Pasar Klewer Solo: Salah Satu Pusat Perbelanjaan Terbesar di Kota Solo

Surakarta merupakan kota besar yang memiliki beberapa pusat perbelanjaan. Ciri khas yang tidak bisa dipisahkan yaitu batik. Salah satu tempat belanja terkenal ialah pasar Klewer Solo. Di sini menjadi surga untuk membeli beragam batik dengan harga super pas di kantong.

Ulasan Singkat Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer menjadi tempat belanja favorit warga Kota Solo. Bahkan, para wisatawan dari luar kota banyak yang datang untuk sekedar membeli oleh-oleh di tempat ini. Sebagai pusat grosir batik terbesar, pasar tersebut telah melalui sejarah panjang.

Pada zaman dahulu, pasar ini merupakan tempat untuk pemberhentian kereta api. Selain itu, masyarakat juga menggunakannya untuk perdagangan pada masa penjajahan Jepang. Hingga sampai sekarang, dikenal dengan pasar Klewer karena banyak yang membawa batik dan kleweran atau terjuntai.

Meskipun penjual didominasi oleh batik, Kamu juga tetap bisa menjumpai pakaian-pakaian lain mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan ada juga kaos oleh-oleh, maka tidak heran jika menemukan banyak wisatawan yang datang ke pasar ini untuk sekedar berbelanja buah tangan.

Di pasar ini, Kamu bisa mencari beragam motif yang bagus-bagus. Tidak perlu khawatir soal harga, karena para penjual menawarkan rentang nominal mulai dari Rp.15.000 hingga Rp.500.000. Cukup terjangkau untuk merubah penampilan agar lebih keren lagi.

Apa Saja yang Dijual di Pasar Klewer Solo?

Buat Kamu yang memiliki budget minim dan ingin membeli oleh-oleh batik, Pasar Klewer adalah solusinya. Kain batik di sini tersedia dengan beragam motif dan pilihan, baik untuk usia anak-anak hingga dewasa. Aneka batik tersebut bisa ditemukan di Blok C.

Saat hendak berbelanja di pasar ini, pastikan Kamu juga telah menyiapkan uang tunai. Hal tersebut dikarenakan di dalam pasar Klewer tidak terdapat ATM. Lagian, semua pedagang menjual barang dengan cara tradisional.

Jika Kamu tidak berminat untuk berbelanja kain batik atau pakaian, cobalah untuk berwisata kuliner di sekitar pasar. Terdapat banyak kios yang menawarkan beragam kuliner enak. Makanan yang bisa ditemukan seperti gethuk, serabi, nasi pecel, tengkleng, timlo dan lainnya.

Sisi Lain dari Pasar Klewer Solo

Selain dapat puas berbelanja dan wisata kuliner makanan tradisional, Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya di sekitar Pasar Klewer Solo. Hal ini bisa menjadikan momen berkunjung di Kota Solo semakin menyenangkan dan tidak akan terlupakan.

Aktivitas tersebut antara lain, mengunjungi masjid agung Surakarta yang terletak di depan pasar. Masjid ini sangat bersejarah dan menjadi ikon Kota Solo. Selain itu, Kamu juga bisa pergi ke Kraton, ada banyak benda pusaka peninggalan masa lalu di sana.

Fasilitas Di Pasar Klewer Solo

Pasca kebakaran hebat pada 2014, pasar Klewer kini telah disulap menjadi arsitektur bangunan pasar yang lebih modern. Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Selain lift dan eskalator, terdapat tangga di pintu utama atau di samping kios yang dapat dipakai apabila banyak orang berdesakan.

Saat ini, pasar Klewer terlihat lebih luas dan leluasa. Setiap kiosnya memiliki bentuk persegi panjang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pasar melalui balkon. Ada pula tempat parkir yang disediakan area depan dan belakang. Biasanya di parkir belakang dipakai oleh para pedagang.

Fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan para pengunjung yang datang adalah toilet dan musholla. Agar tetap baik, jangan lupa jaga kebersihan. Kini, pasar Klewer tidak kalah ramai dengan dahulu. Oleh karena itu, kesadaran menjaga kenyamanan harus tetap dilakukan.

