Home » 🥗 Makanan Khas » 7 Makanan Khas Bukittinggi yang Rasanya Bikin Nagih

7 Makanan Khas Bukittinggi yang Rasanya Bikin Nagih

Makanan khas daerah selalu mampu menarik wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Misalnya makanan khas Bukittinggi yang turut melengkapi ragam kuliner di Sumatera Barat.

Kebanyakan makanan yang ada di Bukittinggi cenderung menggunakan santan dan daging. Meskipun demikian ada yang menggunakan bahan-bahan lain khususnya cemilan ringan.

Tak kalah lezat dengan daerah sekitarnya seperti Payakumbuh atau Padang. Berikut beberapa rekomendasi makanan asal Bukittinggi yang memiliki rasa “nikmat dan nagih”.

1. Nasi Kapau

Makanan Khas Bukittinggi

Rekomendasi pertama datang dari makanan bernama Nasi Kapau yang merupakan nasi rames. Dalam menentukan porsi, wisatawan dapat memilih lebih dari satu jenis lauk.

Contohnya dendeng balado, babat, telur, usus, dan sebagainya. Mungkin bagi penggemar Nasi Padang, Nasi Kapau terlihat mirip namun terdapat perbedaan keduanya.

Dimana Nasi Kapau memiliki lauk dengan warna yang agak terang (kuning terang). Sementara pada Nasi Padang lauk memiliki warna yang pekat.

2. Sate Danguang-Danguang

Makanan Khas Bukittinggi

Sekilas Sate Danguang-Danguang ini memang terlihat serupa dengan Sate Padang. Alasannya karena bahan utama yang digunakan berupa daging sapi.

Padahal nyatanya, kedua sate tersebut tidak ada kemiripan sama sekali.  Perbedaan dapat dinilai dari segi rasa dan warna kuah yang diberikan.

Untuk rasa Sate Danguang-Danguang tidak terlalu kuat seperti Sate Padang. Sementara segi warna kuah Sate Danguang-Danguang lebih terang dari sate Padang.

3. Dendeng Bukittinggi

Makanan Khas Bukittinggi

Olahan daging Dendeng Bukittinggi terdiri atas dua jenis, pertama Dendeng Balado. Cita rasa yang diberikan kaya akan bumbu balado dengan penjemuran sebagai pemrosesannya.

Kedua Dendeng Batokok yang kuat akan bumbu cabai hijau. Pemrosesannya olahan Dendeng Batokok menggunakan metode pembakaran.

Kekhasan yang dimiliki makanan khas Bukittinggi berupa dua jenis tidak hanya dapat dirasakan. Namun juga melalui teknik pembuatan olahan daging hingga siap dihidangkan.

4. Gulai Jariang

Makanan Khas Bukittinggi

Bagi wisatawan yang gemar dengan jengkol, sepertinya Gulai Jariang dapat menjadi opsi. Apalagi kuliner berikut cukup mudah didapatkan di rumah makan sekitar.

Penamaan Gulai Jariang sendiri dikarenakan proses pembuatan makanan yang memanfaatkan santan. Pemberian santan dianggap mampu memberikan cita rasa gurih.

Tidak perlu khawatir akan rasa pahit dari Gulai Jariang, jengkol yang diolah biasanya dipastikan berumur tua. Di samping mencegah pahit, daging jengkol juga tidak keras.

5. Ampiang Dadiah

Makanan Khas Bukittinggi

Apabila sebelumnya yang dibahas kuliner dengan bahan utama yang berat berbeda dengan berikut. Emping dan yoghurt dipilih sebagai bahan utama pembuatan Ampiang Dadiah.

Emping dan Yoghurt yang digunakan dalam proses pembuatan Ampiang Dadiah adalah yang khas Minangkabau. Inilah yang kemudian membedakan rasa dari makanan.

Kebanyakan orang percaya Ampiang Dadiah cukup baik untuk kesehatan. Dimana mampu menurunkan kadar kolesterol dan daya imunitas tubuh.

6. Keripik Sanjai

Makanan Khas Bukittinggi

Rasanya hampir seluruh masyarakat tanah air dikenal dengan Kerupuk Sanjai yang biasanya ditemui sebagai oleh-oleh. Cita rasa yang diberikan keripik terletak pada bumbu khas.

Belum lagi varian yang dibedakan oleh pihak produksi yaitu asin, pedas, dan rasa asli. Pengirisan singkong juga menjadi ciri khas karena ukurannya yang begitu tipis.

Untuk yang tertarik membawa pulang Keripik Sanjai dapat mencari di outlet-outlet daerah. Jangan cemas akan kerenyahannya, karena desain kemasan tidak mudah rusak.

7. Pisang Kapik

Makanan Khas Bukittinggi

Rekomendasi yang terakhir, bernama Pisang Kapik dengan rasa nikmat dan sajian unik. Alasannya terletak pada pisang yang dijepit atau dikapik hingga pipih.

Umumnya pisang yang digunakan adalah Pisang Kepok atau Pisang Batu. Kemudian pisang diolah dengan proses pemagangan baru setelahnya dijepit.

Lalu pisang ditaburi toping dari campuran kelapa yang diparut dan gula aren. Tujuannya agar citra gurih dan legit yang dilengkapi aroma asap “tertinggal” di dalamnya.

Kira-kira itulah 7 rekomendasi makanan khas Bukittinggi yang sayang kalau hanya sekedar lewat. Bagi yang sedang berada di Bukittinggi tak ada salahnya mencoba.