4 Rekomendasi Makanan Khas Boyolali yang Unik, Wajib Dicoba!

Makanan Khas Boyolali banyak dipengaruhi oleh budaya keraton karena dulu Boyolali merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam. Makanan disana pun sangat bervariasi mulai dari makanan berat hingga cemilan yang wajib dicicipi ketika berwisata kesana.

Boyolali dikenal sebagai daerah pusat produsen beras dan juga populer sebagai salah satu daerah penghasil susu nasional. Ada banyak makanan yang bisa dicoba oleh pengunjung, berikut adalah daftar makanan yang wajib dicoba, yaitu:

1. Jenang Pecel

Makanan Khas Boyolali

Makanan khas Boyolali yang satu ini cukup unik karena makanan ini merupakan perpaduan antara Jenang (Bubur) dan pecel. Seperti yang diketahui pecel itu sendiri berisikan berbagai sayuran dengan siraman bumbu kacang.

BACA JUGA :  5 Makanan Khas Sleman yang Enaknya Bikin Ketagihan

Sedangkan bubur yang dimaksud berupa bubur sumsum dengan tekstur yang lembut. Perpaduan antara rasa gurih, pedas, dan manisnya pecel dengan kelembutan dari jenang menambah kenikmatan hidangan unik ini.

Hidangan ini biasa disajikan dengan alas daun pisang atau pincuk. Untuk rasa yang lebih nikmat pengunjung bisa memakannya dengan lauk tambahan seperti peyek atau tempe agar teksturnya semakin kaya.

Pengunjung yang ingin mencicipi hidangan ini bisa menemukannya di rumah makan kecil di pemukiman warga. Harga untuk satu porsi jenang pecel sekitar Rp 7 ribu saja.

2. Sate Kere

Makanan Khas Boyolali