6 Makanan Khas Purbalingga yang Wajib Kamu Cobain!

Mencicipi makanan khas Purbalingga adalah aktivitas wajib saat sedang mengunjunginya. Sebab, Purbalingga memiliki banyak jenis makanan yang cita rasanya unik dan lezat. Dengan ciri khas yang lain dari daerah asal, mencicipi makanan dari luar kota tentu menghadirkan kesan berbeda.

Lantas apa saja rekomendasinya? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa rekomendasi makanan khas dari Purbalingga:

1. Sate Blater

Makanan Khas Purbalingga

Meski sepintas terlihat sama dengan sate pada umumnya, ada hal yang membuat makanan ini berbeda. Dinamakan Blater sebab asalnya dari desa di Kalimanah yang bernama sama. Bahan utamanya daging ayam segar, sama dengan sate lainnya.

Namun yang menjadi pembeda adalah proses pengolahannya. Sate Blater biasanya direndam dalam campuran bumbu yang secara khusus sudah diracik. Jadi ketika proses pembakaran, sate akan terus dilumuri bumbu ini berulang kali agar lebih meresap.

BACA JUGA :  6 Makanan Khas Martapura Sebagai Menu Utama dan Penutup

Berhubung proses memasaknya lebih panjang, sate ini juga lebih lama, sanggup bertahan sampai tiga hari. Sate ini banyak tersedia di daerah Mayjend Sungkono, dengan harga kurang lebih 12 ribu untuk seporsi sate isi 10.

2. Gulai Melung

Makanan Khas Purbalingga

Makanan khas Purbalingga selanjutnya yang wajib dicoba adalah gulai Melung. Sebab, cita rasanya lain daripada gulai biasa. Perbedaannya adalah rasa yang khas karena diolah dengan memakai alat memasak tradisional. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai bagian dari kambingnya.