Pakar Seo, Ahli Seo Indonesia

pakar seo

Pada artikel ini saya akan menulis artikel tentang Pakar SEO maupun ahli SEO. Sebenarnya tujuan dari artikel ini saya buat adalah untuk membidik keyword pakar SEO maupun ahli SEO yang secara persaingan pasti di kuasai oleh master SEO yang sebenarnya. Ya ibaratnya ikut nimbrung mengasah skill mengoptimasi halaman website bersaing dengan para pakar SEO.

Namun sekalian berbagi pengalaman tentang dunia SEO gak ada salahnya.

Disclaimer: Artikel ini saya buat tidak memakai jasa penulis, jadi kalau tulisannnya agak kacau harap di maklumi hehe. Dan isi dari artikel ini mungkin tidak penting karena hanyalah opini pribadi

SEO (Search Engine Optimization), secara gampangnya sih adalah teknik agar website kita bisa di page one atau di halaman satu mesin pencari google dan mempertahkannya agar posisi tidak turun.

Kenapa harus di halaman satu, ya karena degan berada di halaman satu lebih memungkinkan website kita di buka oleh orang yang mencari sesuatu sesuai topik website kita di google. Saya tidak akan menyebut goal dari teknik ini agar halaman website kita di halaman 2 atau halaman 3.

Menurut saya….. teknik SEO sendiri tugasnya adalah membuat halaman kita naik agar ke halaman satu, namun terjadi klik website atau closing/konversi atau tidak itu membutuhkan skill advertising/periklanan.

Percuma dunk, kalau sudah dihalaman satu tapi tidak ada yang klik. Sudah ada yang klik masuk ke website tapi tidak ada penjualan/closing.

  • Jika sudah di halaman 1 tapi tidak ada yang klik, mungkin karena posisi kita masih berada di bawah. Maka optimasi lagi agar bisa top 3 ( peringkat 1-3)
  • Jika sudah di halaman 1 tapi tidak ada yang klik, mungkin juga karena bahasa iklan kita kurang menarik. Maka optimasi judul dan meta title juga optimasi gambar agar gambar muncul di search. Tujuannya agar lebih menarik perhatian.
  • Jika sudah klik website tapi tidak ada yang order, maka perbaiki penawaran kita agar lebih meyakinkan, baik itu dari segi copywriting, gambar, maupun harga.
  • Jika sudah ada yang menghubungi tapi tidak jadi closing, maka optimalkan admin dan buat strategi penawaran lanjutan agar konsumen tidak lepas.

Mungkin Anda Butuh Pakar SEO atau Ahli SEO

Menjadi pakar SEO atau menggunakan jasa ahli SEO pihak lain adalah hal yang bisa kita tempuh agar bisa mengoptimasi website kita. Jika belajar SEO maka membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran yang lebih agar bisa menguasai teknik SEO. Namun jika ingin hasil yang lebih mudah maka bisa menggunakan jasa dari pakar SEO dengan berbayar.

ahli seo

Kriteria Jika Anda Mencari Pakar SEO Untuk Bisnis Anda

Ketika kita akan mencari jasa SEO atau pakar SEO maka kita di hadapkan dengan siapa pakar SEO yag akan kita pilih dan harga atau biaya yang akan kita keluarkan. Kita harus bisa memperkirakan untuk kata kunci yang kita bidik termasuk kata kunci yang berat persaingannya atau tidak karena ini akan mempengaruhi harga yang akan di tawarkan.

Berikut adalah beberapa kriteria yang bisa di jadikan referensi jika kita mau mencari jasa dari pakar SEO

  • Website dari pakar SEO tersebut berada di halaman pertama

Hal ini adalah hal yang paling sederhana dalam menilai apakah pakar SEO tersebut bagus atau tidak. Jika halaman website sendiri saja tidak berada di halaman pertama bagaimana mau mengoptimasi website orang lain. Walau hal ini tidak sepenuhnya benar, namun bisa di jadikan acuan.

