11 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Saat penyerapan lemak dilakukan secara optimal, maka gula darah dapat distabilkan, oleh sebab itu bagi para penderita diabetes bisa mencoba mengkonsumsi cemilan dari kacang tanah yang direbus karena khasiatnya dapat menstabilkan gula darah.

Menurunkan Risiko Batu Empedu

Batu empedu merupakan cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk dalam kantong empedu. Kandung empedu adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat di bawah hati.

Mengkonsumsi satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang seminggu sekali dapat menurunkan risiko terkena batu empedu atau penyakit kantung empedu hingga 25% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang tanah.

Melindungi Penurunan Kognitif terkait Umur

Peserta penelitian menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi asupan makanan yang kaya akan niasin seperti kacang tanah 70% enderung lebih terhindar dari penyakit Alzheimer. Makan seperempat cangkir kacang tanah setiap hari sudah memenuhi kebutuhan gizi hampir seperempat dari nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk niacin.

BACA JUGA :  6 Cara Bersihkan Karang Gigi Secara Alami dan Mudah

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kacang tanah mengandung banyak asam folat, pada sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 mikrogram asupan harian asam folat sebelum dan saat awal kehamilan dapat menunurnkan risiko memiliki bayi yang terlahir cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

Meningkatkan Memori Otak

Apakah anda tahu manfaat yang ditemukan di dalam kacang tanah bahwa kacang tanah dapat memberi asupan gizi untuk otak?, hal ini disebabkan karena kacang tanah memiliki kandungan vitamin B3 (niasin konten) yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otak normal dan dapat membantu meningkatkan kekuatan memori otak, untuk memperkuat daya ingat.

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kecantikan

Kacang tanah mmiliki segudang manfaat untuk kecantikan tapi jika anda memiliki jerawat dan acne, saya sarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang karena kacang dapat memperparah keadaan jerawat anda, karena kacang tanah dapat memicu timbulnya jerawat, namun jika anda memiliki kulit yang tidak berjerawat atau acne ana bisa melakukan perawatan kecantikan dengan kacang.

BACA JUGA :  7 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami dan Juga Aman
  1. Kacang tanah memiliki kandungan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk mencegah pembengkakan kulit dan mengurangi kemerahan. Kacang tanah juga mengandung vitamin E, magnesium, dan seng yang berguna untuk menjaga kulit agar lebih bersinar dari dalam dan dapat mengurangi bakteri yang memicu jerawat, serta kandungan protein dalam kacang tanah juga dapat membantu regenerasi sel kulit.
  2. Kandungan asam lemak pada kacang juga dipercaya sangat penting untuk perkembangan sel-sel saraf otak. Sel saraf otak inilah yang berfungsi untuk mengatur atau mengontrol stress dan mood (perubahan suasana ati), serta sebagai pencegah dari berabagai gangguan kulit seperti keriput, garis halus, dan kusam.
  3. Kacang tanah juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, racun yang menumpuk didalam tubuh dapat menyebabkan kulit kusam dan minyak berlebih, mengkonsumsi kacang tanh atau selai kacang secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar.
  4. Selain dapat menjaga kesehatan kulit kacang tanah juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, kacang tanah memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi, yang berguna untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan dapat membantu menigkatkan pertumbuhan rambut agar menjadi semakin lebat.
  5. Kacang tanah juga merupakan sumber arginin, yaitu jenis asam aminu yang sangat berguna untu membantu menyembuhkan dan mengobati kebotakan sama seperti jeruk lemon dan jeruk nipis, zat ini juga mampu melancarkan aliran darah, jika aliran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh, ini dapat memicu rambut tumbuh menjadi sehat dan kuat.
BACA JUGA :  7 Cara Agar Cepat Hamil Setelah KB Suntik Dihentikan

Kacang tanah juga kaya akan lemak dan mengandung protein yang tinggi, serta zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, fosforus, lesitin, kolin, dan kalsium. Kandungan protein pada kacang tanah jauh lebih tinggi dibandingkan telur, daging dan kacang kedelai (soya).