Rekomendasi Tempat Hits di Solo yang Instagramable

Kota Solo terkenal dengan adat dan budaya yang masih dijaga. Selain itu, penduduknya pun kalem dan ramah. Nggak mau kalah dengan adiknya yaitu Yogyakarta, kota yang memiliki nama resmi Surakarta ini pun menyajikan berbagai lokasi hits yang harus kamu kunjungi. Bahkan, Kamu tidak akan katam jika cuma seharian untuk mendatangi semua tempat hits di Solo.

Beberapa Tempat Hits di Solo

Ketika sedang berada di Kota Solo ataupun akan ke sana, pastikan Kamu mampir ke tempat-tempat rekomendasi yang instagenic dan ngehits ini ya! Sebab, lokasinya yang unik serta menunjukkan sekali kreatifitas para senimannya. Seperti:

1. Flayover Manahan

Flayover Manahan

Flayover Manahan ini terletak di Jalan DR. Muwardi yang selesai dibangun pada Oktober 2018 lalu. Kamu ketika berkunjung ke sini akan menemukan dinding-dinding berhias lukisan ala-ala tokoh pewayangan.

Beberapa seniman sengaja menghiasnya dengan murai bertema pewayangan. Jadi, boleh banget untuk Kamu yang lagi mencari spot foto unik. Selain ajang unjuk gigi seniman, juga menjadi tempat rekomended.

2. Taman Hutan Raya

taman hutan raya solo

Taman Hutan Rakyat berjarak sekitar 1,5 jam dari Kota Solo. Wisata alam yang menyajikan berbagai jenis vegetasi dan lebih dari 34 satwa unik bisa Kamu saksikan di sini. Selain itu, juga banyak sekali spot untuk swafoto maupun wefie yang instagenic.

Kamu bisa menikmati wisata alam di sini hanya dengan tiket masuk Rp.15.000,- saja. Jika dibandingkan dengan lokasi lain, masih tergolong cukup murah. Objek ini sendiri dibuka mulai pukul 08:00 sampai 18:00 WIB.

3. Galabo Solo

Galabo Solo
Jika Kamu ke Kota Solo, maka wajib untuk mencicipi hidangan khasnya. Di Galabo Solo, bisa menikmati berbagai hidangan yang lezat dan beragam. Hal itulah yang membuat tempat ini begitu populer dikalangan wisatawan maupun warga lokal.

Untuk bisa menikmati hidangan di sini, Kamu bisa datang di sore atau malam hari. Sebab para pedagang akan mulai membuka stand-standnya mulai pukul 17:00 – 24:00 WIB. Makanan yang ditawarkan berupa sate kere, tengkleng, wedang dongo, nasi liwet dan lain-lain.

4. Ngarsopuro Night Market

Salah satu tempat populer dikalangan anak muda, mahasiswa hingga wisatawan adalah Ngarsopuro Night Market. Seperti namanya, tempat ini merupakan pasar malam yang hanya buka setiap akhir pekan saja mulai pukul 18:00 – 22:00 WIB, tiket masuknya pun gratis.

Di sini, Kamu bisa berbelanja hingga kulineran tradisional maupun modern dengan harga yang sangat murah. Selain itu, mereka juga menyediakan berbagai aksesoris, baju, kerajinan dan lainnya. Lokasinya pun juga bersebelahan dengan pura Mangkunegaran, tepatnya di Jalan Diponegoro.

5. Transformer Park Solo

Transformer Park Solo

Transformer park menjadi salah satu tempat ngehits di Instagram bagi kalangan anak muda. Namanya memang seperti yang ada di film-film. Faktanya, yang ada hanyalah kumpulan rongsokan mobil maupun truck.

Akan tetapi, hal inilah yang membuatnya menjadi menarik dan populer, karena tempatnya begitu instagenic. Dengan harga tiket masuknya pun terbilang murah, hanya Rp.5.000,- saja, Kamu sudah bisa berfoto-foto unik bak selebgram.

6. Vihara Dharma Sundara

Vihara Dharma Sundara
Kali ini, di sini akan disajikan wisata religi ala Thailand. Bangunan yang memiliki bentuk serta atap limas besar serta dikelilingi limas kecil. Pasti mendapat perhatian sendiri dikalangan pengunjung, terutama sebagai spot foto unik.

Tempat ini bisa Kamu temui di Jalan Ir. H. Juanda No 223 B dan tidak ada harga tiket alias gratis. Jam operasionalnya adalah mulai 09:00 – 17:00 WIB. Selain itu, untuk menuju ke sini bisa dengan naik bus Batik Solo Koridor 1 dari bandara dengan harga Rp.4.500,- saja.

