6 Cara Penanganan Pertama Luka Bakar yang Cepat dan Tepat

Luka bakar adalah kerusakan jaringan kulit yang terjadi ketika permukaan tubuh secara tidak sengaja bersentuhan dengan benda-benda yang menghasilkan panas.

Ketika mengalami luka bakar, biasanya seseorang akan mengalami syok karena kaget dan kesakitan akibat bersentuhan dengan benda penghasil panas tersebut.

Agar tidak bertambah parah, diperlukan penanganan pertama luka bakar untuk mencegah meluasnya kerusakan jaringan kulit dan menghentikan paparan panas.

Menurut beratnya luka bakar, terdapat 3 jenis luka bakar yang bisa dialami oleh seseorang yaitu luka bakar ringan, sedang, dan berat.

Jika luka bakar tidak ditangani secara tepat dan cepat, dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan terlebih jika itu merupakan luka bakar berat.

BACA JUGA :  6 Tanda Tanda Menopause Pada Wanita yang Perlu Diketahui

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana seharusnya penanganan pertama pada luka bakar untuk mencegah meluasnya kerusakan jaringan kulit.

1. Segera Hindari Sumber Api

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menangani luka bakar akibat bersentuhan dengan benda penghasil panas yaitu sesegera mungkin menghindar dari sumber panas tersebut.

Jika api merupakan sumber utamanya, segera hindari dan matikan api yang membakar bagian kulit tubuh dengan menyelimuti dan menutup bagian yang terbakar.