakarta memiliki beragam destinasi wisata menarik dan wajib untuk dikunjungi. Pesona ketradisionalan inilah yang memberikan daya tarik tersendiri selain Kota Yogyakarta. Bahkan, juga terdapat banyak tempat wisata di Surakarta yang bagus dan bisa mencairkan suasana saat stres karena penatnya kehidupan.

Beberapa Tempat Wisata di Solo

Terkenal sebagai Kota Budaya, menjadikan ajang bagi para seniman untuk mengeksplor dan berkaya di sini. Sehingga, menghasilkan berbagai wisata yang unik bahkan tidak ada di kota lain. Tradisi dari warganya pun juga masih dijaga dengan sangat baik.

Di sini, Kamu bisa berkeliling Kota menikmati perjalanan dengan bus bertingkat Werkudoro. Bus yang beroperasi setiap akhir pekan dan hari libur ini memasang tarif Rp.20.000,- per orangnya. Bahkan, wisatawan juga bisa menyusuri sungai Bengawan Solo dengan perahu kayu.

Nah, semakin penasaran kan destinasi apa saja yang tren dan rekomended di Surakarta, simak baik-baik penjelasan berikut:

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Jika Kamu sedang berkunjung, maka wajib  untuk datang ke sini. Belum ke Surakarta namanya kalau tidak ke Keratonnya. Memasuki kawasan ini akan banyak ditemui spot-spot menarik, di antaranya Museum Radya pustaka, perpustakan, arsitektur unik, benda pusaka, dan lain-lain.

Harga tiket yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu untuk Domestik Rp.10.000, Domestik Rombongan Rp.8.000 dan Wisatawan Asing Rp.15.000.

Jam operasionalnya sendiri, yakni setiap Senin-Kamis jam 09:00 sampai 14:00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 09:00 sampai 15:00 WIB dan libur di hari Jumat. Di sini Kamu juga akan dilarang untuk merokok dan membawa makanan.

2. Taman Sriwedari

Kompleks pertamanan yang berada di daerah Laweyan, menjadikan ikon budaya tersendiri bagi warga sekitar. Di sini Kamu bisa menikmati pagelaran Wayang Orang (GWO) setiap malamnya. Bahkan Taman Sriwedari juga menyediakan fasilitas istirahat dan free WiFi.

Untuk tiket masuknya sendiri sebesar 7.000 rupiah, namun jika ingin menikmati pertunjukan Wayang Orang Kamu harus membayar lagi, yakni 3.000 rupiah. Komplek ini akan dibuka pada jam 10:00-22:00 WIB dan untuk GWO setiap malam pukul 20:00-23:00 WIB.

3. Kampung Batik Kauman

Kental dengan adat dan budaya sudah pasti menjadikan batik sebagai oleh-oleh terfavorit. Di kampung batik ini, Kamu akan menikmati sensasi berbelanja dari rumah ke rumah. Bisa dipastikan, semua jenis batik keinginanmu akan terpenuhi.

Di sini, juga menyediakan aneka batik tulis, cap, print dan lainnya dengan harga mulai puluhan rupiah hingga jutaan. Mereka akan mulai beroperasi pada jam 08:00 – 20:00 WIB. Selain berbelanja, Kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya, menarik bukan?

4. Pura Mangkunegaran

Selain Keraton, Kota Surakarta juga memiliki pura Mangkunegaran yang merupakan kediaman penguasa pada zaman dahulu. Begitu memasuki pelataran, Kamu akan disambut dengan bangunan khas Eropa bertuliskan Kavalerie-Artillerie, gamelan, Kyai Kanyut Mesem serta pendopo.

Kalau Kamu berkunjung di Hari Rabu, akan menemui pagelaran gamelan serta sanggar tari tradisional dan modern. Pura ini akan dibuka pada jam 08:00 – 15:00 WIB dengan harga tiket masuk Rp.10.000,- saja.

5. Museum Batik Danar Hadi

Jika tadi ada kampung batik, maka di sini ada Museum Batik yang merupakan milik pribadi PT Batik Danar Hadi. Kamu akan menemui sekitar 10.000 koleksi batik yang menjadi cagar budaya Kota Solo. Masing-masing memiliki periodenya, namun kualitasnya masih terjaga dengan sangat baik.

