Stasiun Balapan: Pusat Kereta Api Paling Terkenal di Kota Solo

Nama Stasiun Balapan sudah cukup populer di seantero nusantara. Walaupun lokasinya berada di Kota Solo, Jawa Tengah, akan tetapi ia dikenal karena pernah dijadikan sebuah judul lagu oleh seorang penyanyi kenamaan Didi Kempot. Jika Kamu belum pernah berkunjung ke sana, pasti penasaran dengan keadaannya.

Sejarah Stasiun Balapan

Stasiun Balapan di Solo merupakan salah satu pemberhentian kereta api yang tertua di Indonesia. Ia dibangun pada abad ke-19 sejak zaman kolonial Belanda. Lokasi yang digunakan untuk pembangunannya pada mulanya merupakan tanah lapang pacuan kuda.

Pembangunan stasiun ini dimulai pada tahun 1864 sebagai tanda untuk meletakkan batu pertamanya. Lalu peresmiannya yakni bertepatan dengan adanya pembukaan segmen Kedungjati Gunduh di kawasan Kota Solo.

Tempat pemberhentian kereta api ini menggunakan layanan elektrik dan menjadi stasiun dengan pelayanan serupa kedua di Indonesia setelah stasiun Bandung. Pelayanan tersebut  mulai dioperasikan pada tahun 1972.

Jalur Kereta Api

Pada awal berdirinya, stasiun ini hanya memiliki  jalur yaitu:

  • Jalur ganda arah hulu ke Yogyakarta.
  • Jalur ganda arah hilir ke Yogyakarta.
  • Jalur tunggal arah Madiun.
  • Jalur tunggal dari dan ke arah Semarang, Jawa Tengah.

Sekarang ini, jalur yang ada di list pelayanan Stasiun Balapan Solo sudah sangat lengkap dan hampir tersedia untuk tujuan kawasan di seluruh pulau jawa. Jadi, Kamu nggak perlu ragu dan bingung buat cari tiket sana-sini.

Loket Tiket di Stasiun Balapan Solo

Di tempat ini, akan ada 4 loket yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Jika Kamu belum pernah ke sana, pasti masih bingung untuk memilih bagian mana.

Loket 1. Loket yang pertama ini berfungsi untuk melakukan penjualan terhadap jenis tiket go show KA Prameks. Nah, Kamu hanya akan diperbolehkan melakukan pembeliannya minimal 3 jam sebelum kereta berangkat ke arah tujuan.

Loket 2. Bagi Kamu yang ingin membeli go show KA jarak jauh, mengetahui tarif dari Kereta Api jenis khusus, serta melakukan pembatalan terhadap pembelian tiket, maka loket 2 inilah tempatnya. Jadi, jangan sampai salah tempat sehingga membuatmu malu.

Loket 3 dan 4. Di Stasiun Balapan Solo ini, loket 3 dan 4 mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk melakukan reservasi terhadap Kereta Api lokal dan jarak jauh.

Prosedur Pembelian Tiket

Ada syarat-syarat tertentu serta prosedur yang harus Kamu taati sebelum melakukan pembelian tiket di Stasiun Balapan ini. Pastikan setiap customer memahami langkah-langkahnya secara runtut. Berikut ulasannya:

  • Pertama, calon penumpang harus mengambil nomor antrean terlebih dahulu pada tempat yang telah disediakan.
  • Selanjutnya, calon penumpang diwajibkan untuk mengisi formulir yang berisi identitas diri maupun tujuan mereka.
  • Setelah itu, mereka dipersilakan untuk menunggu barang beberapa menit sampai nomor antrean dipanggil menuju loket nomor 3 atau 4. Tahap ini bisa jadi berlangsung lama jika sedang ramai.
  • Berikutnya, setelah nomor antrean mereka dipanggil, maka calon penumpang harus segera menuju loket untuk melakukan pembayaran. Namun, pastikan dahulu bahwasanya jenis tiket yang dipesan sudah benar sebelum dicetak.
  • Setelah memastikan kebenarannya, maka petugas akan memberikan cetakan tiket tersebut kepada calon penumpang

Perlu diketahui bahwasanya untuk pembelian tiket tersebut, setiap calon penumpang hanya diperbolehkan membeli paling banyak yakni 4 lembar saja dalam satu waktu. Karena hal tersebut sudah merupakan peraturan resmi dari PT Kereta Api Indonesia.

