9 Tempat Makan di Solo yang Wajib Dikunjungi

Hobi makan banyak tapi nggak pernah puas, yukk..!! kunjungi Kota Solo tercinta. Selain terkenal akan keramahannya, daerah ini juga populer akan tempat makannya. Banyak tempat makan di Solo yang bisa Kamu coba.

Liburan ke Kota Solo tentunya sangat asyik, karena menawarkan berbagai destinasi wisata kental dengan budaya serta sejarah. Bukan hanya itu, ada banyak tempat makan di Solo yang menyajikan masakan khas tradisional cukup menarik untuk dicoba.

Daftar Rekomendasi Tempat Makan di Solo

Mungkin cukup banyak wisatawan yang belum tahu, kalau di Kota Solo terdapat tempat makan rekomended yang menyuguhkan berbagai makanan khas dengan citarasa kuat. Beberapa lokasi wajib Kamu kunjungi di antaranya yaitu:

1. Srabi Notosuman

Tempat makan yang menyajikan serabi dengan rasa super enak ini sangat terkenal di Kota Solo dan sudah beroperasi sejak tahun 1923. Tidak heran, jika wisata kuliner Notosuma menjadi kunjungan yang paling direkomendasikan untuk para wisatawan.

Srabi memang memiliki citarasa yang sangat enak dan terbuat dari bahan berkualitas, campuran bahan dasar berupa tepung beras serta santan. Bukan hanya itu, adonan tersebut juga dimasak di atas tungku-tungku kecil dengan cekatan.

Tempat wisata kuliner ini menyajikan dua varian rasa srabi yaitu original dan coklat. Masalah harga tidak perlu khawatir, karena makanan dijual cukup murah. Untuk menikmati satu porsi yang berisi 10 buah srabi, Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 20 hingga 25 ribu saja.

2. Cabuk Rambak Solo

Lagi cari makanan buat sarapan atau cemilan khas Kota Solo? Kamu bisa mengunjungi Cabuk rambak sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang bisa ditemui di sekitaran Stadion Manahan dan Pasar Gede. Tempat ini buka setiap pagi antara pukul 06.00 hingga 13.00 WIB.

Mungkin, banyak yang belum tahu apa itu cabuk rambak. Meskipun namanya terbilang cukup aneh, namun ini merupakan makanan tradisional khas Solo dalam penyajiannya menggunakan wadah pincuk yang terbuat dari daun pisang. Isinya berupa irisan ketupat, sambal wijen serta karak.

Makanan satu ini cukup langka dan sulit ditemui meskipun di daerah asalnya sendiri yaitu Solo. Jika Kamu ingin menikmati jajan cabuk rambak, cukup merogoh kocek Rp 2.500,- saja untuk setiap pincuknya. Sangat murah sekali bukan?

3. Tengkleng Bu Edi

Tempat makan di Solo legendaris yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah warung tengkleng milik bu Edi. Cukup rekomended bagi Kamu pecinta kuliner jeroan serta tulang kambing dengan cita rasa pedas, gurih dan segar yang disajikan secara khas menggunakan pincuk.

Jika Kamu berminat mencicipi tengkleng milik ibu Edi, bisa berkunjung ke warungnya yang berlokasi tepatnya di bagian utara gapura Pasar Klewer, Solo. Tempat makan tersebut mulai buka pukul 14.00 WIB, bahkan banyak pengunjung sudah antri sejak jam 1 siang.

Meskipun warungnya terbilang sederhana, namun dagangan tengkleng yang dijajakan bu Edi ini bisa habis hanya dalam hitungan jam saja. Untuk menikmati makanan tersebut, Kamu cukup membayar 30 hingga 50 ribu setiap porsinya.

4. Sate Buntel Mbok Galak

Warung sate buntel mbok galak yang berlokasi di pinggir jalan Mangun Sarkono No.122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari. Tempat ini tidak jauh berbeda dengan lainnya, namun menjadi tujuan favorit para pejabat termasuk Presiden dari era Soeharto hingga Jokowi.

Warung mbok galak ini cukup legendaris dan sudah mulai dirintis sejak tahu 1980. Di tempat tersebut tidak hanya menyajikan sate saja, namun terdapat beberapa makanan dari olahan daging serta tulang kambing seperti gule dan tengkleng.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati cita rasa menu makanan di tempat ini, cukup membayar sebesar Rp.35.000 saja untuk 2 tusuk sate buntel mbok galak. Warung tersebut buka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

5. Wedangan Pendhopo

Salah satu destinasi wisata kuliner menarik yang bisa Kamu kunjungi yaitu warung wedangan pendhopo. Bukan hanya terkenal dari dagangan makanannya saja, namun tempat makan ini juga memiliki desain ruangan klasik. Dimana setiap sudutnya terpampang hiasan antik berseni tinggi.

