Ingin Tahu apa Saja Isi Rumah Jokowi di Solo? Yuk, Simak Ulasan Berikut

Siapa sih, warga negara ini yang tidak penasaran dengan isi rumah bapak presiden? Penasaran apa saja isi rumah Jokowi di Solo?

Sebagai seorang pemimpin tertinggi negara Indonesia, wajar sekali apabila segala seluk beluk terkait beliau menarik untuk dibahas. Salah satu di antaranya yaitu kediaman yang terletak di kota asal Jokowi di Kota Solo, sebelum berpindah ke Istana Bogor.

Perjalanan Sejarah Rumah Jokowi di Solo

Sejarah Rumah Jokowi di Solo

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo merupakan sosok pemimpin yang sederhana dan selalu apa adanya. Karakter ini cukup jelas pula terlihat pada kediaman beliau di Kota Solo (tempat kelahirannya).

Belum banyak orang tahu bahwa tempat tinggal ini dibangun dengan perjuangan panjang. Selain itu, bangunan rumah juga didesain menggunakan model ala Jawa dengan berbagai perabotan yang mendukung kesan klasik. Jadi, apakah Kamu sudah semakin kepo dengan rumah Jokowi di Solo?

Rumah asri dengan luas sekitar 700 meter ini memiliki peta sejarah perjuangan. Desain  arsitektur Jawa yang dimiliki bangunan tersebut merupakan buah renovasi dari sebuah hunian petak setelah dikontrak selama 9 tahun. Waktu itu Jokowi masih merintis usaha mebelnya dan belum jadi pejabat.

Ketika itu, rumah kontrakan tersebut berukuran kecil, hanya 200 persegi. Namun seiring berjalannya waktu dan karir Jokowi, pada tahun 1990 bangunan ini resmi terbeli dengan  harga Rp.25.000 per meter.

Bagian-bagian Rumah Jokowi di Kota Solo

Kediaman Joko Widodo ini terletak di Jalan Kutai Utara, RT 08, RW 07, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah

Rumah presiden Jokowi tak berlalu berbeda dengan hunian Jawa lainnya. Namun, menjelajahi ruangan-ruangan yang terdapat di dalamnya dapat memberimu gambaran bagaimana keseharian dari bapak panutan negeri ini. Penasaran? Berikut adalah beberapa ruang di rumah Jokowi yang bisa diketahui:

1. Halaman Rumah yang Asri

Setelah memasuki pintu gerbang depan, Kamu akan melihat hamparan rerumputan dengan tanaman hias yang rapi dan asri. Di tengahnya terdapat jalan besar beraspal menuju teras depan rumah.

Terdapat juga jalan setapak yang cukup menyita perhatian karena arahnya tertuju kepada sebuah sumur. Dari tampilan, nampaknya sudah tidak lagi terpakai. Adapun secara keseluruhan, halaman rumah Jokowi nampak mempesona dengan gaya minimalis dan berpadu unsur Jawa.

2. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang Keluarga diisi dengan sebuah sofa panjang, meja yang terbuat dari kayu jati,  karpet dan dua buah bantal merah. Lemari besar penuh buku mengisi satu sisi, adapun meja kecil dengan piringan hitam kuno ada di sisi lain.

Ruangan ini cukup sederhana dan tak berisi banyak barang.  Dua sisi dinding lain hanya diisi dengan lukisan kecil juga sketsa wajah Jokowi menggunakan goresan pensil.

3. Ruang Makan

Ruang makan ini dilengkapi dengan meja Jati panjang berplitur gelap ditambah satu paket lengkap dengan kursinya. Satu sisi tembok kamar berisi sebuah lukisan yang menggambarkan kisah Jokowi melakukan kegiatan blusukan.

Ruang makan terletak tepat di samping tempat berkumpul keluarga Jokowi. Ubin nya berwarna oranye dan menampilkan kesan modern. Keramik ini juga yang digunakan di seluruh lantai ruangan-ruangan lain.

4. Pendopo Halaman Belakang

Tepat di belakang ruang makan, terdapat sebuah pintu menuju ke pendopo kecil yang keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu. Sangat klasik, bukan?

Pendopo ini menghadap ke sebuah taman dan kolam renang. Ada sekitar 10 ekor burung terdapat di sini. Ada Jalak, Perkutut, Parkit, hingga Cucak rowo. Jokowi mengaku, sang istri memiliki hobi membeli burung-burung dengan harga murah di pasar hewan dekat rumah.

