Mengenal Jasa Porter Hotel dan Perannya dalam Industri Pariwisata

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling penting bagi negara Indonesia. Oleh karena itulah, industri ini terus berkembang dan menawarkan banyak peluang untuk para pekerja di bidang pariwisata. Di dalam industri pariwisata, hotel menjadi salah satu bentuk akomodasi yang paling penting.

Tentu saja, hotel terdiri dari banyak jenis serta kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan tamu. Salah satu layanan yang disediakan oleh hotel adalah jasa porter. Lalu, apa itu jasa porter?

Jasa porter adalah layanan di dalam hotel yang menyediakan pelayanan seperti membawa barang bawaan atau koper tamu dari lobby ke kamar atau sebaliknya, mengantar tamu ke kamar mereka, serta membantu tamu dalam mengangkat barang bawaan mereka. Layanan porter secara umum adalah helper dalam suatu departemen hotel.

Mengapa jasa porter sangat penting dalam industri pariwisata?

Pertama, jasa porter sangat membantu para tamu hotel dalam hal memudahkan proses check-in dan check-out, terutama para tamu yang membawa banyak barang bawaan. Dengan bantuan para porter, para tamu dapat memperoleh bantuan dalam membawa barang bawaan mereka dan mengurangi rasa lelah atau kelelahan.

BACA JUGA :  Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel dan Tips Membuatnya

Kedua, jasa porter memberikan peluang bagi tamu untuk menikmati pengalaman yang lebih personal. Seiring dengan meningkatnya persaingan dalam bisnis perhotelan, banyak hotel yang berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan mereka untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dan intim untuk para tamu mereka. Sebagai contoh, para porter hotel akan membantu tamu mengenali kamar-kamar dan fasilitas yang tersedia di lingkungan hotel.

Ketiga, jasa porter juga sangat membantu para tamu untuk merasa lebih aman dan nyaman selama berada di hotel. Porter membantu tamu untuk memindahkan barang bawaan mereka ke kamar mereka dan memantau lingkungan sekitar kamar tamu.

Porter juga dapat membantu tamu yang mengalami masalah atau kesulitan yang memerlukan bantuan karyawan hotel. Sebagai contoh, saat terjadi kebakaran atau gangguan kelistrikan, porter akan membantu mengarahkan tamu ke tempat yang aman dan memberikan informasi yang diperlukan.

Keuntungan yang didapat dari jasa porter

Pertama, mengeluarkan biaya tambahan dalam hotel akan meningkatkan pengalaman tamu dan akan menjadi salah satu daya tarik hotel. Sebagai contoh, hotel-hotel yang menyediakan jasa porter pasti menjadi daya tarik bagi para tamu yang datang dari jarak jauh.

BACA JUGA :  Memahami Struktur Organisasi Hotel Bintang 5: Siapa Saja yang Bertanggung Jawab?

Kedua, dengan menyediakan jasa porter, hotel dapat memberikan nilai tambah bagi tamu mereka. Para tamu yang menggunakan layanan porter akan memperoleh pengalaman yang lebih positif selama menginap di hotel, sehingga dapat membantu membangun citra positif dari hotel itu sendiri.

Terakhir, jasa porter dapat meningkatkan kepedulian hotel terhadap kenyamanan tamu mereka. Dalam banyak kasus, porter menjadi salah satu karyawan hotel yang paling terlihat dan diingat oleh para tamu. Pelayanan yang diberikan oleh porter dapat membuat tamu merasa diperhatikan dan dihargai oleh hotel, sehingga dapat meningkatkan kepuasan tamu.

Bagaimana cara menjadi seorang porter hotel?

Untuk menjadi seorang porter hotel, terdapat beberapa kriteria yang perlu dipenuhi dan dilakukan, sebagai berikut:

Pertama, seseorang harus memiliki keterampilan interpersonal dan ketrampilan komunikasi yang baik. Sebagai seorang porter, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan para tamu, serta mampu mengatasi permintaan dan masalah tamu.

Kedua, pastikan Anda memiliki keterampilan fisik yang memadai. Seorang porter harus kuat dan tahan terhadap stres dan tekanan karena harus mengangkat barang berat selama bekerja.

BACA JUGA :  Mengetahui Lebih Jauh Tentang Departemen-Dapartemen di Hotel

Ketiga, penampilan yang sopan dan rapi sangat penting dalam industri perhotelan. Seorang porter harus tampil sopan dan rapi agar dapat memberikan kesan yang baik kepada para tamu.

Terakhir, memiliki pengalaman kerja yang relevan juga sangat membantu untuk memperoleh pekerjaan sebagai seorang porter. Banyak hotel yang mencari pekerja yang berpengalaman dan memiliki keterampilan yang relevan dalam pelayanan kepada tamu.

Kesimpulan

Jasa porter hotel memberikan banyak keuntungan bagi tamu hotel dan hotel itu sendiri. Dalam industri pariwisata yang kompetitif, jasa porter dapat menjadi daya tarik bagi para tamu yang datang dari jarak jauh. Selain itu, jasa ini juga sangat membantu para tamu untuk merasa lebih aman dan nyaman selama menginap di hotel.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan interpersonal yang baik, fisik yang memadai dan keterampilan yang relevan, menjadi seorang porter hotel terbaik mungkin menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam industri perhotelan, menjadi seorang porter yang baik dapat menambah nilai dari pengalaman tamu dan membantu membangun citra positif bagi hotel tempat Anda bekerja.