Mengenal Gesang sebagai Pencipta Lagu Bengawan Solo

Kamu yang sudah akrab dengan musik kerongcong pasti udah nggak asing lagi dong dengan nama “Gesang”? Yup, pencipta lagu Bengawan Solo ini punya bakat menulis lagu yang luar biasa banget. Maka dari itu, tidak heran jika beliau dikenal sebagai maestro keroncong Indonesia.

Biografi Gesang

Buat Kamu yang belum tahu, Gesang ini punya nama lengkap Gesang Martohartono. Beliau menghabiskan waktu hidup mulai lahirnya pada 1 Oktober 1917 hingga meninggal dunia tanggal 20 Mei 2010 juga di daerah Kasunanan Surakarta atau biasa dikenal dengan Kota Solo.

Biografi asmaranya nih sekarang. Gesang dulu pernah memiliki seorang istri tepat setahun setelah lagu Bengawan Solonya diciptakan, pernikahan mereka berusia 22 tahun sebelum akhirnya bercerai pada tahun 1963 tanpa anak. Itulah yang membuat beliau hidup sendiri sampai akhir hayatnya.

BACA JUGA :  8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Solo yang Wajib Kamu Kunjungi

Di usia senjanya, pencipta lagu Bengawan Solo ini tinggal di Jl. Bedoyo Nomor 5 Kelurahan Kemlayan. Namun, tahun-tahun sebelumnya sebenarnya beliau masih menempati rumah tinggal yang telah diberikan oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah pada masa itu.

Fakta Unik Gesang

Meskipun beliau mendapatkan julukan sebagai “maestro keroncong Indonesia”, tapi yang namanya manusia pasti punya sisi-sisi naluriah dan mungkin saja terdengan unik, sedikit konyol ataupun tidak disangka-sangka. Berikut adalah fakta-fakta tentang pencipta lagu Bengawan Solo itu:

1. Sempat Putus Sekolah

Faktor pertama penyebab Gesang putus sekolah yaitu kondisi lingkungan Nusantara ketika itu belum merdeka. Sehingga akses para generasi serta masyarakatnya menjadi sedikit terhambat, ditambah lagi dterapkan sistem kasta yang semakin mempersulit kemajuan pendidikan di Indonesia sendiri.

BACA JUGA :  The Heritage Palace Solo: Tempat Wisata Bernuansa Kuno