8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Solo yang Wajib Kamu Kunjungi

Siapa sih yang belum pernah mendengar nama Kota Solo? Kota kelahiran Bapak Presiden Indonesia saat ini. Selain keramahannya, Kota Solo juga memiliki latar belakang yang kental akan sejarah dan juga bentang alam cantiknya. Di dikalangan wisatawan, juga terkenal dengan banyaknya pusat oleh-oleh Solo. Sehingga bukan hal baru jika pengunjung yang berdatangan semakin bertambah.

Beberapa Pilihan Pusat Oleh-oleh di Kota Solo

Destinasi wisata Kota Solo cukup lengkap, mulai dari wisala alam, religi, budaya, sejarah, hingga kekinian. Akan tetapi, tidaklah lengkap bila berwisata tanpa berbelanja di sana. Ini karena, terdapat beberapa pusat oleh-oleh Solo dengan keunikan dan berbagai produk yang memiliki ciri khas, seperti batik, kuliner dan barang antiknya.

Nah, mau tau apa saja rekomendasi tempat oleh-oleh Solo yang wajib Kamu kunjungi? Berikut di antaranya:

1. Kampung Batik Kauman

kampung batik kauman

Berkunjung ke Kota Solo tentu tidaklah lengkap kalau belum membeli batik khasnya. Di sini, Kamu dapat memborong oleh-oleh aneka batik khas Solo yang dijual dengan beraneka ragam, motif dan corak.  Bukan hanya membeli, namun juga dapat melihat proses pembuatan batik pada kain secara langsung.

Letak objek wisata belanja ini tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta. Umumnya batik yang diproduksi di tepat ini berupa batik tulis, batik cap atau batik kombinasi dengan motif modern dan warna gelap.

Kualitas batik yang diproduksi di kampung batik ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, banyak pelancong lokal maupun luar negeri datang untuk membeli disebabkan dengan alasan bagus dan memiliki corak yang unik.

2. Galabo Solo

Bukan hanya batik khasnya saja, Kota Solo juga merupakan daerah di Indonesia yang terkenal akan kelezatan dan keberagaman kulinernya. Salah satu jajanan oleh-oleh yang wajib untuk Kamu kunjungi saat yaitu Galabo Solo.

Tempat kuliner ini terletak di Jalan Mayor Sunaryo atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo. Di sini, wisatawan bisa dengan mudah menemukan aneka makanan sedap yang dijajakan hingga tengah malam. Karena setidaknya terdapat 50 stand pedagang yang buka mulai jam 5 sore hingga 12 malam.

Di Galabo disediakan aneka kuliner mulai dari nasi liwet, gudeg ceker, sate kere, tengkleng, mie kethoprak, wedang ronde, nasi tumpang serta beberapa makanan tradisional lainnya. Selain murah, makanan yang dijual juga lezat. Tidak heran bila tempat ini selalu ramai pengunjung.

3. Pasar Triwindu Solo

Ingin mengulang kembali dan membangkitkan nostalgia masa lampau? Tidak perlu bingung, Kamu cukup datang ke Kota Solo. Tepatnya di Pasar Triwindu atau biasa disebut dengan Pasar Antik Triwindu. Di lokasi ini, terdapat aneka penjual barang seni antik yang cocok untuk Kamu jadikan oleh-oleh.

Pasar ini dibangun pada tahun 1939 sebagai peringatan 24 tahun pemerintah Mangkunegaran VII. Untuk letaknya tidak jauh dengan Pura Mangkunegaran. Namun dengan tuanya usia, tidak membuat kepopuleran tempat ini menurun. Bahkan, terus menarik minat pengunjung setiap harinya.

Di sini, Kamu akan menemukan berbagai koleksi barang-barang lawas antik dengan nilai seni tinggi. Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang atau koin kuno, ornamen wayang, onderdil otomotif langka dan lain sebagainya.

