Menjelajahi Fasilitas Hotel untuk Para Tamu yang Menginap di Ruang Publik

Para tamu hotel seringkali memiliki waktu luang di luar kamar mereka. Untuk memaksimalkan pengalaman mereka selama menginap, hotel harus menyediakan fasilitas yang menarik dan lengkap. Ruang publik di hotel menjadi pusat keramaian tamu. Di sinilah tamu dapat bersantai dan menikmati beberapa fasilitas yang telah disiapkan oleh hotel. Berikut adalah beberapa fasilitas publik yang harus diperhatikan oleh seluruh hotel.

Lobi

Lobi hotel adalah tempat pertama yang dilihat oleh tamu begitu mereka tiba di hotel. Dalam beberapa kasus, lobi dapat memberikan kesan pertama yang kuat pada tamu, sehingga sangat penting bagi hotel untuk memastikan lobi bersih, teratur, dan memberikan kenyamanan. Beberapa hotel menambahkan sofa yang nyaman dan meja dengan lampu sebagai area tunggu sambil menunggu teman atau keluarga yang belum datang. Hotel juga harus menyediakan toilet yang terkunci di area lobi yang diperuntukkan bagi tamu maupun pengunjung.

Restoran

Fasilitas restoran di hotel juga sangat penting. Restoran bisa menjadi sumber pendapatan utama bagi hotel. Restoran akan memenuhi kebutuhan tamu akan makanan, minuman, tempat nongkrong, serta tempat untuk kerja atau bertemu dengan orang lain. Hotel harus memastikan bahwa restoran bekerja dengan baik, menyediakan makanan yang bervariasi dan segar, serta dengan harga terjangkau. Restaurant harus di desain secara elegan dan juga bersih.

BACA JUGA :  Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Resepsionis Hotel

Kolam Renang

Kamar tamu tidak selalu mencakup kolam renang. Oleh karena itu, kolam renang menjadi temporalat yang penting bagi tamu yang ingin bersantai. Saat memilih hotel, pastikan terdapat kolam renang yang bersih dan memiliki fasilitas yang sesuai. Beberapa hotel menambahkan musik untuk menciptakan suasana yang lebih hidup. Hotel juga harus menambahkan aturan tertentu seperti tidak merokok di area kolam renang atau mengenakan pakaian olahragadi dalam kolam renang. Jika kolam renang menjadi fitur yang membedakan antara sebuah hotel dengan yang lainnya, maka kolam renang menjadi filosofi hotel.

Pusat Kesehatan

Waktu luang sering digunakan tamu untuk melakukan olahraga atau merawat tubuh. Untuk tamu yang ingin melakukan workout dan merawat tubuh, hotel harus menyediakan pusat kesehatan yang lengkap. Alat kebugaran, sauna, spa, dan jacuzzi adalah fasilitas penting yang harus tersedia dalam pusat kesehatan. Hotel juga harus menyediakan handuk dan sampo untuk tamu yang menggunakan pusat kesehatan. Gunakanlah handuk hanya untuk handuk yang harus di simpan di dekat berkaki dan tidak di seluruh ruangan.

BACA JUGA :  Mengenal 10 Hotel Terkenal di Indonesia untuk Pengalaman Menginap yang Luar Biasa

Layanan Laundry

Layanan laundry juga sangat penting bagi tamu hotel. Saat bepergian, beberapa tamu butuh layanan laundry karena mereka tidak ingin membawa terlalu banyak pakaian. Oleh karena itu, hotel harus menyediakan layanan laundry yang sempurna. Harga layanan laundry yang terjangkau, waktu pengerjaan yang cepat, dan kualitas layanan yang tak tertandingi adalah beberapa faktor kunci yang harus dipertimbangkan oleh hotel.

Koneksi Internet

Hampir semua hotel sudah mengerti betapa pentingnya akses internet bagi tamu mereka. Tidak memiliki akses internet yang baik adalah sesuatu yang membuat tamu merasa kecewa. Koneksi Wi-Fi yang cepat dan gratis pada seluruh area hotel menjadi hal yang sangat penting bagi tamu modern. Hotel harus memastikan akses internet mudah dan tersedia di seluruh area publik tanpa biaya tambahan.

Ruang Pertemuan

Hotel biasanya digunakan sebagai penginapan untuk kegiatan bisnis atau acara seperti seminar, pertemuan, dan konferensi. Oleh karena itu, ruang pertemuan menjadi fasilitas publik yang sangat penting. Ruang pertemuan harus dilengkapi dengan teknologi yang memadai seperti proyektor, papan tulis, dan koneksi internet. Ruangan juga harus mampu menampung jumlah tamu yang diinginkan. Pastikan ruangan tersebut bersih dan terawat dengan baik.

BACA JUGA :  Apa Saja Jenis Pekerjaan yang Ada di Hotel dan Apa yang Mereka Lakukan?

BACA JUGA: situs cari hotel murah

Ruang keluarga

Hotel juga harus menyediakan ruang keluarga agar tamu dapat santai dan bersosialisasi. Ruang keluarga harus terletak di tempat yang strategis, mudah dijangkau, dan terlihat dari banyak tamu yang datang dan pergi. Furnitur seperti sofa dan meja tambahan, serta televisi untuk kesenangan tamu, dapat diatur di dalam ruangan. Terakhir, pastikan furnitur yang tersedia tidak menyerobot ruang di ruangan.

Fasilitas hotel sangat penting bagi para tamu ketika mereka menginap di hotel. Fasilitas yang memuaskan tamu biasanya meningkatkan kualitas tinggal dan memberi efek dominan pada penilaian tamu terhadap hotel. Dalam merencanakan fasilitas publik di hotel, dipahami bahwa fitur publik juga menerima perhatian dari tamu. Seperti ungkapan bahwa setiap detail penataan ruang publik memberikan penilaian signifikan bagi tamu, dan mereka mendorong penyediaan fasilitas yang memuaskan tamu di hotel.