Meskipun pasar ini adalah tradisional, anak muda seperti Kamu juga tetap bisa berbelanja di sini. Pakaian-pakaian yang dijual ada yang modis dan trendi. Yakin tidak mau datang ke Pasar Klewer?

Aneka Batik dan Cara Mendapatkan Harga Terendah

Pasar Klewer ini terletak di Jalan Dr. Radjiman No. 5A, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Setelah mengalami renovasi, kini tempat belanja ini terlihat lebih modern dan nyaman. Ini bisa dilihat dengan adanya fasilitas lift dan eskalator.

Pasar ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan menjadi pusat perekonomian masyarakat sekitar. Setelah mengalami kebakaran hebat, Pasar Klewer kini bangkit kembali. Seperti yang sudah Kamu tahu, di sini terdapat banyak pilihan kain batik, pakaian-pakaian, aksesoris, tas, dan masih banyak lagi lainnya.

Batik-batik yang dijual memiliki beragam motif. Biasanya berasal dari daerah sekitar Surakarta, sebut saja Yogyakarta, Banyumas, Pekalongan dan kota-kota lainnya. Supaya mendapatkan harga yang murah, Kamu bisa melakukan trik legendaris, yakni menawar.

Seperti kebanyakan pasar lainnya, di sini Kamu bisa melakukan aktivitas tawar menawar untuk mendapatkan harga miring. Tawarlah mulai dari setengah harga yang ditawarkan. Selisih Rp.2.000 hingga Rp.5.000 masih tergolong masuk akal pada produk eceran.

Biasanya, barang-barang yang dijual secara grosir tidak dapat ditawar. Namun, Kamu tetap mendapatkan harga lebih murah karena jumlahnya yang banyak. Kebanyakan pembeli akan menjual kembali barang tersebut atau menjadi reseller.

Tips Menawar di Pusat Grosir Batik Pasar Klewer Solo

Seni tawar menawar memang sudah menjadi tradisi yang telah dilakukan oleh orang-orang sejak jaman dahulu. Kamu boleh melakukan aktivitas ini untuk mendapatkan harga miring. Berikut sedikit tips yang bisa dilakukan:

  • Mulailah menawar dengan setengah harga. Syukur-syukur jika langsung berhasil. Namun, jika kurang mempan, Kamu bisa perlahan-lahan menaikkan nilai nominalnya. Perlu diingat, tetap lakukan penawaran secara logis.
  • Masyarakat di Kota Solo menggunakan Bahasa Jawa yang halus. Kamu harus mempelajari kosa kata lokal di sana. Misalkan bertanya berapa dengan pinten, iya dengan nggih, tidak dengan mboten dan lain sebagainya.
  • Tunjukkan seolah-olah Kamu tidak tertarik karena tawaranmu tidak disetujui. Pura-puralah pergi menjauh secara perlahan-lahan. Dengan begitu, pedagang akan memikirkan kembali dan memanggilmu lagi alias setuju pada penawaran awal.
  • Jika Kamu punya teman asli Kota Solo, cobalah minta bantuannya untuk menawar. Karena komunikasi tentu akan berjalan lebih baik.

Buat Baju Batikmu Langsung di Pusat Perbelanjaan Batik Pasar Klewer Solo

Selain bisa puas berbelanja beraneka macam batik dengan harga murah, Kamu juga bisa langsung menjahitkan kain dan dijadikan baju siap pakai. Pada lantai 2 Pasar Klewer terdapat beberapa kios penjahit yang siap membantu pengunjung untuk membuat baju sesuai model.

Banyak pengunjung yang datang untuk menjahitkan kain yang mereka beli. Di sini, Kamu bisa bebas memilih kios penjahit. Kios-kios tersebut siap menerima pesanan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariatif karena tergantung pada model pakaian.

Pasar Klewer buka mulai dari jam digital pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas tawar menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Lihat juga : Kampung Batik Laweyan Solo

Demikian informasi seputar pasar Klewer Solo. Selain bisa berbelanja batik dengan beragam motif sampai puas, Kamu juga bisa melakukan aktivitas seru untuk mengisi liburan di Kota Solo. Selamat berbelanja dan berlibur. Semoga bermanfaat.

Bagikan di :