4. Ngarsopuro Night Market

Night-Market-Ngarsopuro

Kota Solo memang menawarkan berbagai sensasi wisata yang tiada habisnya. Kali ini ada Ngarsopuro Night Market. Sesuai namanya, tempat ini merupakan objek wisata belanja oleh-oleh murah yang letaknya tidak jauh dari Pasar Triwindu Solo, di Jalan Diponegoro atau tepatnya di wilayah selatan Pura Mangkunegaran.

Pasar malam ini hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja. Namun, Kamu bisa memuaskan hasrat belanja dan berburu kuliner. Karena selain baju, aksesoris dan barang kerajinan, juga dapat menemukan aneka makanan lezat mulai dari tradisional maupun modern.

5. Pasar Klewer

Jika mencari tempat wisata sekaligus belanja oleh-oleh di Kota Solo, pasar Klewer menjadi salah satu pilihan yang bisa Kamu kunjungi. Sebab, tempat ini terletak tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Pasar Klewer merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang senang membeli kain atau batik. Pasar tekstil terbesar di Kota Solo ini menjual beragam kain batik, baik buatan pengrajin lokal maupun mancanegara. Ya, siapa sangka orang luar negeri juga bisa menjahit.

Di pasar ini, Kamu dapat menuntaskan hasrat belanja batik. Karena merupakan tempat wisata batik terlengkap, termurah dan berkualitas. Selain batik, juga terdapat item fashion lainnya seperti seragam, jaket, kaos, serta serba-serbi menarik lainnya.

6. Toko Roti Orion

Roti legendaris khas Kota Solo yang merupakan toko roti pertama di kota bengawan ialah Toko Roti Orion. Untuk lokasi toko tersebut, terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Surakarta, Jawa Tengah.

Toko Roti Orion sendiri sudah terkenal sejak tahun 1930-an dan menjadi oleh-oleh khas Kota Solo yang cukup terkenal. Saat ini perusahaan Orion tidak hanya menjual roti, namun juga panganan khas kota bengawan dan produk terkenalnya, yaitu roti semir.

Untuk membelinya, Kamu harus rela mengantri dan memesan sebelumnya agar tidak kehabisan. Selain itu, juga menyediakan menu lain seperti kue sus kering, keripik ceker ayam, usus goreng dan roti kecik. Dengan begitu, sekali berkunjung akan mendapatkan berbagai macam oleh-oleh.

7. Pasar Gede

Wisata ke Kota Solo belum lengkap apabila Kamu belum menapakkan kaki di Pasar Gede. Tempat ini banyak menjual oleh-oleh khas daerah tersebut yang bisa dibawa pulang dengan harga cukup murah. Lokasinya sendiri terletak kurang lebih 200 meter dari Balai Kota Solo.

Di pasar inilah, aneka macam makanan khas tersedia. Bisa dibilang, tempat ini merupakan Pusat oleh-oleh Solo terlengkap, dikarenakan banyak pedagang yang menjual berbagai jenis makanan khas Solo. Salah satunya intip goreng.

Selain belanja oleh-oleh, di sini Kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas seperti dawet selasih dan es gempol pleret.

8. Serabi Notosuman

Jangan lupakan juga makanan khas ini bila Kamu berada di Kota Solo. Disebut dengan Serabi Notosuman, karena tempat oleh-oleh jajan ini berada di kampung Notosuman. Walaupun di kampung, namun tidak pernah sepi pengunjung.

Walaupun saat ini Serabi Notosuman sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia, namun yang terbaik tetap berasal dari Kota Solo. Jika berminat, Kamu bisa langsung ke Jalan Mohamad Yamin No. 28.

Jika Kamu berkunjung ke sini, jangan heran apabila antriannya sangat panjang. Sebab Serabi Notosuman sudah berdiri sejak lama dan cukup terkenal sebagai khas Kota Solo. Dan jangan lupa, bawakan makanan ini kepada keluarga di rumah.

Itulah informasi mengenai rekomendasi pusat oleh-oleh Solo yang wajib untuk dikunjungi. Dengan begitu, Kamu tidak akan kesusahan lagi saat menentukan cindera mata untuk keluarga, teman ataupun pacar. Namun, sesuaikan juga dengan keadaan dompet masing-masing.

Bagikan di :