Home » Komputer dan Laptop » 5 Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Beserta Solusi Praktisnya

5 Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Beserta Solusi Praktisnya

by Cah Solo
0 comment
Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati

SOLO MEDIA – Laptop yang mendadak mati saat digunakan tidak jarang menimbulkan kepanikan. Kebanyakan pengguna khawatir akan pekerjaannya hilang atau terhapus. Sebenarnya, ada beberapa penyebab laptop tiba tiba mati lho. Hal ini bahkan termasuk dalam kondisi yang cukup sering dialami oleh kebanyakan pengguna laptop.

Ada berbagai komponen yang terdapat pada sebuah perangkat laptop. Begitu pula dengan penyebab yang menimbulkan laptop mematikan sistemnya. Dalam ulasan ini dirangkumkan 5 penyebab yang paling sering ditemui beserta solusi praktisnya. Mari simak ulasan di bawah ini selengkapnya!

1. Kehabisan Daya

Penyebab laptop tiba tiba mati yang paling umum adalah kehabisan daya. Seringkali pengguna terlalu sibuk dengan kegiatannya sehingga tidak menghiraukan peringatan daya baterai yang akan habis. Padahal, notifikasi biasanya bukan hanya terlihat dari lampu indikator tapi juga dari notifikasi pop-up di layar.

BACA JUGA :  Laptop Gaming Terbaik Merk ASUS ROG, Para Gamers Wajib Punya!

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengisi kembali daya laptop dengan adaptor asli sesuai merk dan voltase yang diperlukan. Akan tetapi, perlu diperhatikan jika baterai laptop memang sudah rusak.

Apabila baterai memang sudah rusak, daya laptop cenderung mudah habis dan langsung mati tanpa memberikan notifikasi peringatan. Satu-satunya solusi untuk masalah demikian adalah dengan mengganti baterai laptop dengan yang baru.

2. Terkena Virus

Malware dan virus membuat performa kinerja laptop menjadi lebih lambat dari semula. Tanda virus masuk ke laptop bisa diketahui dari kerja laptop yang kurang responsif, beberapa aplikasi yang susah dibuka, dan sebagainya. Tidak jarang, virus dan malware juga dapat menyebabkan laptop mati mendadak.

BACA JUGA :  5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error Tidak Berfungsi