Masjid Agung Pacitan, Sejarah, Lokasi dan Gaya Arsitekturnya

Provinsi Jawa Timur diketahui memang memiliki sejumlah bangunan masjid dengan sisi menariknya masing-masing. Satu diantara Masjid tersebut adalah nama Masjid Agung Pacitan yang hadir dengan tampilan kubah berukuran raksasa.

Dari segi lokasi, Masjid ini tergolong cukup strategis lantaran berdiri tepat di pusat kota Pacitan, Lebih tepatnya ada di bagian barat dari alun-alun. Pembahasan selebihnya untuk Masjid satu ini bisa disimak dalam uraian berikut:

Sejarah

Masjid Darul Falah merupakan sebutan atau nama lain dari Masjid Agung Pacitan ini memang dikenal akan tampilan kubahnya. Dimana kubah tersebut dirancang dengan ukuran yang cukup besar serta memiliki warna dominan hijau tampak cukup menarik dipandang.

BACA JUGA :  Masjid Agung Lombok, Sejarah dan Keunikan Arsitekturnya

Pembangunan dari Masjid ini diketahui dilakukan sudah semenjak tahun 2006 silam serta selesai di tahun 2012. Jika dilihat dari segi bentuknya, maka bisa dikatakan bahwa Masjid ini memiliki beberapa kesamaan dengan Masjid Kubah Emas yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

Bisa dikatakan juga bahwa Masjid ini menjadi satu dari beberapa bagian penting dalam sejarah perkembangan Islam yang terdapat di tanah Jawa. Terlebih bangunan ini termasuk dalam komponen tradisi pada pemerintahan yang terdapat di Jawa.