11 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Kacang Tanah – Kacang Tanah termasuk golongan kacang-kacangan atau polong-polongan. Kacang tanah menjadi populer di indonesia dan sangat sering menjadi cemilan saat acara tertentu seperti saat menonton sepak bola, kacang tanah selalu menjadi pilihan karena mudah didapatkan dan memiliki rasa yang enak.

Olahan kacang tanah dapa kita jumpai ditempat umum dijual diemperan jalan atau supermarket dalam bentuk yang digoreng atau direbus, dalam olahan makanan di Indonesia kacang tanah umumnya sebagai bahan campuran untuk membuat pecel dan gado-gado yang sangat terkenal dan digemari oleh turis mancanegara.

Kacang tanah juga sering dijadikan campuran untuk mmbuat salad dengan mencampur berbagai macam jenis sayuran, jika mengkonsumsi sayuran dan kacang tanah secara bersamaan tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh karena khasiat yang terkandung dalam sayuran dan kacang pasti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA :  8 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah Berjerawat yang Luar Biasa

Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki kandungan nutrisi yang penting dan lengkap bagi tubuh, kacang tanah merukapan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi yang baik dari suku kacang-kacangan. Nutrisi serta manfaat kacang tanah dipercaya sama dengan nutrisi dan manfaat dari kacang kedelai (soya). Segenggam kacang tanah mengandung:

  • 828 kalori (8% AKG Harian)
  • 72 gram lemak (110% AKG Harian)
  • 37 gram protein (73% AKG Harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% AKG Harian)
  • 12 gram serat (19% AKG Harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% AKG Harian)

Vitamin

Satu porsi kacang tanah mentah memberi asupan 110% dari asupan makanan refrensi untuk niacin, 88% untuk folat, 81% untuk vitamin E, 78% untuk tiamin, 30% untuk vitamin B6, dan 15% untuk riboflavin.

BACA JUGA :  7 Gejala Awal Penyakit Lupus yang Patut Diwaspadai