Home » Google » Google Docs Tidak Ada Voice Typing, Penyebab dan Cara Mengaktifkannya

Google Docs Tidak Ada Voice Typing, Penyebab dan Cara Mengaktifkannya

by Cah Solo
0 comment
Google Docs Tidak Ada Voice Typing

Langkah selanjutnya adalah perhatikan menu bar yang terletak di bagian atas dan pilih menu Tools. Setelah itu pilih Voice Typing atau gunakan tombol kombinasi Ctrl+Shift+S hingga muncul pemberitahuan. Pemberitahuan tersebut  berisi izin untuk mengakses mikrofon PC atau laptop lalu klik Allow.

Saat muncul ikon mikrofon, pilih bahasa dengan klik ikon pensil hingga muncul beragam pilihan dan secara otomatis fitur Voice Typing akan aktif. Setelah itu pengguna bisa mengetik dengan mendikte kalimat yang akan ditulis pada dokumen.

2. Mengaktifkan Voice Typing Melalui Smartphone

Tak hanya bisa digunakan dengan PC atau Laptop, Voice Typing juga bisa dapat dimanfaatkan untuk pengguna smartphone. Namun, pengguna membutuhkan aplikasi tambahan untuk menggunakan fitur tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Go Keyboard. Tanpa berlama lagi, berikut informasinya:

BACA JUGA :  Tampaknya Ada Aplikasi Lain yang Memblokir Akses ke Google Play, Berikut Solusinya!
  • Pastikan smartphone yang digunakan masih memiliki ruang untuk menambah aplikasi.
  • Setelah yakin bisa menambahkan aplikasi baru, cari Go Keyboard di Play Store dan unduh.
  • Secara otomatis aplikasi akan terinstal dan setelah prosesnya selesai buka dokumen Google Docs melalui smartphone.
  • Jika belum memiliki aplikasi Google Docs, unduh terlebih dulu di Play Store dan tunggu hingga proses instal selesai.
  • Setelah dokumen Google Docs terbuka, pengguna bisa langsung menggunakan Voice Typing dengan klik menu bergambar mikrofon pada keyboard.
  • Setelah itu fitur Voice Typing secara otomatis bisa digunakan oleh pengguna dengan mendikte kalimat yang akan ditulis pada dokumen.

Itulah info mengenai penyebab Google Docs tidak ada Voice Typing dan cara mengaktifkannya. Untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna harus mendikte dengan suara yang jelas sehingga Voice Typing bisa bekerja dengan maksimal.

BACA JUGA :  3 Cara Merubah Background Google Meet, Mudah dan Sederhana!