Museum ini akan dibuka mulai pukul 9:00 – 16:30 WIB. Ketika berkunjung ke sini, Kamu juga akan ditemani seorang Guide Tour selama satu jam. Wisata ini bisa dinikmati dengan tiket masuk seharga Rp.35.000,- untuk umum dan Rp.15.000,- bagi pelajar.

6.  Pandawa Water World

Nah, ini merupakan salah satu tempat wisata di Surakarta yang sayang sekali jika dilewatkan. Objek wisata ini menyajikan tema pewayangan di setiap sudutnya dengan patung-patung besar. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati aneka wahana seperti wave pool, sight tower, slides, warm SPA dan lainnya.

Pandawa Water World dibuka mulai pukul 08:00 – 18:00 WIB, akan tetapi untuk kolam renangnya akan beroperasi mulai jam 07:00 – 18:00 WIB. Untuk harga tiketnya sendiri bisa dibilang lumayan, yakni Rp.80.000,- dan untuk weekend menjadi Rp.100.000,-.

7. Taman Balekambang

Bagi Kamu yang menyukai dunia tanaman, maka Taman Balekambang bisa menjadi pilihannya. Selain difungsikan sebagai taman, juga digunakan untuk sarana rekreasi dan edukasi flora yang patut dilestarikan. Di antaranya ada beringin Sungsang, Apel coklat, Kenari, Beringin putih dan lainnya.

Kalau Kamu ingin masuk ke sini, tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Namun, ada beberapa wahana yang disajikan dengan tiket mulai Rp.5.000,-. Taman ini sendiri akan dibuka mulai jam 06:00 – 17:00 WIB.

8. Air Terjun Grojogan Sewu

Seperti namanya, Grojogan Sewu yang berarti air terjun seribu. Di sini, Kamu bisa menikmati berbagai panorama alam yang menyejukkan. Lokasi yang berada di Jalan Tawangmangu ini berjarak sekitar 27 km dari Kota Solo.

Untuk masuk ke wisata ini, Kamu harus membayar tiket seharga Rp.17.000,-/orang dan bisa memilih melalui pintu satu atau dua yang berjarak 500m satu sama lain. Selain pemandangan alam, juga disediakan permainan seperti flying fox, playgorund dan lainnya. Jam buka sekitar 07: 00 – 17:00 WIB.

9. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang yang satu ini bisa menjadi salah satu destinasi pilihan untuk liburan keluarga. Di Taman Jurug ini, menyediakan berbagai hewan langka seperti iguana, merak hijau, harimau putih dan lainnya. Selain itu, wisata di malam harinya tidak kalah menarik, terdapat suguhan dancing fountain.

Objek wisata kebun binatang ini, akan mulai di buka pada siang hari. Sedangkan malamnya, disuguhkan lebih banyak arena seperti taman lampion. Harga tiketnya berkisar antar Rp.20.000 – Rp.25.000,- tiap orang.

10. Wisata Alam Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, di sekitar Kota Solo juga terdapat air terjun Jumog, tepatnya 40 km dari pusat Kota. Lebih menariknya lagi, setiap jam 10:00 pagi di akan muncul pelangi dari pancaran matahari yang ada. Wah, semakin menarik bukan?

Untuk tiket masuknya, di air terjun Jumog bisa Kamu beli dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp.5.000,- saja, sedangkan untuk wisatawan asing Rp.15.000,-. Jika ingin mengunjunginya, wisata ini akan dibuka pada jam 08:00 – 16:30 WIB.

11. Pasar Triwindu Solo

Setelah berwisata ke berbagai tempat, kini saatnya memanjakan mata dengan berbagai barang antik bak zaman old. Yap! Di pasar Triwindu, Kamu akan menemui banyak sekali barang-barang tradisioal yang wajib untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

Di sini, juga menyediakan berbagai kerajian dari kayu, batu, hingga barang lawas seperi radio, wayang, mesin ketik dan lainnya. Buat Kamu yang hobi mengkoleksi benda antik, maka sempatkan mampir ke pasar ini ya!

Bagaimana, semakin tertarik untuk berkunjung ke Surakarta bukan? Pasti pengen mengunungi berbagai tempat wisata di Surakarta di atas. Jika membicarakan soal budaya, adat dan kesenian di sini memang tidak ada habisnya. Jadi, jangan lupa mampir ya supaya liburanmu semakin berkesan dan menyenangkan.

Bagikan di :