Home » 🥗 Makanan Khas » 6 Makanan Khas Tanjung Selor yang Terkenal Wajib Anda Cicipi

6 Makanan Khas Tanjung Selor yang Terkenal Wajib Anda Cicipi

Setiap kota yang ada di Indonesia memang memiliki makanan khas yang menjadi identitasnya seperti misalnya makanan khas Tanjung selor di kalimantan utara. Hal yang juga menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Di Tanjung Selor sendiri memiliki berbagai makanan khas dengan segala keunikan rasa. Karena itu, kali ini akan diulas mengenai beberapa makanan khas yang ada di sana dan dapat untuk dicoba.

1. Tumis Kapah

Makanan Khas Tanjung Selor

Bagi yang suka dengan hidangan yang terbuat dari seafood maka tak ada salahnya jika menjadikan tumis kapah ini ke dalam list makanan yang wajib dicoba. Makanan ini pun akan mudah ditemukan saat berkunjung ke Tanjung selor.

Tampilan masakan yang berwarna merah tentu akan membuat tingkat liur meningkat.  Selain itu daging kapah yang lembut juga akan memanjakan lidah para penikmatnya apalagi ditambah dengan perpaduan bumbu yang khas.

2. Lawa

Makanan Khas Tanjung Selor

Jika menginginkan makanan pembuka yang segar, maka lawa ini bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif. Sebab makanan ini terbuat dari rumput laut atau terbuat dari timun.

Penyajian yang dilakukan pun dengan mencampurkan bahan utama dengan kelapa sangrai dan juga udang atau kerang. Biasanya makanan Ini pun berperan sebagai hidangan pembuka sebelum mulai menyantap makanan lainnya.

3. Nasi Subut

Makanan Khas Tanjung Selor

Ada hidangan unik yang juga menjadi makanan khas Tanjung selor yang bisa coba untuk dinikmati ketika berkunjung ke Tanjung selor ini. Makanan tersebut merupakan nabi yang memiliki warna keunguan.

Nasi ini sendiri merupakan nasi yang berbahan dasar beras dan juga buliran jagung. Selain itu cara memasaknya yang dicampur dengan ubi ungu membuat nasi ini berwarna ungu yang tentunya membuat rasa penasaran ingin mencicipinya.

4. Sate Ikan Pari

Makanan Khas Tanjung Selor

Jika di daerah lain biasanya ikan pari dibuat mangut atau diasap, maka berbeda dengan yang terjadi di Tanjung selor. Sebab di sana ikan pari ini dibuat menjadi hidangan berupa sate.

Bumbu yang digunakan pun merupakan bumbu yang khas dari Kalimantan utara. Sehingga akan memanjakan lidah bagi para pelancong yang menikmati sajian unik tersebut.

Untuk dapat menikmati sajian ini, bisa dengan mengunjungi restoran yang menyediakan makanan khas dari Tanjung selor. Sehingga akan mudah menemukan makan ini karena memang sudah menjadi ciri khasnya.

5. Ikan Asin Rica

Makanan Khas Tanjung Selor

Jika tengah menikmati nasi subut, maka jangan ketinggalan untuk menikmati ikan asin rica. Sebab memang biasanya nasi subut ini akan dihidangkan dengan ditemani ikan asin rica.

Ikan asin rica sendiri juga kerap disembur dengan ikan asin pedas, sebab memasaknya yang memang menggunakan cabai. Selain itu ikan asin rica juga akan dimasak dengan saus yang gurih, tentunya akan membuat yang melihatnya ingin segera menyantap.

6. Kepiting Soka

Makanan Khas Tanjung Selor

Tanjung Selor memang terkenal dengan olahan lautnya yang menggugah selera, salah satunya adalah kepiting soka. Kandungan lemak yang lumayan rendah membuat jenis kepiting ini banyak diburu oleh pelancong.

Tentunya selain itu karena rasa yang ditawarkan oleh sajian ini berbeda dengan jenis kepiting lainnya. Karena itu, saat berkunjung ke sana jangan lupakan untuk menikmati sajian ini.

Selain itu, kepiting soka juga akan mudah ditemukan di sana dengan berbahan macam masakan. Karena itu, pilih masakan yang sekiranya sesuai dengan apa yang diinginkan dan mampu membuat rasa penasaran.

Demikian tadi adalah beberapa ulasan mengenai makanan khas Tanjung selor yang tak boleh samapi dilewatkan saat berkunjung ke sana. Jadi, persiapkan uang yang banyak agar semua makanan khas yang ada di sana bisa dirasakan semua.