  • Minta portofolio website yang pernah di optimasi

Dalam hal ini kalau bisa kita mengetahui kapan website portofolio tersebut di optimasi untuk kata kunci yang di targetkan. Kemudian cek kata kunci tersebut di google apakah masih di halaman pertama atau tidak. Jika masih di halaman pertama maka optimasi yang dilakukan masih berjalan dengan baik sesuai algoritma google terbaru.

  • Adanya program kerja

Program kerja disini artinya kita di berikan draft pekerjaan optimasi SEO yang akan di lakukan. Misalkan tahapan audit website yang sudah ada, membenahi apa kesalahan yang ada dan melakukan perbaikan. Disinilah proses optimasi On Page dilakukan.

Lalu teknik link building (proses backlink/SEO Off Page)) seperti apa yang di tawarkan. Karena teknik link building adalah metode yang samar-samar, maka kita juga perlu tahu website kita akan di beri backlink yang bagaimana.

  • Adanya garansi untuk periode tertentu

Memang website di halaman pertama tidak akan selamanya di halaman pertama jika tidak terus di optimasi. Namun carilah pakar SEO yang memberikan garansi untuk periode tertentu.

Misalkan masa optimasi halaman pertama adalah 6 bulan, maka dengan adanya garansi misalkan selama 3 bulan setelah optimasi website turun peringkat maka kita tidak akan mengeluarkan biaya lagi untuk optimasi garansi.

Rasanya kita akan di rugikan jika kita mengeluarkan biaya yang besar namun setelah kontrak selesai dan website kita di halaman pertama namun selang satu bulan website kita turun di halaman 2 atau 3 dan tidak ada garansi. Berarti teknik optimasi yang di gunakan tidaklah kuat.

Mintalah rekomendasi apa yang harus dilakukan setelah masa kontrak selesai agar website yang di optimasi terus bertahan di halaman pertama.

Sebenarnya ada banyak sekali parameternya untuk menentukan pakar SEO yang akan kita pilih, namun bagi orang awam dan pemula 3 hal di atas sudah bisa di jadikan referensi dalam mencari jasa yang tepat.

Mintalah Rekomendasi

Terkadang kita bingung menentukan siapa jasa pakar SEO yang akan kita pakai karena semua menawarkan jasa yang menggiurkan. Jika bingung maka bisa mencari rekomendasi dari teman, sahabat atau masuk di grup SEO di facebook dan minta rekomendasi dari anggota lainnya.

Pengalaman Belajar SEO dari Pakar SEO

Selama lebih dari 5 tahun saya belajar SEO dari berbagai pakar SEO dan sudah saya praktekkan dalam mengelola bisnis yang saya kelola. Dengan menggunakan teknik SEO ini saya sudah menghasilkan banyak sekali konversi penjualan Alhamdulillah atas izin Allah.

Dari pengalaman saya belajar SEO, walaupun sampai sekarang saya masih belum bisa di bilang expert, saya menemukan berbagai teknik SEO yang saya pelajari dari beberapa pakar SEO. Tiap teknik SEO yang saya pelajari saya praktekkan dengan website yang berbeda.

Menjadikan SEO menjadi lebih simple

Pada waktu pertama kali belajar SEO, semua pekerjaan seperti harus kita kuasai. Namun sekarang ketika usaha sudah ada yang menghasilkan maka ada profit yang bisa saya ambil untuk digunakan untuk mengelola website.

  • Tidak bisa programer bikin website… pakai jasa pembuatan website
  • Tidak bisa menulis SEO… pakai jasa penulis profesional
  • Pusing mikirin backlink… pakai jasa backlink yang berkualitas

Yang saya lakukan sekarang adalah belajar bagaimana pola SEO itu berkembang mengikuti algoritma. Selebihnya untuk pekerjaan lainnya saya serahkan kepada pihak lain.

Sekilas Tentang Artikel SEO ini

Artikel ini sebenarnya tidak penting haha… tujuan artikel ini memang bukan untuk mengedukasi pembaca agar menjadi ahli SEO karena memang tidak menjelaskan secara teknisnya. Tujuan saya menulis artikel ini memang hanya untuk mencoba menembak keyword pakar SEO.