Fasilitas di Stasiun Balapan

Inilah beberapa fasilitas umum yang ada di Stasiun Balapan Solo, dimana keberadaan hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

1. Ruang Tunggu

Kini, Stasiun Balapan telah mempunyai ruang tunggu yang cukup luas dan nyaman. Suasana di sana lumayan sejuk walau dipenuhi banyak orang, karena terdapat alat pendingin ruangan berkapasitas lumayan besar.

Di samping itu, juga disediakan bangku-bangku yang jumlahnya banyak dan memungkinkan untuk Kamu duduk atau rebahan santuy di sana. Terlebih sambil menunggu kedatangan kereta tujuan siap membawamu melaju ke suatu tempat.

2. Musholla

Jika ingin menunaikan ibadah solat lima waktu atau sekedar beristirahat, maka di Stasiun Balapan telah dibangun musholla yang lumayan besar. Di sini fasilitasnya sangat lengkap mulai dari ketersediaan mukena, sarung, Al-Qur’an, tempat wudhu dan lain sebagainya.

Tapi ingat ya, saat jam waktu sholat di musholla jangan membuat kegaduhan atau membawa sampah di masjid tersebut. Para pengunjung haruslah mengedepankan norma kesopanan serta tetap menjaga tempat ibadah ini agar selalu bersih.

3. Toilet

Toilet serta kamar mandi yang tersedia di Stasiun Balapan Solo cukup banyak jumlahnya. Keadaannya bersih dan nyaman, karena setiap hari ada petugas khusus yang membersihkan supaya tetap wangi dan bebas dari kuman.

Kamu boleh menggunakan fasilitas toilet ini untuk mandi atau hanya sekedar mencuci tangan dan kaki saja. Jangan khawatir, karena di sini tanpa dipungut biaya alias gratis karena merupakan tempat umum.

4. Ruang Kesehatan

Jika ada penumpang yang kurang sehat, maka Kamu bisa membawanya ke klinik kecil di dalam area Stasiun Balapan Solo ini. Di sana, terdapat dokter dan juga perawat jaga selama 24 jam non-stop memberikan pelayanan pada customer.

Obat-obat beserta fasilitas kesehatan lain juga lumayan lengkap. Jadi, kalau Kamu mulai merasa pusing atau nggak enak badan saat berada di Stasiun Balapan, segeralah bergegas ke kliniknya untuk menjalani pemeriksaan.

5. Ruangan Khusus Ibu Menyusui

Satu hal yang menarik dari Stasiun Balapan ini adalah, keramahanya pada balita dan ibu menyusui. Di sana terdapat ruangan khusus yang digunakan untuk memberikan ASI pada bayi agar merasa nyaman dan tenang karena jauh dari keramaian.

Di dalam ruangan tersebut, juga terdapat kurs-kursi panjang yang memungkinkan si Ibu menyusui sambil selonjoran. Juga ada, ranjang-ranjang untuk menidurkan bayi ketika lelah dan berbagai macam permainan anak.

6. Restoran

Ketika Kamu sudah merasa lapar menunggu kedatangan kereta yang cukup lama, maka solusi yang tepat adalah makan di restoran recommended yang berada di dalam Stasiun Balapan Solo.

Di sana, terdapat berbagai macam menu andalan yang terdiri dari makanan serta minuman dengan harga yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp.10.000,-saja. Sungguh murah dan nggak akan buat dompet seketika kosong.

7. Lahan Parkir Kendaraan

Jangan khawatir jika tidak akan dapat tempat untuk memakirkan kendaraanmu, karena di Stasiun Balapan Solo ini disediakan lahan cukup luas, dan dijaga oleh petugas profesional yang memadai. Kamu cukup membayar senilai Rp.5.000,- untuk sepeda motor, Rp.15.000,- jika kendaraanmu mobil. Namun, jangan sampai karcis parkirmu hilang, karena nanti akan dikenai denda sesuai peraturan.

Itulah informasi tentang Stasiun Balapan. Untuk Kamu yang ingin berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa menggunakan alat transportasi tersebut. Setelah dari sana, dapat melanjutkan ke beberapa lokasi wisata menarik di beberapa sudut kota. Gimana? Sudah ada rencana ke sini Guys?

Bagikan di :