Apa Saja Jenis Pekerjaan yang Ada di Hotel dan Apa yang Mereka Lakukan?

Hotel adalah salah satu jenis bisnis yang cukup besar dan kompleks. Ada banyak jenis pekerjaan yang ada di hotel, dari resepsionis hingga juru masak. Pekerjaan-pekerjaan ini penting untuk menjaga hotel berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang ada di hotel dan apa yang mereka lakukan:

1. Resepsionis

Resepsionis adalah posisi yang paling terkenal di sebuah hotel. Mereka adalah orang pertama yang ditemui oleh tamu ketika mereka tiba di hotel. Tugas mereka antara lain menerima tamu, mengambil reservasi, memberikan kunci kamar, dan memberikan informasi tentang hotel dan area sekitarnya. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjawab telepon dan merespon permintaan tamu secara tepat waktu.

2. Bagian Keuangan

Bagian keuangan di hotel bertanggung jawab untuk mengatur semua aspek keuangan hotel. Mereka memantau dan memproses pembayaran dari tamu, membayar tagihan supplier, mengatur anggaran, dan juga membuat laporan keuangan. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua keuangan hotel berjalan dengan lancar dan dalam batas waktu yang ditentukan.

BACA JUGA :  Tips Contoh Promosi Hotel yang Bisa Dipakai!

3. Housekeeping

Housekeeping adalah bagian yang sangat penting dari hotel. Mereka bertanggung jawab untuk membersihkan kamar tamu, mencuci dan menyetrika linen, dan menjaga kebersihan area umum di hotel. Mereka juga biasanya bertanggung jawab untuk merenovasi dan memperbaiki kamar tamu agar selalu dalam kondisi yang baik.

4. Juru Masak

Juru masak di hotel bertanggung jawab untuk menyajikan makanan dan minuman kepada tamu. Mereka juga mempersiapkan menu, memesan bahan makanan, dan mengatur staf dapur. Juru masak di hotel biasanya memiliki kemampuan yang sangat ahli dalam memasak dan menghasilkan makanan yang lezat dan menarik.

5. Concierge

Concierge adalah posisi di hotel yang bertanggung jawab untuk membantu tamu dengan semua permintaan mereka. Mereka biasanya memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang area sekitar hotel dan dapat memberikan saran tentang tempat-tempat yang harus dikunjungi, restoran yang harus dicoba, dan layanan transportasi yang tersedia. Mereka juga dapat membantu tamu mengatur perjalanan dan acara khusus lainnya.

6. Fasilitas Olahraga dan Rekreasi

Jika sebuah hotel memiliki pusat kebugaran atau kolam renang, maka biasanya ada staf yang bertanggung jawab untuk mengelolanya. Mereka biasanya memiliki pengetahuan tentang latihan dan kesehatan dan dapat membantu tamu dengan semua kebutuhan mereka. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan fasilitas olahraga dan rekreasi.

BACA JUGA :  Memahami Struktur Organisasi Hotel Bintang 5: Siapa Saja yang Bertanggung Jawab?

7. Pemasaran & Penjualan

Bagian pemasaran dan penjualan di hotel bertanggung jawab untuk mempromosikan hotel dan menarik tamu baru. Mereka menghasilkan materi pemasaran, seperti brosur dan iklan seperti membuat situs hotel, dan juga mengatur acara-acara pemasaran untuk memperkenalkan hotel kepada calon tamu. Mereka mempertahankan hubungan dengan pelanggan lama dan juga mencari peluang bisnis baru yang dapat meningkatkan pendapatan hotel.

8. Teknologi Informasi

Bagian Teknologi Informasi di hotel bertanggung jawab untuk memastikan semua teknologi dan program yang digunakan di hotel berjalan dengan lancar. Mereka memastikan bahwa sistem pemesanan dan pembayaran online berfungsi dengan baik dan bahwa semua data tamu aman dan terlindungi. Mereka juga bertanggung jawab untuk membantu staf hotel dalam menggunakan teknologi yang digunakan di hotel.

9. Keamanan dan Keselamatan

Staf keamanan dan keselamatan di hotel bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keselamatan tamu dan staf hotel. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua area di hotel aman dan terlindungi dari pencurian atau kerusakan. Mereka juga memperhatikan semua aktivitas di hotel dan sekitarnya dan mengambil tindakan jika diperlukan untuk memastikan keamanan tamu dan staf hotel.

BACA JUGA :  Pajak Hotel Berapa Persen di Indonesia: Panduan Lengkap untuk Pemilik Hotel

10. Manajer Hotel

Manajer hotel adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek operasional dari hotel. Mereka mengatur staf hotel, mengurus pembangunan dan perawatan hotel, mengelola anggaran hotel, dan memastikan bahwa hotel berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi tamu. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua kebijakan dan prosedur hotel sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada.

Di dalam industri perhotelan, ada banyak jenis pekerjaan yang ada di hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Dari respsionis hingga manajer hotel, setiap pekerjaan memiliki peran khusus yang sangat penting bagi kesuksesan bisnis perhotelan. Bagi siapa pun yang ingin memulai karir di hotel, ada banyak opsi yang tersedia serta peluang karir yang menjanjikan.