Masjid Agung Lombok, Sejarah dan Keunikan Arsitekturnya

Lombok memang menjadi salah satu wilayah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun bagi umat Islam, mengunjungi kawasan ini juga bisa diselingi dengan datang ke masjid ikoniknya. Masjid Agung Lombok adalah salah satu golongan masjid yang menarik untuk dikunjungi.

Namun sebelum datang ke masjid ini, maka harus tahu informasi mendetail dan keunikannya. Dengan mengetahui semua penjelasan ini, maka saat datang ke masjid bisa sekaligus merasakan segala keunikan tersebut. Untuk mengetahui detailnya, simak ulasan berikut ini:

Sedikit Tentang Masjid Agung di Lombok

Masjid Agung Lombok atau yang biasa dinamai dengan masjid Agung Praya adalah salah satu golongan destinasi wisata religi yang sangat indah. Bangunan masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1979, yang mulanya hanya sebuah mushola kecil.

BACA JUGA :  Masjid Agung Binjai, Fasilitas dan Berbagai Daya Tariknya

Pada tahun tersebut, pihak yang menggagas pendirian masjid ini adalah Lalu Srigede selaku Bupati Lombok Tengah. Tujuan awal pembangunannya adalah untuk menambah infrastruktur Lombok yang saat itu masih tergolong kurang lengkap.

Proses pembangunan masjid ini sendiri tergolong sangat lama, dan baru saja selesai pada tahun 2000. Saat sudah selesai, masjid ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk ibadah dan bisa menampung sampai 10.000 jamaah. Angka ini terbilang besar untuk ukuran suatu masjid.