Warung wedangan pendhopo yang terletak di Jl. Srigading I No.7 Mangkubumen, Banjarsari ini dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun asing. Tempat makan tersebut mulai menjajakan makanan dagangannya mulai pukul 8 pagi.

Warung wedangan pendhopo ini menjadi tempat asyik untuk nongkrong. Selain itu, di sini juga menjajakan banyak menu makanan seperti aneka sate, tahu tempe bacem dan berbagai macam gorengan yang disajikan di atas gerobak pikul.

6. Rumah Makan Bale Padiyang

Restoran bale padiyang ini menawarkan berbagai menu yang unik dari tempat ini, yaitu dalam sehari menyediakan dua konsep masakan berbeda. Pagi mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 menyajikan makanan khas Jawa. Setelah itu berganti seafood dan Chinese Food.

Rumah makan Bale Padiyang yang terletak di JL. Kalidangu, Baki, Padean ini, memiliki dua menu primadona yaitu Kakap telur asin dan kepiting saus padang. Selain itu, juga menawarkan berbagai minuman tradisional, salah satunya teh poci gula batu yang wajib Kamu coba.

Suasana di dalamnya sangat nyaman, bangunannya berupa Joglo mengusung konsep tradisional, ditambah pemandangan persawahan yang menyejukkan serta fasilitas lengkap seperti parkir luas, musholla serta toilet.

7. Roemahkoe Resto

Restoran roemahkoe ini cocok untuk dijadikan destinasi kuliner yang wajib dikunjungi, karena memiliki konsep bernuansa Jawa dengan menu andalan Nasi Jemblung. Dengan tambahan lidah sapi khas Kota Solo, membuatnya menjadi buruan para penyuka kuliner.

Nasi jemblung ini merupakan masakan istimewa khas kerajaan. Menariknya lagi, penyajian dilakukan secara unik dan cantik, dibenduk seperti cincin raksasa dan diletakkan lidah sapi di atasnya. Selain itu, alasnya menggunakan daun pisang dan biasanya disandingkan bersama es cemol.

Bukan hanya menunya yang istimewa, restoran roemahkoe yang belokasi di Jl. Radjiman No. 501 juga menyediakan hiburan live music untuk menambah kenyamanan para pengunjungnya. Untuk menikmati masakan nasi jemblung di sini, Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 35.000 per porsi.

8. Mie Gajah Mas

Bagi Kamu yang hobi wisata kuliner terutama makanan unik, bisa mengunjungi warung mie gajah mas yang terletak di jalan Suryopranoto No.1 Kepatihan Wetan, Jebres tepatnya depan Pasa Gede. Karena, di sini menjual berbagai menu sehat.

Warung ini menjajakan makanan mie ayam bergaya oriental dengan variasi warna seperti merah, ungu, orange dan hijau. Namun Kamu tidak perlu khawatir, meskipun terlihat aneh makanan tersebut aman dikonsumsi karena menggunakan warna yang berasal dari ketela, wortel serta sayuran hijau.

Dagangan mie yang dijual di warung tersebut juga halal dan tidak mengandung pengawet. Warung mie gajah mas mulai buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Jika Kamu ingin mencicipi makanan tersebut, cukup merogoh kocek berkisar Rp.21.000,- sampai Rp.27.000,- per porsinya.

Baca juga : tempat nongkrong asik di Surakarta

9. Susu Shi Jack

Bingung cari tempat nongkrong yang murah tapi asyik, warung susu Shi Jack bisa menjadi salah satu rekomendasi dan cukup terkenal. Untuk menemukan tempat ini tidak sulit, karena rumah makan tersebut memiliki 12 cabang yang tersebar di Kota Solo.

Kedai susu ini berpusat di Jl. Kapt. Mulyadi tepatnya depan benteng Vastenberg. Tempat makan ini biasa buka sore hingga dini hari antara jam 17.00 hingga 02.00 WIB. Keistimewaan tempat tersebut yaitu  menyuguhkan susu murni segar yang berasal dari perahan langsung.

Menu utama kedai ini yaitu minuman susu murni dan juga menyuguhkan menu makanan ringan. Bahkan, lebih dari 50 varian minuman dengan nama yang unik. Contohnya seperti Sukamandi (Susu Coklat Manis Dingin). Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp.2.500,- hingga Rp.6.000 saja.

Demikianlah sekilas informasi mengenai tempat makan di Kota Solo yang legendaris. Dimana bisa Kamu jadikan referensi ketika bingung mencari destinasi wisata kuliner saat berkunjung di daerah tersebut.

 

Bagikan di :