6 Hewan Liar Asli Endemik di Benua Afrika yang Unik dan Langka

Hewan liar asli benua Afrika – Benua Afrika terkenal dengan karakteristik wilayah yang kering, suhu udara yang panas dengan bentangan gurun pasir yang menyelimuti hampir sepertiga dari seluruh daratannya.

Walaupun begitu, di Afrika terbentang pula Savana atau padang rumput yang justru memiliki area lebih luas daripada padang pasirnya, yaitu meliputi hampir setengah dari benua ini.

Oleh karenanya, Afrika menjadi habitat yang ramah bagi satwa satwa liar dan unik, yang hanya terdapat di benua hitam tersebut. Hewan apa saja yang menjadi endemik dari benua terbesar kedua di dunia ini?

Tonton Video Tentang Binatang Afrika Berikut Ini

Afrika memiliki beberapa keunikan yang tidak ditemukan di benua manapun di dunia ini. Namun dari sekian banyaknya keunikan yang dimiliki, beberapa spesies fauna yang tinggal di benua ini adalah yang paling mencolok.

Ini dikarenakan banyak satwa disini yang tidak ditemukan di negara atau benua lain. Faktor seperti habitat, kemampuan beradaptasi, dan kondisi alam membuat hewan hewan disini seakan terkurung diluasnya Afrika.

Total ada sekitar 6% spesies hewan dari seluruh dunia berhabitat di benua Afrika. Dari sekian banyaknya spesies hewan tersebut, kita akan membahas beberapa hewan unik yang hanya dapat hidup di Benua ini. Dan berikut pembahasannya.

  1. Monyet Guereza

Monyet Guereza adalah hewan primata unik yang berhabitat di pegunungan Afrika Timur di Uganda dan Republik Demokratik Kongo bagian utara.

BACA JUGA :  Persebaran Zona Fauna di Dunia, Pengelompokan Hewan Oleh Alfred Russel Wallace

Monyet yang dijuluki monyet hitam putih ini memiliki bulu berwarna senada di sekujur tubuhnya dan tampak mengkilap, dengan bulu rumbai putih yang terdapat di bagian punggungnya. Bobot mereka mencapai 13,5 kg dan hidup berkelompok yang terdiri dari 3-15 monyet.

Guereza aktif di siang hari dan mereka menghabiskan sebagian hidupnya di atas pohon. Siang hari dimanfaatkan mereka untuk mencari sumber makanan.

Makanan utamanya adalah dedaunan, biji-bijian, buah dan artropoda yaitu sejenis hewan berbuku-buku atau beruas seperti serangga, laba-laba, udang dan lainya.

  1. Lemur

Lemur adalah primata unik yang hidup di pulau Madagaskar di pantai timur Afrika Selatan. Hewan ini pernah terkenal karena muncul dalam film animasi Madagaskar.

Ada 30 spesies Lemur yang menjadi endemik Madagaskar. Lemur mempunyai indra pendengaran dan penciuman yang sangat baik, selain itu juga mereka termasuk hewan yang cerdas.

Lemur di sebut sebagai pencipta dan pemelihara hutan karena mereka menyebarkan kotoran yang berupa biji dari buah-buahan yang mereka makan sebagai pupuk alami.

Salah satu fakta unik dari lemur adalah Lemur merupakan satu-satunya hewan primata yang punya mata berwarna biru. Dikenal cerdas karena hewan ini mudah belajar banyak hal baru.

BACA JUGA :  Misteri Laut Dalam, Hewan atau Makhluk Mengerikan Apa yang Ada di Dalamnya?

Lemur biasanya berhabitat di hutan tropis, tapi beberapa ada juga yang ditemukan di gurun atau daerah-daerah kering lainnya.

  1. Burung Shoebill

Burung Shoebill adalah salah satu spesies burung purba unik yang hidup di kawasan tropis Afrika, yaitu bagian selatan Sudan hingga Zambia.

Burung Shoebill bisa hidup hingga 35 tahun dan sekilas terlihat mirip bangau dengan ciri uniknya yaitu paruh besar yang mencolok.

Ukuran paruh burung shoebill bisa mencapai 25 cm sedang ukuran tubuhnya mencapai 1,5 meter dengan bobot mencapai 7 kilogram.

Burung yang makan berbagai jenis ikan dan reptil kecil ini memiliki warna bulu kombinasi antara warna biru juga abu-abu.

Shoebill termasuk spesies rentan terhadap kepunahan karena rawa-rawa tempat mereka tinggal telah beralih fungsi sebagai lahan pertanian dan juga perburuan.

  1. Mandrill

Mandrill merupakan spesies monyet terbesar dan paling berwarna di dunia. Tinggi Mandrill bisa mencapai 80 cm dengan bobotnya bisa mencapai 37 kilogram.

Primata ini mempunyai bulu abu-abu gelap dan perutnya berwarna putih. Yang paling menonjol adalah warna cerah di bagian wajah dan di belakang tubuhnya. Mandrill dapat ditemukan di Kongo, Kamerun, Gabon dan Guinea Ekuatorial.

IUCN mencatat mandrill sebagai hewan yang rentan terhadap kepunahan karena banyak diburu untuk dijual di pasar gelap.

  1. Hartebeest

Hartebeest atau nama ilmiahnya Alcelaphus buselaphus, hanya bisa ditemukan di wilayah padang rumput Afrika.

BACA JUGA :  Misteri Laut Dalam, Hewan atau Makhluk Mengerikan Apa yang Ada di Dalamnya?

Mereka harus bertahan hidup di tempat terbuka dengan menghindari banyak predator yang ada di padang rumput, seperti singa, serigala, macam tutul, hingga cheetah.

Di alam liar, mereka hidup dengan membentuk kawanan yang jumlahnya mencapai 300 individu dengan struktur sosial yang terbilang rumit. Karena jumlahnya yang terbatas, kita hanya bisa melihatnya di taman nasional yang ada di Afrika Selatan, Namibia, dan Botswana.

  1. Okapi

Okapi merupakan mamalia yang hidup di hutan hujan tropis di timur laut Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah. Hewan ini pertama kali diklasifikasikan oleh peneliti asal Inggris yaitu Sir Harry Johnston pada tahun 1901.

Nama resminya yaitu Okapia jonstoni sesuai dengan nama ilmuan tersebut. Yang paling menonjol dari okapi adalah tanda belang-belang di bagian kaki depan dan belakang yang tampak seperti zebra.

Walaupun begitu, okapi tidak mempunyai kekerabatan dekat dengan zebra. Tapi sayangnya hewan eksotis ini merupakan spesies terancam punah karena kerusakan habitat dan tingginya angka perburuan.

Nah… itulah beberapa hewan unik dan endemik yang hanya ada di Afrika. Semoga bermanfaat.

Lensa Bumi