7. Jembatan Bendungan Tirtonadi

bendungan tirtonadi

Nah, tempat selanjutnya yang hits dan cocok untuk konten Instagrammu adalah Jembatan Bendungan Tirtonadi. Sebenarnya, ini hanyalah sebuah jembatan di atas bendungan, namun menjadi unik karena arsiteksturnya yang futuristik.

Tempat ini pun juga dibuka selama 24 jam. Selain itu, yang menjadikannya lebih instagenic yakni jembatan kaca yang bentuknya persis seperti di Georgia. Sehingga sangat bagus dijadikan latar belakang untuk swafoto maupun wefie.

8. Agrowisata Sondokoro

Kota Solo juga punya kebun bunga yang asri dan rindang. Agrowisata Sondokoro dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas selain kebun bunga, yakni terdapat permainan anak, kereta keliling bahkan pabrik gula yang bisa dilihat prosesnya secara langsung.

Untuk wisata di sini, dibuka mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB dengan harga tiket terjangkau, yakni Rp.5.000,-. Sondokoro ini menjadi objek wisata populer bagi keluarga maupun teman, sebab penampakan lingkungannya yang asri.

9. Bumi Perkemahan Bukit Sekipan

Nah, Bukit Sekipan selain menyajikan wahana alamnya, juga menyediakan area bumi perkemahan buat Kamu yang suka camping. Biasanya, lokasi ini sering digunakan untuk kegiatan Mahasiswa hingga pramuka.

Untuk tiket masuknya, camping ground memberikan harga mulai Rp.20.000,- untuk setiap satu rombongan mobil SUV, MPV kecil. Jadi, kalau Kamu ingin berwisata yang menginap namun low budget, maka di sini tempat yang cocok.

10. Tugu Lilin

Tugu Lilin merupakan tempat yang bersejaran dan bisa disebut juga sebagai Tugu Kebangkitan Nasional. Setiap memperingat hari tersebut, warga Kota Solo akan melakukannya di tugu ini. Jadi, tidak heran apabila lokasinya menjadi populer.

Disebut Tugu Lilin, karena pada puncaknya terdapat bentuk seperti lilin berwarna merah melambangkan perjuangan yang terus menyala. Di sini kamu bisa berswafoto dan bersantai secara bebas.

11. De Tjolomadoe

Tempat unik selanjutnya adalah De Tjolomadoe Solo. Lokasi ini sebenarnya adalah pabrik gula yang sudah ada sejak 158 tahun silam. Namun, beberapa tahun lalu telah diubah oleh pemerintah setempat menjadi area wisata yang menarik.

Untuk menuju ke sini, Kamu akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.35.000,- per orang. Lokasi ini juga memiliki jam operasi, yaitu 6 hari dalam seminggu di jam 10:00 – 21:00 WIB dan libur setiap Senin.

12. The Heritage Palace

 

The Heritage Palace SoloSatu lagi, pabrik gula bekas peningalan Belanda yang wajib Kamu kunjungi. Tempat ini menjadi kekinian karena lokasinya yang unik dan menarik. Bahkan di halaman museum juga terdapat berbagai mobil kuno.

The Heritage palace mematok harga tiket masuk sekitar Rp.20.000 – Rp.60.000,- dan akan dibuka setiap jam 09:00 – 18:00 WIB. Lokasi yang berarsitektur Eropa ini harus menjadi daftar kunjungan liburan terbaikmu ya!

13. Grandis Barn

Grandis Barn

Tempat terakhir yang ngehits adalah di Grandis Barn. Lokasi ini merupakan cafe bernuansa alam yang dirancang seapik mungkin dengan suasana cozy nan kekinian. Di sini, terdapat coffee shop dan restoran yang dihubungkan dengan zona transisi yang instagramable.

Grandis Barn memanfaatkan kebun jati secara maksimal, dengan perpaduan gaya country dan sentuhan industrial yang kekinian tanpa merusak alam sekitar. Bangunan unik ini bisa Kamu nikmati sambil bersantai dan makan-makan di jam 10:00 – 22:00 WIB.

Baca juga : tempat makan enak di Solo yang wajib di kunjungi

Selain tempat hits di Solo yang menarik untuk dikunjungi, di Kota ini juga menyuguhkan beragam wisata unik yang kental akan adat, budaya dan kesenian. Jadi, akan membuat liburanmu semakin lengkap nih!

Bagikan di :