Sejarah Masjid Agung Pontianak, Gaya Arsitektur dan Berbagai Fasilitasnya

Saat berkunjung ke Pontianak, maka jangan lupa untuk datang ke Masjid Agungnya. Jika dilihat secara sekilas, Masjid Agung Pontianak akan terlihat sama dengan masjid pada umumnya. Namun jika diteliti lebih jauh, masjid ini memiliki berbagai hal menarik yang akan pas untuk diulas.

Sebelum datang ke masjidnya secara langsung, segala detail informasinya juga harus dipahami dengan baik. Setelah mengetahui segala informasinya, maka akan lebih yakin untuk datang ke masjidnya. Jika penasaran dengan detailnya, simak pembahasan di bawah ini:

Sedikit Tentang Masjid Agung di Pontianak

Masjid Agung Pontianak berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak. Lokasi masjid ini tergolong strategis dan ada di pinggir jalan utama. Dengan demikian, pengunjung yang datang tidak perlu kesulitan menemukan tempat masjidnya berdiri.

BACA JUGA :  Masjid Agung Pacitan, Sejarah, Lokasi dan Gaya Arsitekturnya

Dulu, masjid ini dibangun dengan proses yang panjang sampai akhirnya diresmikan pada tahun 1978 oleh Presiden Soeharto. Kemudian setelah beberapa pemugaran, pada tahun 2015 dilakukan lagi renovasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Masjid ini memiliki dua lantai utama yang bisa menampung 9.000 jamaah secara bersamaan. Karena tergolong luas, tiang penyangga di masjid ini juga sangat banyak. Dengan ukuran ini, tidak sedikit masyarakat Pontianak memanfaatkan masjid ini untuk melakukan ibadah.