Masjid Agung Kota Sukabumi, Sejarah dan daya Tariknya

Saat berkunjung ke kota Sukabumi, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Masjid Agung Kota Sukabumi yang memiliki banyak sekali keunggulan. Selain untuk beribadah, pengunjung yang datang ke masjid ini juga sering menghabiskan waktu untuk melakukan wisata religi.

Hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat masjid ini kental sekali dengan unsur sejarah. Sebelum datang ke masjid ini, pastikan untuk tahu dulu seluk-beluk yang ada di dalamnya. Penasaran tentang informasi mendetail masjid ini? Simak ulasannya berikut:

Sejarah Masjid Agung di Kota Sukabumi

Menurut catatan sejarah, masjid ini didirikan pada abad ke-19. Eksistensinya tidak pernah berkurang, karena sampai akhir abad ke-19 masjid ini merupakan satu-satunya masjid di Sukabumi. Meski tergolong masjid tua, namun masjid ini bisa berdiri sampai sekarang setelah beberapa kali perbaikan.

BACA JUGA :  Masjid Agung Al Aqsa Klaten, Profil, Rute, Lokasi dan Keunikannya

Pendirian masjid ini dilakukan di atas tanah wakaf dari Ahmad Juwaeni, salah satu warga Sukabumi. Saat pertama kali dibangung, bangunannya sangat sederhana dengan satu menara beserta atap tumpang khas Jawa. Detail ini setidaknya masih ada sampai perbaikan dilakukan.

Proses perbaikan masjid ini dilakukan sebanyak 6 kali. Tepatnya pada tahun 2012, 2004, 1975, 1945, 1963, dan di tahun 1900. Setiap proses perbaikan ini sudah membuat masjid ini bertransformasi mengikuti perkembangan zaman, namun tetap meninggalkan unsur sejarah di berbagai sisinya.