7 Gejala Awal Penyakit Lupus yang Patut Diwaspadai

Gejala Awal Penyakit Lupus – Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang disebabkan akibat tubuh memproduksi antibodi yang berlebihan sehingga menyerang jaringan tubuh dari berbagai organ.

Apabila organ tersebut mengalami kerusakan biasanya akan mengalami berbagai keluhan. Salah satu gejala awal penyakit lupus yaitu apabila seseorang mengalami demam yang cukup lama tanpa adanya penyebab yang jelas.

Sebagian besar penyakit lupus terjadi pada anak yang memasuki masa pubertas atau sekitar usia 9-15 tahun. Penyakit lupus biasanya terjadi karena adanya beberapa faktor utama seperti genetik, hormon, lingkungan serta obat-obatan. N

amun setiap penderita yang mengalami penyakit lupus memiliki gejala yang berbeda. Berikut merupakan gejala awal yang mungkin terjadi :

BACA JUGA :  6 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Tanpa Obat-obatan

1. Rambut Rontok

Apabila anak mengalami gejala seperti rambut rontok lebih dari 100 helai dalam sehari maka patut untuk dicurigai. Para orang tua harap untuk waspada karena kemungkinan adanya penyakit lupus pada anak tersebut.

Mengetahui gejala awal akan lebih memudahkan dalam melakukan pengobatan penyakit lupus.

2. Sesak Napas dan Nyeri Dada

Penyakit lupus bisa menyerang organ paru-paru dan juga jantung sehingga seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya mengeluhkan nyeri dada.