Pendopo belakang ini merupakan tempat bersantai bagi Jokowi sekeluarga, juga wahana andalan bermain bersama cucu.

5. Kolam Renang

kolam renang rumah presiden jokowi

Selain pendopo bernuansa elegan dan klasik, terdapat juga kolam renang kecil yang turut mempercantik halaman belakang rumah ini.

Jokowi mengatakan, kolam ini jarang digunakan dan hanya diisi air di saat-saat tertentu saja seperti ketika kedatangan tamu. Alasan lainnya, karena keluarga memang lebih banyak menghabiskan waktu di Jakarta.

6. Ruang Shalat

Tempat shalat ini terletak tepat di samping ruang makan. Ruangan tersebut biasa digunakan Jokowi untuk menjalankan ibadah secara berjamaah.

Fakta Rumah Jokowi

Sebagaimana sosok Jokowi yang unik, rumahnya juga menyimpan fakta-fakta tidak biasa bagi ukuran kediaman seorang presiden. Informasi ini belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Beriku beberapa di antaranya:

1. Sengaja Tidak Memiliki Banyak Perabot

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, tak ada banyak barang di kediaman Jokowi. Beliau sendiri menuturkan, sengaja hanya membeli perabotan-perabotan yang dibutuhkan. Sehingga, menurutnya lebih enak dipandang mata.

Selain itu, perabotan yang sedikit akan meringankan tugas pembantu kebersihan rumah supaya tidak perlu mengelap satu persatu barang tersebut. Setiap ruangan menjadi nampak lebih longgar dan bersih. Satu kebijaksanaan yang perlu ditiru, bukan?

2. Perabotan Kayu Buatan Mebel Sendiri

Nuansa Jawa milik kediaman Jokowi banyak di dukung oleh berbagai perabotan kayu yang digunakan. Mulai dari meja-meja baik besar maupun kecil, kursi, almari, bangku panjang, tempat tidur dan banyak lagi lainnya.

Hal ini dapat dimaklumi, sebab sebelum menjabat, latar belakang Jokowi adalah seorang pengusaha mebel tersohor di Kota Solo. Usaha ini menjadi wahana sang pemilik dalam mengekspresikan kesukannya terhadap ornamen Jawa, sekaligus untuk mengisi tempat tinggalnya.

3. Televisi Hanya Terletak di Kamar

Ketika menjelajahi isi kediaman Joko Widodo, Kamu tidak akan menemukan televisi, baik di ruang keluarga, tamu, maupun yang lainnya. Kenapa ya? Apa mungkin pak presiden tak memiliki nya?

Bapak presiden satu ini sengaja tidak menaruh televisi di ruang keluarga dan hanya meletakkannya pada tiap kamar. Ketika ditanya alasannya, beliau menjawab bahwa tempat berkumpul seharusnya digunakan khusus untuk bercengkrama saja, bukan untuk mendengarkan siaran informasi apapun atau kegiatan lain

4. Pembatas Sekeliling Rumah yang Rapat

Rumah Jokowi dikelilingi oleh tembok batu tebal, mulai dari kedua sisi bangunan kanan kiri hingga bagian belakang. Selain menjaga keamanan rumah, dinding setinggi tiga meter ini juga dirancang sebagai bentuk perlindungan keluarga presiden dari berbagai bentuk kejahatan yang mungkin terjadi.

Bagian depan rumah dipasang pagar yang tinggi dan rapat, sehingga halaman serta bangunan rumah tidak terlihat sama sekali dari luar.

5. Pernah Kebanjiran

Faktanya, sekalipun kediaman presiden, Rumah Jokowi di Solo ini sempat terendam oleh banjir yang melanda kota tersebut tempo lalu. Untungnya saja tidak parah, rendaman air tak sampai pergelangan kaki.

Pengakuan Jokowi sendiri , tanah ini dahulu diapit oleh persawahan di sisi kiri dan kanan. Ketika malam hari, tak jarang suara jangkrik, kodok dan sejenisnya terdengar saling bersahutan. Tapi seperti biasa, mantan walikota DKI Jakarta tersebut amat tenang menyikapinya

Demikian merupakan penjelasan terkait rumah Jokowi di Solo yang banyak mengundang rasa ingin tahu. Semoga artikel ini dapat memberi Kamu inspirasi untuk menata rumah maupun meneladani kesederhanaan beliau.

Bagikan di :