5 Makanan Khas Bantul yang Terkenal Enak, Wajib Dicoba!

Dengan begitu, cita rasa yang ditimbulkan makanan ini sangat gurih. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari 7 ribu rupiah untuk satu porsi.

2. Sate Klatak

Makanan Khas Bantul

Sate ini merupakan salah satu dari beberapa macam makanan khas Bantul yang wajib dicicipi ketika mengunjungi Bantul. Bahan dasar dari sate ini yaitu daging kambing muda yang sudah diberi bumbu dan dibakar pada atas arang.

Hal yang menjadi keunikan pada sate ini adalah alat tusuk yang digunakan untuk sate klatak menggunakan jeruji sepeda. Bukan tanpa tujuan, maksud dari penggunaan jeruji sepeda yaitu agar daging yang dimasak dapat matang dengan sempurna.

BACA JUGA :  5 Makanan Khas Sleman yang Enaknya Bikin Ketagihan

Umumnya, sate klatak biasa disajikan bersama dengan kuah gulai guna meningkatkan cita rasa makanan ini. Menu ini ada di Jejeran, Pleret. Adapun kata klatak diambil dari bunyi “klatak klatak” di saat daging yang sedang dimasak terkena arang.

3. Geplak

Makanan Khas Bantul

Kue geplak ini merupakan ikon kuliner daerah Bantul yang harus dicicipi. Dahulu makanan ini dijadikan pengganti nasi untuk mengganjal rasa lapar.

Bahan dari geplak yaitu tepung beras, kelapa parut, dan gula. Tampilan dari kue geplak ini begitu menarik karena berwarna-warni dan bentuknya bulat berukuran kecil.